22 Saluran YouTube Ini Di Blokir Gara-gara Sering Membuat Konten Palsu

Masyarakat India kini telah diterpa kemunculan berita palsu alias fake news dan itu membuat resah. Pemerintah India pun cepat bertindak dengan memblokir 22 channel YouTube yang kerap menghasilkan dan menyebarkan berita bohong, Selasa (5/4/2022).

Tindakan pemblokiran tersebut dilakukan oleh Kementerian Informasi dan Penyiaran India, setelah ditemukan 22 akun YouTube yang menyebarkan berita bohong berisi informasi palsu yang dapat mengganggu ketertiban umum dan keamanan nasional di India.

“Beberapa saluran YouTube digunakan untuk memposting berita palsu tentang berbagai subjek seperti Angkatan Bersenjata India,” kata pemerintah India dalam sebuah pernyataan yang dikutip oleh The Star.

Kementerian Informasi dan Penyiaran India mengatakan sekitar 22 akun diblokir, 14 dari India dan sisanya dari Pakistan.

Jumlah total saluran YouTube yang diblokir memiliki 2,6 miliar pemirsa.

Kebijakan restriktif ini baru-baru ini diluncurkan secara gencar oleh Pemerintah India setelah mengungkap aturan IT baru pada 2021 kemarin.

Seperti yang terjadi pada bulan Desember hingga Januari, Kementerian Informasi India memblokir 55 saluran dari Youtube, Twitter, dan Facebook.

Penyebaran berita palsu di India tampaknya semakin meningkat setiap tahunnya.

Dengan diberlakukannya aturan tersebut, diharapkan dapat mengurangi penyebaran berita bohong atau fake news dengan menghilangkan konten-konten yang dapat menimbulkan opini publik yang sesat.

========================