Review Turbo VPN untuk PC dan Android

download-turbo-vpn

Turbo VPN adalah layanan Virtual Private Network gratis yang menawarkan koneksi terenkripsi, ringan, dan mudah digunakan terutama bagi pemula.

Kecepatannya memang tidak terlalu stabil. Tetapi jika Anda memilih lokasi server di kawasan Asia Tenggara maka kecepatannya akan lebih baik.

Sisi positif dari VPN ini adalah tidak ada limit bandwitdh dan semua pelanggan dapat menikmati koneksi tanpa batas. Pengguna juga dapat beralih ke server manapun, kapan pun mereka mau.

Download Turbo VPN

Setelah mendownload, buka file tersebut dan ikuti langkah instalasi dengan mudah di perangkat Anda.

Jika instalasi telah selesai, buka Turbo VPN dan Anda hanya perlu klik tombol dengan gambar “Wortel” yang terletak di layar beranda untuk terhubung ke salah satu dari  jaringan server global mereka.

Biasanya hanya dibutuhkan waktu beberapa detik untuk terhubung ke server dan setelah itu Anda dapat mulai mengakses situs dan konten yang yang tadinya diblokir.

Jika Anda mengalami kesulitan saat menghubungkan ke server, Anda dapat memilih server lain dari daftar yang tersedia. Selain itu, Anda dapat mengakses memilih opsi “Optimal Location” yang terletak di bagian kiri lalu klik gambar wortel untuk menyambungkan.

Di bagian depan Turbo VPN Anda akan melihat 2 tab. Satu tab untuk server member berbayar, sedangkan tab lainnya untuk server gratis yang tersedia bagi semua pengguna.

Kelebihan dan Kekurangan Turbo VPN

Kelebihan

  • Turbo VPN telah menggunakan enkripsi AES-256 yang digunakan oleh perusahaan keamanan dan layanan VPN global. Selain itu terdapat protokol Open VPN dan IPsec, yang merupakan protokol standar industri VPN untuk menawarkan keamanan dan kecepatan terbaik.
  • Tidak ada kebocoran DNS atau IP yang terdeteksi. Kebocoran DNS/IP biasanya dapat mengekspos alamat IP (lokasi) asli Anda ke pihak ketiga.
  • Beisa digunakan untuk Torrent. Platform ini membantu dapat melindungi Anda ketika sedang melakukan torrenting atau P2P file sharing.
✅TRENDING :  Database Malware Terlengkap 2021

Kekurangan

  • Karena beroperasi di Cina, Turbo VPN tidak memiliki kebijakan No-log policy tidak jelas. Mereka memang tidak mengambil informasi tentang aktifitas online Anda. Tetapi sepertinya mereka juga berhak menjual informasi Anda ke layanan pihak ketiga (pengiklan, dll).
  • Dapat memperlambat koneksi internet Anda. VPN terbaik umumnya tidak akan mengurangi kecepatan internet, tetapi dalam hal ini kecepatan download/upload Anda akan terasa lebih lambat dari biasanya ketika mulai menggunakan Turbo.
  • Jumlah server yang sangat sedikit dan tidak memiliki fitur Kill-Switch.

Kecepatan Server

Sebagai VPN gratisan, Turbo VPN mampu memberikan kecepatan yang lumayan untuk browsing dan streaming. Namun itu tergantung lokasi server yang Anda pilih.

Tim kami melakukan uji coba dengan menggunakan lokasi server Singapura dan semuanya terasa lancar.

Tapi tidak semua lokasi server memiliki kualitas kecepatan yang sama. Ketika kami mengganti lokasi server ke India dan Canada, kecepatannya langsung menurun drastis.

Jadi sebaiknya biarkan aplikasi yang memilih secara otomatis dimana server tercepat berdasarkan lokasi Anda saat ini. Caranya cukup klik “Optimal Location” di bagian menu.

Berbeda dengan layanan VPN lainnya, pilihan lokasi server Turbo VPN sangat sedikit. Hingga saat ini hanya tersedia 8 pilihan lokasi server gratis termasuk Amerika Serikat dan Inggris.

Turbo VPN juga menyediakan server khusus untuk streaming Netflix dengan pilihan lokasi US, UK dan India. Tapi layanan ini khusus untuk member berbayar.

Sebagai layanan yang sifatnya gratis, maka pilihan server sebanyak itu sudah lebih dari cukup.

Kemanan dan Privasi

Aplikasi Turbo VPN sudah menggunakan enkripsi AES-256, yang merupakan protokol keamanan tercanggih dan tidak bisa diretas hingga saat ini.

Sehingga Anda bisa merasa aman dan nyaman saat sedang menjelajah internet menggunakan Turbo VPN.

✅TRENDING :  Download Hotspot Shield untuk PC & Android

Selain itu kami juga melakukan tes kebocoran DNS menggunakan DNSLeaksTest dan IPLeak. Dan hasil pengujian dari keduanya membuktikan bahwa tidak ada kebocoran DNS saat menggunakan Turbo VPN sehingga alamat IP address (lokasi) kamu tetap tersembunyi dan tidak bisa dilacak oleh siapapun.

Hal ini sangat berguna terlebih ketika sedang menggunakan Wifi gratis di tempat umum. Dengan menggunakan VPN maka koneksi Anda di jaringan wifi tersebut akan lebih aman dari serangan hacker atau penyusup.

Streaming Netflix

Tapi sayangnya, versi gratis tidak bisa digunakan untuk menonton Netflix. Kalaupun dipaksakan pasti akan langsung disconnect. Tapi jika Anda beruntung, beberapa lokasi server bisa membuat Anda menonton beberapa judul film dengan lancar.

Untuk mendapatkan jaminan koneksi dan kualitas streaming yang bagus, Anda bisa melakukan upgrade membership yang harganya bisa dibilang sangat murah jika dibandingkan layanan lain yang sejenis.

Torrent

Kelebihan lain Turbo VPN adalah kemampuannya untuk melakukan download via torrent.

Torrent adalah aktivitas sharing dengan user lain di berbagai belahan dunia untuk berbagi file seperti audio, video dan lainnya. Sehingga Anda bisa mencari file apa saja dengan menggunakan situs torrent yang banyak terdapat di internet.

Namun aktivitas torrent ini bisa berbahaya karena secara tidak langsung kamu “terkoneksi” dengan PC/laptop oramg lain yang tidak dikenal. Hal ini bisa sangat berisiko terlebih jika para hacker bisa mengakses data di perangkat Anda.

Tapi dengan menggunakan Turbo VPN versi lama maka Anda bisa menjelajah dunia torrent dengan aman karena koneksi akan dilindungi enkripsi 256-bit yang membuat jaringan Anda tidak bisa diretas.

Kompatibilitas Perangkat

Turbo VPN bisa di-intall di berbagai perangkat termasuk PC, laptop dan smartphone dengan sistem operasi Windows, Mac, Android dan iOS.

✅TRENDING :  15 Browser VPN Anti Blokir Terbaik (2021)

Cara menggunakan Turbo VPN juga sangat mudah. Dan user interface-nya sangat friendly.

Dengan tampilan menu yang simple, kita bisa langsung dapat memilih lokasi server, melakukan connect dan disconnect dalam satu window.

Ukuran file untuk instalasi juga sangat kecil. Versi Android/iOS hanya di kisaran 7 MB – 11 MB sedangkan untuk PC/Laptop hanya sekitar 14 MB.

Kekurangan terbesar Turbo VPN adalah platform ini tidak memiliki fitur tambahan seperti Kill Switch, Hide Your IP dan beberapa fitur penting yang mungkin dimiliki layanan VPN lain.

Tapi hal ini masih bisa diterima terlebih karena VPN ini sifatnya gratis dan bisa digunakan di berbagai perangkat. 

Fitur Turbo VPN:

  • Tampilan yang intuitif
  • Desain dan navigasi menu yang sederhana
  • Terdapat beberapa pilihan lokasi server (negara)
  • Buka blokir situs dengan satu klik
  • Menyediakan akses ke situs web yang diblokir secara geografis
  • Memungkinkan Anda untuk melewati firewall dan menghindari pelacak
  • Mengamankan perangkat ketika Anda menggunalan Wi-Fi publik

Layanan VPN yang satu ini bisa menjadi solusi Jika Anda merasa terganggu dengan banyaknya situs yang diblokir akhir-akhir ini.

Platform ini merupakan salah satu layanan yang paling banyak digunakan di tanah air. Selain karena gratis, Turbo VPN juga bisa digunakan di hampir semua jenis perangkat.

Dengan Turbo VPN Anda kini bisa mengakses berbagai situs atau konten yang diblokir tanpa dikenakan batasan bandwitdh.