Advertisements
Advertisements

Cara Mengosongkan Google Drive Yang Sudah Penuh

Advertisements

Selain penyimpanan internal dan eksternal, Google Drive menjadi salah satu andalan pengguna Android untuk menyimpan file. Meski mempunyai batas, tetapi pengguna bisa memanfaatkannya secara gratis. Namun bagaimana cara mengosongkan Google Drive jika sudah penuh?

Karena apabila penuh, pengguna tidak lagi dapat menyimpan file apapun. Padahal beberapa pencadangan sangat membutuhkan Drive termasuk cadangan WhatsApp dan folder bersama. Sebenarnya pengguna bisa mengupgrade memori agar semakin besar. Hanya saja, perlu membayar dan tidak semua orang mau melakukannya.

Apa Itu Google Drive

Google Drive termasuk penyimpanan awan yang disediakan Google selain Cloud dan OneDrive. Meskipun banyak penyimpanan awan lain, tetapi pengguna lebih memilih Google. Mengapa? Karena dengan satu akun Google, semua perangkat bisa diakses serta terhubung secara mudah.

Tidak hanya itu, hampir semua fasilitasnya bisa digunakan tanpa perlu membayar.Dengan Google Drive, pengguna dapat mengembalikan data di dalam perangkat yang mungkin terhapus atau hilang tanpa sengaja.

Berbeda dengan memori card yang bisa corrupt, data di Google Drive akan aman jika tidak dihapus. Sebab semua aktivitas pengguna akan tercatat di Drive dengan aman. Jadi wajar jika cepat penuh, sedangkan penyimpanan versi gratis hanya tersedia 15 GB.

Dampak Google Drive Penuh

Apabila memori Google Drive penuh, maka pengguna bisa menambah penyimpanan menjadi lebih besar. Akan tetapi, memang harus berbayar kepada pihak Google untuk proses upgrade. Hanya saja, tidak semua orang mau mengurusnya terlebih lagi untuk kebutuhan pribadi.

Cara yang dapat diambil yaitu dengan menghapus semua file di dalamnya.Mungkin akan muncul pertanyaan, mengapa harus dihapus? Mengingat tidak semua membutuhkan cadangan data perangkat sebab mungkin tidak begitu penting.

Namun, pengguna tidak bisa mengabaikannya karena Google Drive yang penuh akan berdampak pada beberapa kegiatan penting di ponsel. Penjelasan dampaknya sebagai berikut:

  • Pengguna tidak dapat menggunakan Gmail baik untuk mengirim atau menerima email. Padahal kebutuhan penting yang mungkin tak bisa diabaikan.
  • Tidak lagi dapat menggunakan Google Drive sebagai penyimpanan dan pencadangan.
  • Sinkronisasi dari Google Drive dan perangkat tak dapat dilakukan.
  • Tidak memiliki akses untuk mengunggah file ke Google Photos.

Cara Mengosongkan Google Drive

Alternatif ini dipilih jika pengguna tidak ingin upgrade penyimpanan Drive, maka memilih cara mengosongkan Google Drive saja yang gratis. Berikut cara melakukannya dengan mudah:

  • Masuk ke akun Google Drive yang digunakan perangkat.
  • Tekan ikon garis 3 untuk masuk ke menu penyimpanan di halaman depan.
  • Setelah dipilih akan muncul petunjuk untuk mengosongkan seluruh ruang penyimpanan Drive.
  • Jika sudah, maka pengguna akan dibawa ke website Google guna konfirmasi.
  • Pada halaman situs Drive, pilih tiap folder yang akan dihapus dengan menekan ‘Tinjau dan kosongkan file’ untuk menghapus secara keseluruhan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa file yang dihapus tidak akan bisa dikembalikan. Oleh karena itu, periksa kembali sekiranya terdapat dokumen penting di dalamnya sebelum menghapus.

Pindahkan ke dalam satu folder atau ke penyimpanan awan lain seperti cloud. Apabila ingin sedikit susah, pengguna bisa juga menghapus satu per satu agar semuanya tidak hilang.

Itulah cara mengosongkan Google Drive paling mudah. Apabila masih terdapat notifikasi bahwa penyimpanan Google Drive penuh, sebaiknya masuk ke aplikasi Gmail untuk menghapus semua email. Karena terlalu banyak email yang masuk juga berpengaruh pada penyimpanan Drive. Mengingat data di dalamnya memang disimpan di Google Drive.