Advertisements
Advertisements

2 Macam Cara Backup WA iPhone ke Google Drive. Pilih yang Sesuai, Ya!

Advertisements

Tak hanya di Android, para pengguna aplikasi WhatsApp di iPhone juga bisa mem-backup chat, video, foto, maupun dokumen dengan aman. Salah satunya ialah menggunakan Google Drive. Namun untuk itu, pengguna tentu harus tahu dulu bagaimana cara backup WA iPhone ke Google Drive.

Mem-backup WhatsApp iPhone ke Google Drive adalah cara terbaik untuk mencadangkan data WhatsApp dari perangkat iPhone. Cara ini sangat mudah diakses karena terintegrasi dengan akun Gmail dan tentu saja menyediakan tempat penyimpanan yang besar secara gratis. Berikut adalah penjelasannya:

Cara Backup Chat WA iPhone ke Google Drive Via Email

Gmail bisa digunakan dalam cara backup WA iPhone ke Google Drive. Pada cara ini, pengguna bisa memilih apakah ingin mem-backup WA beserta dengan file attachment, seperti foto, video, dan dokumen, atau tidak. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan cara ini:

1. Ekspor Chat WhatsApp ke Gmail

Langkah pertama untuk mengekspor chat WhatsApp ke Gmail adalah membuka aplikasi WhatsApp di perangkat iPhone yang digunakan. Setelah termuat, ketuk chat WA yang akan disimpan. Jika ruang percakapan sudah terbuka, klik nama chat yang ada di atas obrolan.

Selanjutnya, akan ditampilkan opsi lebih lanjut. Gulir ke bawah opsi tersebut kemudian pilih ‘Export Chat’ atau ‘Ekspor Chat’. Lalu, pengguna akan diminta memilih opsi ‘Attach Media’ atau ‘Without Media’. Jika ingin melampirkan file seperti foto, video, dan dokumen, silahkan pilih ‘Attach Media’.

Pilih ikon Gmail pada tampilan opsi layanan yang akan digunakan untuk mengekspor obrolan. Setelah itu, ketik akun Gmail yang akan digunakan untuk membackup chat WA di kontak penerima. Lanjutkan proses ekspor dengan menekan ‘Kirim’.

2. Download File dari Gmail ke Google Drive

Jika pengguna telah berhasil mengekspor chat WA ke Gmail, download chat tersebut ke Google Drive. Caranya ialah pilih email dengan chat WA yang akan ditransfer. Klik ikon ‘Google Drive’ kemudian simpan file hasil ekspor chat tadi disana.

Cara Backup WA iPhone ke Google Drive dengan Bantuan Android

Untuk melakukan cara backup WA iPhone ini, pengguna perlu mempunyai aplikasi iTransor yang terinstal di PC dan sebuah perangkat Android. Mungkin cara ini terbilang agak ribet, namun cara ini dijamin bisa membackup semua data WhatsApp dari iPhone ke Google Drive. Berikut langkah-langkahnya:

1. Transfer Data WhatsApp dari iPhone ke Android

Instal dan buka aplikasi iTransor for WhatsApp di PC. Pada jendela utama, silahkan pilih opsi ‘Transfer WhatsApp antar perangkat’. Setelah itu, hubungkan android dan iPhone ke PC lalu tunggu hingga program mendeteksi kedua perangkat tersebut.

Jika kedua perangkat sudah terdeteksi, ketuk ‘Transfer’ untuk memulai transfer data. Proses transfer biasanya akan diakhiri jika semua data WA di iPhone sudah dipindahkan ke perangkat Android. Jadi, tunggu saja sampai proses transfer ini selesai.

2. Backup Pesan WA dari Android ke Google Drive

Setelah semua data WA selesai ditransfer ke Android, buka aplikasi WhatsApp di perangkat Android tersebut. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut untuk mem-backup-nya ke Google Drive:

  • Pilih menu titik tiga
  • Masuk ke ‘Pengaturan’
  • Klik menu ‘Chat’ dan ‘Cadangan Obrolan’.
  • Klik ‘Cadangkan ke Google Drive’
  • Lanjutkan dengan menentukan frekuensi untuk melakukan pencadangan.
  • Lalu tentukan pula akun Google yang ingin digunakan.
  • Klik ‘Cadangkan Pilih apakah ingin memakai jaringan WiFi atau seluler
  • Selanjutnya proses pencadangan pun dimulai dan tunggu hingga selesai.

Demikianlah penjelasan mengenai cara backup WA iPhone ke Google Drive. Pengguna bisa memilih untuk menggunakan Gmail atau menggunakan bantuan perangkat Android. Pastikan memilih yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.