Aplikasi BiP: Pengertian, Cara Menggunakan dan Fiturnya

Please log in or register to like posts.
aplikasi-bip

Aplikasi BiP singkatan dari BiP Messenger App, sebuah platform komunikasi yang aman, mudah digunakan dan tersedia secara gratis di berbagai platform.

BiP merupakan aplikasi pesan asal Turki, di mana pengguna dapat bertukar pesan melalui teks, panggilan suara dan video-call seperti WhatsApp. Karena menggunakan end-to-end encryption, maka semua panggilan suara dan pesan akan dirahasiakan dan tidak ada yang bisa meretasnya.

Dalam beberapa pekan terakhir, banyak masyarakat di Indonesia yang sudah mulai beralih ke aplikasi BiP, di tengah kekhawatiran tentang masalah privasi di WhatsApp.

Aplikasi BiP Milik Siapa?

BiP dibuat oleh pengembang asal Turki, bernama BİP İletişim Teknolojileri ve Dijital Servisler A.Ş, yang merupakan anak perusahaan dari operator telekomunikasi terbesar di Turki, Turkcell.

Aplikasi BiP lebih dulu populer di Turki dan Bangladesh setelah munculnya isu kebijakan privasi WhatsApp yang kontroversial. Selain itu pihak Kantor Kepresidenan Turki dan Kementerian Pertahanan Turki juga telah memindahkan komunikasi antar grup mereka ke aplikasi BiP.

Adapun pembagian kepemilikan BiP sebagai berikut; Pemerintah Turki memiliki 26,2% saham, perusahaan Karamehmet Cukurova Holding memiliki 13,81% saham, perusahaan swasta Rusia Alpha Group memiliki 13,22% saham dan sisanya 48,95% merupakan saham publik yang diperdagangkan di bursa saham Turki.

Aplikasi BiP Pengganti WA

WhatsApp baru-baru ini merilis kebijakan baru yang membuat beberapa perubahan perihal cara mereka menangani data penggunanya. Jika Anda memilih untuk menerima Syarat & Ketentuan baru tersebut, maka Anda setuju untuk membagikan sebagian dari data Anda digunakan oleh Facebook untuk menampilkan iklan yang relevan kepada penggunanya.

Dan jika Anda ingin tetap menggunakan Whatsapp maka Anda harus menerima atau setuju dengan kebijakan & persayaratan tersebut.

Sebelumnya, pihak WhatsApp juga telah menghapus bagian ini dari laman kebijakan mereka:

Jika Anda adalah pengguna lama, Anda dapat memilih untuk tidak membagikan informasi akun WhatsApp Anda dengan Facebook untuk meningkatkan iklan Facebook Anda dan pengalaman produk. “

Banyak pengguna di seluruh dunia, termasuk Indonesia, tidak menerima kebijakan WhatsApp yang terkesan memaksa ini. Tidak heran jika semakin banyak pengguna WA di Indonesia memutuskan untuk pindah dari WhatsApp dan menggunakan aplikasi BiP.

Baca Juga:  Mikrotik Hotspot: Pengertian dan Cara Setting

Selain BiP, aplikasi messenger lain seperti Telegram juga mengalami pelonjakan angka download harian di Google Play Store dan App Store.

BiP dianggap jauh lebih aman dan bisa menjaga privasi penggunanya. Sebagai pengganti WA, aplikasi pesan BiP memiliki banyak kelebihan yang membuatnya menjadi alternatif WA terbaik.

Kelebihan Aplikasi BiP

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi BiP:

  • Secret Chat. Anda dapat mengatur agar pesan terhapus secara otomatis setelah waktu tertentu dan tidak akan ada informasi yang tersisa dari pesan atau chat tersebut.
  • Video Call berkualitas HD hingga 10 orang. Anda dapat melakukan panggilan video berkualitas HD dengan 10 orang berbeda tanpa kehilangan kualitas video.
  • Grup dengan maksimal 400 anggota. Berbeda dengan WA yang hanya mampu menampung 256 partisipan, grup di BiP dapat menampung hingga 400 orang dan sangat berguna untuk keperluan sekolah atau univesitas.
  • Enkripsi keamanan. Semua pesan Anda di aplikasi BiP akan dienkripsi jika fitur cadangan dihidupkan. Jika fitur backup dimatikan, maka pesan Anda akan dihapus dalam kurun waktu tertentu. Semua komunikasi antara perangkat seluler Anda dengan server akan dienkripsi dan dikirim dengan aman.
  • Fitur FollowMe. Memungkinkan Anda untuk melihat lokasi teman Anda secara real time dalam periode waktu tertentu. Anda dapat mengirimkan permintaan mengikuti ke teman Anda. Saat dia menyetujui permintaan tersebut, Anda dapat melihat lokasi instan teman Anda di maps.
  • SMS Gratis. Anda dapat mengirim SMS gratis dari akun BiP untuk menghubungi kontak Anda yang tidak menggunakan BiP.
  • Fitur Terjemahkan Pesan. Jika Anda menulis sesuatu dalam bahasa Indonesia dan penerima Anda adalah orang Inggris, maka dia akan melihat pesan tersebut langsung dalam bahasa Inggris.
  • Bisa menggunakan 2 nomor berebeda. Jika Anda memiliki dua nomor seluler, maka Anda tetap dapat menggunakan keduanya di aplikasi BiP.
  • Meme. Pengguna dapat membuat Meme dari gambar yang dimiliki.

Kekurangan Aplikasi BiP

Terlepas dari kelebihan yang dimiliki BiP, aplikasi ini juga memiliki beberapa kekurangan yang mungkin akan diperbaiki atau ditambahkan saat update terbaru dirilis:

  • Saat pertama kali membuka akun, masih sulit bagi beberapa operator untuk mengirimkan SMS verifikasi. Mungkin perlu beberapa saat sampai kode verifikasi masuk ke handphone Anda.
  • Tidak ada fitur format teks seperti bold, italic, dll.
  • Tidak ada fitur YouTube Live
  • Anda harus menunggu beberapa saat untuk dapat melakukan voice call
  • Anda tidak akan dapat mengubah nomor telepon Anda di kemudian hari namun ini mungkin akan diperbaiki pada update berikutnya

Cara Menggunakan Aplikasi BiP

Bagi pengguna pertama kali dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk menggunakan BiP di smartphone dengan mudah.

Baca Juga:  Download uTorrent Gratis (Full Version)

1. Download BiP Messenger melalui PlayStore atau AppStore, lalu Install.

2. Setelah itu buka aplikasi BiP dan pilih “Get BiP’N“.

cara-menggunakan-aplikasi-bip

3. Klik untuk menerima Privacy Policy & Terms of Use.

cara-menggunakan-aplikasi-bip

4. Masukkan nomor Anda dan pilih “Get Verification Code“.

cara-menggunakan-aplikasi-bip

5. Klik “Send Code” untuk mengkonfirmasi nomor anda atau “Change Number” untuk mengganti dengan nomor baru.

cara-menggunakan-aplikasi-bip

6. Buat username sesuai dengan yang Anda inginkan.

cara-menggunakan-aplikasi-bip

7. Kini Anda sudah bisa mulai menggunakan aplikasi BiP.

cara-menggunakan-aplikasi-bip

Aplikasi BiP Bahasa Indonesia

Salah satu fitur penting dari BiP adalah memudahkan kita untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia. Anda juga bisa secara otomatis menerjemahkan pesan yang dikirim dan diterima ke berbagai bahasa yang diinginkan.

Sebagai contoh, jika Anda ingin mengirimkan pesan ke rekan yang berbahasa Inggris, maka Anda cukup ketik pesan dalam bahasa Indonesia dan setelah dikirim, si penerima akan mendapatkan pesan yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

1. Buka aplikasi BiP lalu klik “More” di bagian kanan bawah.

bahasa-indonesia

2. Pilih menu “Setting” lalu klik “Chat Setting”

bahasa indonesia

3. Di laman ini, Anda scroll sedikit ke bawah dan klik “Default Receive Translation”.

bahasa indonesia

4. Lalu pilih Bahasa Indonesia. Kini semua pesan yang Anda terima akan otomatis diterjemahkan ke Bahasa Indonesia.

bahasa indonesia

5. Namun untuk menerjemahkan pesan yang akan dikirim, Anda perlu klik chat yang ingin diterjemahkan lalu klik “Translate Setting” dari menu di bagian kanan atas.

bahasa indonesia

6. Setelah itu pilih bahasa yang diinginkan di bagian “Customize Received Message” dan geser slide “Outgoing Auto Translate” ke kanan. Maka semua pesan yang Anda kirim ke orang tersebut akan diterjemahkan ke bahasa yang dipilih. Namun pastikan bahwa si penerima telah mengaktifkan “Incoming Auto Translate” di aplikasi BiP nya.

Baca Juga:  Review Turbo VPN untuk PC dan Android
bahasa indonesia

Web BiP

BiP Web adalah aplikasi untuk mengakses BiP melalui PC atau aptop. Fitur ini memungkinkan Anda untuk terus mengirim pesan bahkan ketika ponsel Anda dimatikan. Anda dapat mengakses BiP Web & BiP Messenger secara bersamaan.

Berikut langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi BiP di PC:

1. Kunjungi https://web.bip.com/

web-bip

2. Buka aplikasi BiP di ponsel Anda

3. Klik “More” di bagian bawah kanan, lalu pilih BiP WEB 

web-bip

4. Scankode QR yang Anda lihat di laman website https://web.bip.com menggunakan kamera yang akan muncul secara otomatis dari aplikasi BiP

web-bip

5. Jika Anda belum mengaktifkan fitur “Backup” maka Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan web BiP

web-bip

6. Di smartphone Anda akan muncul bahwa web BiP telah aktif

web-bip

7. Kini Anda sudah bisa menggunakan aplikasi BiP di komputer atau laptop, meskipun smartphone Anda dalam keadaan mati.

web-bip

Download BiP for PC

Anda juga dapat mendownload applikasi BiP khusus desktop sehingga tidak perlu lagi mengunjungi website atau scan QR berulang-ulang setiap kali akan login.

1. Unduh aplikasi BiP desktop sesuai jenis perangkat yang Anda gunakan (Windows atau MacOS)

2. Klik file yang baru di download dan ikuti langkah instalasi

download-bip-desktop

3. Buka BiP di PC/laptop Anda, lalu buka juga aplikasi BiP di smartphone.

4. Lakukan Scan QR dari smartphone.

5. Kini BiP akan selalu aktif di PC atau laptop Anda. Untuk menonaktifkannya cukup klik File > Exit.

download-bip-desktop