Advertisements
Advertisements

Cara Membuat Zoom Meeting Untuk WFH Tetap

Advertisements

Bagaimana cara menjadikan rapat Zoom sebagai alat pembelajaran paling populer selama pandemi COVID-19. Aplikasi meeting ini paling sering digunakan oleh para pekerja kantoran, pebisnis, guru dan pelajar untuk terus bekerja dari rumah.

Aplikasi yang dirilis pada September 2012, bersaing dengan Google Meets dan Skype untuk pertama kalinya. Zoom dapat diakses melalui PC atau smartphone melalui aplikasi. Karena banyak yang baru pertama kali menggunakannya, tak heran banyak yang merasa bingung.

Nah, buat kamu yang nantinya akan lebih sering menggunakan Zoom, simak langkah-langkah membuat link meeting di bawah ini!

Memulai Zoom

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi. Anda dapat menemukan aplikasinya di situs resmi Zoom untuk pengguna PC atau laptop. Untuk akses mobile, aplikasi Zoom tersedia melalui Play Store atau App Store.

Setelah itu, Anda perlu membuat akun menggunakan email. Verifikasi akun Anda dengan mengikuti tautan yang dikirim ke alamat email terdaftar Anda. Selain itu, layanan Zoom meeting sudah dapat digunakan.

Biaya layanan zoom

Zoom memiliki layanan gratis dan berbayar. Anda hanya perlu menyesuaikan kebutuhan Anda dengan pilihan paket yang tersedia. Berikut daftar layanan Zoom:

1. Dasar (Gratis)

2. Pro ($ 149,90 per tahun)

3. Bisnis ($ 199,90 per tahun)

4. Perusahaan ($240 per tahun)

Cara membuat rapat Zoom dari PC atau laptop

Anda sudah dapat membuat tautan Zoom setelah mendaftarkan akun. Berikut langkah-langkah membuat Zoom meeting menggunakan laptop:

1. Masuk ke aplikasi

2. Masuk ke akun Zoom Anda.

3. Pilih menu “Pertemuan baru”.

4. Setelah masuk ke ruang rapat online, pilih menu “Peserta”.

5. Pilih menu “Undang”.

6. Pilih menu “Salin tautan undangan”.

7. Berikan tautan ke orang yang ingin Anda undang ke rapat

Anda juga dapat memberikan tautan melalui email. Anda akan segera mengakses halaman email di browser. Lanjutkan dengan memasukkan alamat email orang yang Anda undang.

Cara menjadwalkan rapat Zoom dari laptop

Anda juga dapat mengatur tanggal dan waktu rapat Zoom. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ambil.

1. Masuk ke aplikasi

2. Masuk ke akun Zoom Anda.

3. Pilih menu “Jadwal”.

4. Masukkan nama rapat dan atur waktunya

5. Pilih “Simpan”

6. Salin tautan rapat di jadwal rapat, yang dapat ditemukan di halaman utama aplikasi Zoom.

7. Berikan tautan ke orang yang ingin Anda undang ke rapat

Cara membuat rapat Zoom dari HP

Pada prinsipnya, langkah yang diambil tidak jauh berbeda. Berikut cara membuat rapat Zoom menggunakan aplikasi smartphone.

1. Masuk ke akun Zoom Anda.

2. Pilih menu “Pertemuan baru”.

3. Pilih menu “Mulai Rapat”.

4. Pilih menu Peserta di bagian bawah layar.

5. Pilih menu “Undang” di pojok kiri bawah layar.

6. Pilih metode undangan, dimulai dengan SMS, email atau link.

7. Berikan kepada orang yang ingin Anda undang ke rapat

Berikut beberapa cara membuat Zoom meeting dari PC atau smartphone. Semoga informasi di atas bermanfaat.