Advertisements
Advertisements

5 Aplikasi Untuk Membuat Subtitle Video di Android, Mudah dan Praktis!

Advertisements

Di masa pandemi saat ini, menonton film merupakan hiburan yang dapat menghilangkan jenuh karena harus berdiam diri di rumah. Banyak film populer yang berasal dari luar negeri seperti Korea, Amerika, dan negara lainnya yang tentunya memiliki bahasa yang berbeda. Maka dari itu dibutuhkan terjemahan berbentuk subtitle yang biasanya ditulis di bagian bawah film. Aplikasi untuk membuat subtitle video di Android dapat menjadi solusi dari hal tersebut.

Banyak sekali fungsi dan kegunaan dari subtitle. Selain untuk menuliskan terjemahan dari film luar negeri, penulisan subtitle juga biasa digunakan untuk mengerjakan tugas video dari sekolah. Terkadang subtitle juga digunakan untuk membantu para penyandang tunarungu. Untuk dapat menambahkan subtitle dibutuhkan aplikasi pengedit video. Berikut ini beberapa aplikasi Android untuk membuat subtitle video.

1. KineMaster

KineMaster merupakan sebuah aplikasi Android untuk mengedit video dan sangat populer di kalangan pengguna smartphone. Aplikasi ini sering digunakan oleh banyak pembuat konten di YouTube ataupun TikTok, terutama konten kreator yang hanya mengandalkan smartphone sebagai perangkat utama mereka. Hal tersebut dapat terjadi karena KineMaster sangat mudah digunakan meski oleh orang yang tidak berpengalaman sekalipun.

KineMaster juga memiliki fitur yang sangat lengkap sebagai sebuah aplikasi pengedit video. Diantaranya adalah, menambahkan musik atau suara dalam video, terdapat lebih dari 2000 stiker, jenis font, efek, transisi yang dapat diunduh. Selain itu, fitur yang sangat unik dari KineMaster adalah Chroma Key yang memungkinkan pengguna untuk membuat video green screen.

2. Adobe Premiere Rush

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa aplikasi editing dari Adobe memiliki kualitas yang sangat bagus. Adobe Premiere sendiri merupakan aplikasi pengedit video yang tersedia di komputer dan sudah digunakan oleh banyak orang karena kualitasnya. Karena popularitasnya, Adobe pun merilis versi mobile-nya dengan nama Adobe Premiere Rush.

3. VideoShow

VideoShow merupakan aplikasi untuk membuat subtitle video di Android. Selain membuat subtitle, VideoShow juga dapat melakukan proses editing yang lain. Aplikasi ini pun menyediakan beberapa fitur yang salah satunya adalah banyaknya musik berlisensi yang tersedia dan dapat ditambahkan ke dalam video sehingga membuat video menjadi lebih menarik.

4. PowerDirector

Aplikasi lainnya yang juga dapat digunakan untuk menambahkan subtitle adalah PowerDirector. Aplikasi memiliki fitur utama yang dapat membantu pengguna untuk mengedit video menggunakan green screen. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menambahkan berbagai efek menarik ke dalam video. PowerDirector bahkan menyediakan kualitas video beresolusi tinggi yang dapat diunduh setelah melakukan pengeditan.

5. Easy Subtitles

Sesuai namanya, aplikasi Easy Subtitles merupakan aplikasi yang memiliki fungsi utama untuk menambahkan teks subtitle ke dalam video. Karena aplikasi ini khusus digunakan untuk menambahkan teks subtitle, maka dari itu aplikasi ini memiliki kemudahan dan lebih praktis dalam penggunaannya. Subtitle yang dihasilkan dari aplikasi ini adalah berupa softsub yaitu subtitle yang tidak menjadi satu dengan video dan memiliki file-nya sendiri.

Subtitle yang memiliki file tersendiri dan tidak menjadi satu dengan video memiliki kelebihan yaitu dapat dengan fleksibel mengubah isi dari teks subtitle tersebut. Dengan begitu, pengguna dapat menyesuaikan isi teks subtitle sewaktu-waktu tanpa harus mengedit video mulai dari awal lagi. File subtitle ini biasanya tersedia dalam format .srt atau .ssa

Itulah beberapa aplikasi untuk membuat subtitle video di Android yang dapat diunduh dan didapatkan langsung di aplikasi Google Play Store. Dengan beberapa daftar aplikasi di atas, menambahkan subtitle atau mengedit video tidak perlu lagi dilakukan menggunakan komputer. Hal terpenting sebelum mengedit video sebaiknya disiapkan terlebih dahulu transkrip teks yang akan dimasukkan ke dalam video guna memudahkan proses pengeditan. Selamat mencoba!