Cara Membuat Timer Di Google Form Dengan Mudah

Cara Membuat Timer Di Google Form
Cara Membuat Timer Di Google Form

Cara membuat timer di Google Form menjadi suatu hal yang sangat penting terutama digunakan untuk kebutuhan ujian online yang saat ini masih marak diselenggarakan di berbagai wilayah di Indonesiia, sebagai akibat dari pandemi yang belum usai. Kehadiran Google Form bisa digunakan sebagai sarana untuk membuat soal-soal ujian ataupun ulangan harian siswa.

Agar penggunaan Google Form menjadi semakin efektif untuk kebutuhan ujian sekolah, maka banyak orang yang kemudian menambahkan timer di dalam Google Form tersebut. Sehingga proses pengerjaan soal-soal untuk ujian ataupun ulangan tidak akan melebihi durasi waktu yang sudah ditentukan.

Sebenarnya ada cukup banyak cara yang bisa digunakan untuk menambah fitur timer di dalam Google Form yang Anda buat. Masing-masing cara tersebut membutuhkan tools atau bantuan aplikasi dari pihak ketiga. Agar proses penghitungan mundur tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Membuat Google Form, Sebagai Cara Membuat Timer di Google Form

Cara Membuat Timer Di Google Form

Selain bisa digunakan untuk mengisi survei, Google Form juga umum digunakan untuk berbagai keperluan. Termasuk untuk kuis maupun juga soal ujian di lingkungan sekolah. Pada Google Form yang telah dibuat tersebut, Anda bisa membuat berbagai macam jenis mode soal. Mulai dari pilihan ganda, jawaban singkat, ataupun juga dengan jawaban paragraf yang panjang.

Bagi Anda yang ingin membuat Google Form, sebenarnya caranya pun sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya membutuhkan akun Google yakni Gmail. Serta kata sandinya yang akan bisa digunakan untuk memanfaatkan fitur-fitur di Google. Termasuk salah satunya adalah untuk membuat formulir. Sebagai cara membuat timer di Google Form.

Sebagai informasi, berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan, jika Anda ingin membuat Google Form secara mudah :

  1. Sebelum mengulas tentang cara membuat timer di Google Form, pastikan terlebih dahulu Anda bisa melakukan login ke akun Google yang Anda miliki. Caranya, Anda hanya perlu membuka browser Google Chrome, dan kemudian login menggunakan Gmail dan kata sandi akun yang Anda miliki.
  2. Jika Anda sudah berhasil login ke akun Google Anda. Silakan Anda bisa klik bagian titik-titik persegi yang ada di samping foto ikon profil email Anda. Setelah diklik, maka akan muncul berbagai macam aplikasi besutan Google yang bisa Anda gunakan nantinya. Silakan Anda bisa pilih Drive dari papan aplikasi tersebut.
  3. Setelah laman Drive tersebut terbuka, silakan Anda bisa klik pada tanda + Baru yang ada di bagian pojok kiri atas layar Anda. Setelah itu silakan Anda bisa pilih Google Formulir.
  4. Jika sudah, maka akan ada laman baru yang terbuka. Sehingga Anda bisa membuat formulir baru di laman tersebut. Silakan Anda bisa memasukkan daftar pertanyaan dan juga jenis jawaban yang Anda inginkan pada kolom yang sudah disediakan. Anda bisa membuat daftar pertanyaan sebanyak mungkin, sesuai dengan kebutuhan Anda.
  5. Kalau sudah selesai membuat daftar pertanyaan di Google Form, silakan Anda bisa klik pada bagian ikon bergambar Gerigi yang ada di pojok kanan atas. Pada bagian Setting General, silakan Anda bisa centang bagian Collect Email, agar para siswa perlu memasukkan akun emailnya sendiri atau orang tuanya. Khususnya, ketika ingin mengerjakan soal ujian tersebut.
  6. Pada bagian Setting ini, silakan Anda bisa melakukan pengaturan sesuai dengan kebutuhan dan juga preferensi yang Anda miliki.
✅TRENDING :  Youtube Downloader Terbaik dan Gratis (2021)

Dengan menggunakan beberapa cara yang telah disampaikan di atas. Kini Anda pun sudah bisa membuat Google Form dengan mudah dan juga lengkap untuk berbagai kebutuhan. Termasuk untuk pembuatan soal ujian dan lain sebagainya.

Cara Membuat Timer di Google Form dan Melakukan Setting Kuis

Kalau Anda ingin membuat soal ujian menggunakan Google Form. Maka sangat  penting untuk bisa melakukan setting atau pengaturan pada bagian ini. Hal ini bertujuan agar proses pengumpulan data dan jawaban dari para responden pun akan menjadi semakin mudah untuk dilakukan.

Untuk mengaktifkan fitur kuis ini, silakan Anda bisa klik pada bagian ikon bergambar Gerigi yang ada di sebelah kiri tombol Kirim. Pada bagian tersebut akan terdapat beberapa pilihan Setting yaitu Umum (General), presentasi, dan juga kuis. Silakan Anda bisa klik pada bagian pengaturan kuis.

Selanjutnya pada bagian tab yang bertuliskan “Jadikan ini sebagai kuis. Tetapkan nilai poin untuk pertanyaan dan izinkan pemberian nilai otomatis”. Silakan Anda bisa geser ke kanan tombol tersebut, untuk mengaktifkan fitur kuis. Jika sudah, maka di bawah pilihan tulisan tersebut akan muncul sejumlah pengaturan, yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Jika Anda sudah selesai membuat Google Form dan membuat pengaturan tersebut sesuai dengan yang dibutuhkan. Maka Anda pun sudah bisa melanjutkan ke tahapan selanjutnya, yakni cara membuat timer di Google Form.

Cara Membuat Timer di Google Form  Menggunakan Add On

Cara Membuat Timer Di Google Form

Setelah mengetahui cara pembuatan formulir di Google, kini Anda pun sudah siap untuk melanjutkan ke tahapan yang selanjutnya. Salah satunya yaitu menambahkan fitur timer pada Google Form yang telah dibuat sebelumnya tersebut. Berikut adalah beberapa tahapan mudah, yang perlu Anda lakukan untuk menambahkan timer di form Google tersebut.

✅TRENDING :  WA Web: Whatsapp untuk PC dan Laptop

1. Cara Membuat Timer Di Google Form Dengan Menambahkan Add On

Untuk membuat timer di Google Form tidak bisa Anda lakukan secara langsung melalui fitur pengaturan yang ada di Google. Melainkan Anda perlu menggunakan bantuan dari tools pihak ketiga berupa Add On. Salah satu jenis aplikasi Add On yang cukup direkomendasikan untuk menambah timer di Google Form adalah “Extended Forms”.

Untuk menambahkan Add On ini pun sangat mudah. Anda bisa langsung klik tanda titik tiga vertikal yang ada di sebelah kanan tombol Kirim. Kemudian silakan scroll ke bawah, dan klik bagian Add on. Setelah itu, akan muncul laman baru berupa Google Workspace Marketplace, yang memuat cukup banyak jenis add on yang bisa dipilih.

Pada kolom pencarian, silakan Anda masukkan Extended Forms dan tekan enter. Jika sudah ketemu, maka Anda bisa melakukan instalasi modul tersebut dengan cara klik download terlebih dahulu dan kemudian melakukan instalasi seperti pada penambahan add on Google umumnya.

2. Lakukan Pengaturan Add On Extended Forms

Setelah proses instalasi add on tersebut berhasil dilakukan. Silakan Anda kembali pada Google Form yang sudah Anda buat sebelumnya. Jika sudah, silakan klik Add ons lalu klik bagian Extended Forms lalu pilih Configure. Jika sudah, maka akan muncul pop up kolom extended yang berada di bagian kanan bawah layar form yang sudah Anda buat.

3. Mengatur Timer di Extended Forms

Pada bagian kolom extended di kanan bawah form tersebut. Silakan Anda bisa klik bagian Form Setting untuk masuk ke menu modul pengaturan Extended Forms. Pada bagian pop up tersebut, silakan Anda masukkan pengaturan yang sesuai dengan kebutuhan. Karena Anda hanya perlu memasukkan waktu timer, batasan percobaan, dan beberapa pengaturan lainnya.

✅TRENDING :  2+ Cara Mengembalikan Google Form yang Hilang yang Bisa Anda Coba

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai cara membuat timer di Google Form menggunakan Add on Extended Forms yang perlu Anda ketahui. Semoga tutorial di atas bisa memberikan manfaat, dan Anda bisa mempraktekkannya sendiri.