Advertisements
Advertisements

5 Aplikasi Video Conference Paling Berkualitas

Advertisements

Semenjak merebaknya pandemi Covid-19, hampir semua kegiatan dilakukan dengan mode online dan dengan bantuan berbagai media. Oleh sebab itu, aplikasi video conference juga semakin sering dimanfaatkan untuk berbagai golongan keperluan. Mulai dari kegiatan sekolah, sampai dengan bekerja.

Pada pembahasan kali ini, akan diuraikan atau dijelaskan 5 aplikasi berbeda yang sering dimanfaatkan. Bagi yang sedang membutuhkan, lima aplikasi ini bisa dijadikan pilihan untuk dimanfaatkan. Agar lebih jelas, simak dan pahami daftar serta uraian lengkap berikut:

1. Zoom

Aplikasi pertama yang masuk jajaran rekomendasi adalah Zoom. Jika dilihat dari tingkat kepopulerannya, Zoom ini termasuk yang paling populer dan yang paling sering dimanfaatkan. Tingkat kepopuleran yang tinggi ini tentu dikarenakan banyak alasan.

Salah satu alasan utama dari penggunaannya yang tinggi adalah karena fiturnya yang lengkap. Dengan memanfaatkan Zoom, maka pengguna bisa menambahkan background, share screen materi, dan yang lainnya. bahkan, jumlah pengguna dalam satu konferensi juga bisa banyak.

Namun untuk menggunakan Zoom dengan layanan yang lengkap, maka pengguna harus membayar dengan sejumlah dana. Sedangkan jika ingin yang gratis, maka durasi dan jumlah pengguna dalam saat konferensi akan dibatasi. Selain itu, tidak semua fitur bisa dimanfaatkan oleh pengguna yang gratis.

2. Skype

Pilihan kedua yang bisa dimanfaatkan adalah Skype. Sebelum Zoom populer dan dimanfaatkan oleh banyak pihak. Skype adalah pilihan utama untuk melakukan konferensi online jarak jauh. Oleh sebab itu, banyak juga pengguna yang sudah familiar dengan aplikasi yang satu ini.

Meski sudah ada sejak lama, namun bisa dipastikan jika Skype memiliki fitur menarik yang juga terus berkembang. Setiap fiturnya juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan masa kini. Bahkan, tampilannya juga semakin menarik namun tetap mudah dipahami pengguna awam.

3. Google Meet

Aplikasi video conference ketiga yang tidak boleh dilewatkan adalah Google Meet. Jika pengguna masal untuk mengunduh aplikasi lain yang berat, maka pengguna bisa memanfaatkan aplikasi dari Google ini. Penggunaan Google Meet justru lebih mudah dan lebih simpel.

Tampilan yang ada di dalam aplikasinya sengaja dibuat dengan sederhana dan tidak membingungkan. Meski demikian, layanan dan fiturnya juga sangat lengkap dan tidak kalah dengan aplikasi lainnya. Oleh sebab itu, golongan aplikasi yang satu ini juga sering dimanfaatkan.

4. Discord

Kemudian ada juga aplikasi bernama Discord yang semakin populer digunakan. Dulu, aplikasi ini mulai muncul karena sering dimanfaatkan oleh gamer untuk berkomunikasi saat memainkan game. Namun sebenarnya, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk melakukan konferensi online.

Pada penerapannya, aplikasi ini bisa dimanfaatkan secara gratis tanpa ada tambahan biaya selama penggunaannya. Selain itu, Discord juga bisa menampung banyak pengguna di saat yang bersamaan. Jumlah pengguna ini akan dibatasi sebanyak 50 pengguna.

5. FaceTime

Aplikasi terakhir yang direkomendasikan adalah FaceTime. Bagi pengguna produk besutan Apple, maka aplikasi ini sangat direkomendasikan. Sedangkan untuk pengguna Android atau perangkat lainnya, tidak akan bisa memanfaatkan FaceTime.

Sistem keamanan yang ada dalam FaceTime adalah yang paling kompeten jika dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi lainnya. Jadi selama konferensi berlangsung, pengguna tidak perlu takut kegiatan yang dilakukan dengan banyak orang tersebut akan diretas oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Itulah penjelasan lengkap tentang beberapa aplikasi video conference yang bisa dipakai untuk berbagai keperluan. Setiap aplikasi sudah memiliki spesifikasi berbeda-beda sehingga harus dipahami satu per satu. Agar menemukan yang paling pas, maka pastikan untuk mencoba semuanya.