Advertisements
Advertisements

Intip 3 Aplikasi Video Terpopuler di Indonesia

Advertisements

Dewasa ini aplikasi video sangat populer di Indonesia. Lantas, apa saja platform sosial media tersebut?

Platform Aplikasi Video Terpopuler

Internet dan aplikasi sosial media terus bermunculan, terutama yang berisi konten video. Pengguna bukan sekedar mencari konten hiburan, di dalamnya ada edukasi, tidak sedikit pula yang menjadikannya ladang penghasilan.

Ada banyak sekali aplikasi video yang bisa Anda dapatkan di App Store maupun Play Store secara gratis. Dari banyaknya aplikasi tersebut, ada sejumlah media sosial yang sangat populer di Indonesia. Selain bisa menonton video, pengguna juga dapat menikmati beragam fitur menarik yang ditawarkan.

Aplikasi TikTok

Aplikasi media sosial pertama yang tengah digandrungi masyarakat Indonesia yakni TikTok. Aplikasi asal China yang sudah ada sejak tahun 2016 dengan nama Doujin. Kemudian bisa diakses untuk global di tahun 2017 dengan nama TikTok. Pengguna aplikasi ini bahkan mencapai 500 juta pada tahun 2019 dan tersebar di seluruh dunia.

Pada April 2020, aplikasi video ini sudah di download sebanyak 2 Miliar dengan sebagian besar penggunanya generasi milenial. Aplikasi ini menjadi begitu menarik perhatian global karena kelebihan yang dimiliki.

Kelebihan

Untuk menonton beragam video menarik yang dibagikan, Anda tidak harus mempunyai akun terlebih dahulu. Berbeda dengan sosial media lainnya, TikTok relatif lebih mudah untuk dioperasikan. Hal ini tentu sangat membantu Anda yang mungkin malas membuat akun saat masuk sebuah aplikasi.

Kelebihan lain dari aplikasi video TikTok adalah Anda tidak akan terganggu dengan iklan. Dengan demikian para pengguna akan memperoleh pengalaman menonton video yang menyenangkan tanpa gangguan.

Aplikasi ini sangat diminati karena beragam challenge dan fitur di dalamnya. Ada banyak challenge yang bisa Anda ikuti, dimana dapat diikuti oleh seluruh pengguna TikTok di berbagai belahan dunia.

Fitur-Fitur Menarik TikTok

TikTok menyediakan banyak fitur untuk mendukung para kreator dalam menghasilkan konten yang menarik. Salah satunya fitur tambahan musik, aplikasi video memungkinkan pengguna untuk mengedit dan menambahkan musik dalam video.

Fitur efek suara, bisa Anda manfaatkan jika tidak ingin suara asli terdengar oleh penonton. Mulai dari efek suara elf, mic, echo, elektronik, raksasa, suara tupai, vibra, hingga suara pria.

Selanjutnya fitur filter, efek, dan stiker yang membuat video semakin terlihat menarik. Apabila Anda tidak memiliki tim yang membantu mengambil gambar atau video, maka gunakan fitur timer. Aplikasi video ini dilengkapi asisten pribadi yang memudahkan pengguna membidik sebuah objek.

Dari sekian banyak fitur yang ditawarkan, Anda harus mencoba Beauty yang dapat mengubah wajah terlihat berbeda. Tidak hanya menjadi lebih unik atau keren, wajah Anda akan semakin tampan atau cantik dengan fitur ini.

Snack Video

Snack Video adalah salah satu aplikasi video serupa TikTok yang juga tidak kalah populernya di Indonesia. Banyak orang mengunduh karena disamping mendapatkan hiburan, aplikasi ini juga dapat memberikan uang kepada penggunanya. Fitur-fitur yang tersemat di dalamnya juga lengkap dan sangat menarik.

Kelebihan Snack Video

Akses mudah dengan unduh di Play store atau App store, Anda bisa mulai menikmati video. Bagi pengguna yang awam tentang edit video, bisa menyunting video dalam aplikasi sebelum mengunggah.

Untuk berinteraksi dengan audiens, Anda bisa melakukan live streaming dengan mudah. Dimana para followers bisa secara real time memberikan komentarnya. Kelebihan lainnya, aplikasi video ini memberikan bonus kepada kreator.

Hadiah yang didapatkan semakin besar apabila semakin banyak unggah video yang berkualitas dan menghibur. Insentif yang diperoleh dari konten tersebut bisa diambil pada halaman bonus, kemudian tarik dana. Sebagai catatan, video akan memperoleh rewards jika tidak melanggar hak cipta dan sesuai ketentuan komunitas.

Fitur Aplikasi

Fitur yang sangat menarik perhatian aplikasi video yakni withdraw. Dimana pengguna bisa menarik hadiah yang didapatkan usai menyelesaikan tugas-tugas. Hadiah uang tersebut bisa ditarik ke e-wallet seperti OVO, DANA, Gopay, atau ShopeePay yang semakin memudahkan pengguna.

Tugas-tugas yang menghasilkan uang diantaranya upload video original di aplikasi dengan konsisten. Misi lainnya yakni mengundang teman, log in setiap hari, dan menonton video.

Fitur nearby yang memungkinkan pengguna bisa saling membantu satu sama lain dalam satu area yang berdekatan. Aplikasi video membantu pengguna menonton video yang dibagikan pengguna lain di sekitarnya. Sehingga Anda bisa saling mendukung dengan pengguna lainnya.

Konten kreator pemula bisa memanfaatkan fitur template. Yang mana Anda bisa membuat konten dari template yang disediakan sebagai contoh. Video yang akan diunggah di Snack Video bisa disesuaikan dengan template.

Anda juga bisa menampilkan zodiak pada profil masing-masing dengan fitur zodiac. Jadi, apabila Anda fokus pada konten zodiak, maka pengguna aplikasi video bisa mengetahui siapa saja pengunjungnya dengan baik.

Likee

Platform lain yang bisa Anda gunakan sebagai alternatif untuk menonton video ialah Likee. Awal kemunculannya aplikasi ini dirilis dengan nama LIKE Video, dan sekarang dikenal dengan Likee. Aplikasi ini menawarkan pengalaman melihat video menarik dan menyenangkan bagi pengguna di seluruh dunia.

Kelebihan

Likee adalah aplikasi video yang menawarkan 2.000 lebih efek video di dalamnya. Selain efek, Likee juga dilengkapi dengan stiker yang dinamis. Salah satu efek populernya adalah Magic dengan sistem AR atau Augmented Reality dan AI (Artificial Intelligence).

Teknologi canggih ini yang akan mengubah tampilan Anda dengan manipulasi bentuk tubuh dengan efek 4D Magic. Selain tubuh, wajah akan terlihat lebih cantik dengan efek make up. Pengguna juga bisa menggunakan stiker dinamis sebagai latar belakang.

Anda bisa menambahkan efek musik dengan efek Music Magic yang tersedia di dalam aplikasi video. Sehingga saat mengedit video, pengguna bisa melakukan identifikasi musik yang sesuai atau menambahkan efek suara yang cocok.

Kelebihan yang bisa didapatkan lainnya yakni sistem filter aplikasi. Dengan demikian, anak-anak juga bisa menonton dengan aman tanpa terpapar hal-hal negatif. Sebab aplikasi melakukan penyaringan ketat dan mengintegrasikan sistem terhadap konten yang kurang baik.

Tidak hanya melalui sistem Artificial Intelligence saja, namun monitoring juga dilakukan dengan cara manual. Dimana manusia bekerja selama 24 jam untuk memantau sistem penyaringan dan pelaporan. Sehingga aplikasi video menciptakan konten serta ekosistem yang berkualitas dan aman untuk segala lapisan usia.

Fitur Aplikasi Likee

Anda bisa mewujudkan kreatifitas dengan efek Colourful Hair yang dapat mengubah dan mengkombinasikan warna rambut. Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan transisi pergantian warna rambut dalam videonya. Kemudian kombinasi dengan efek lainnya seperti musik dan slow motion.

Fitus FFX Lens untuk mengatur pencahayaan video yang membuat konten lebih artistik. Yang mana dapat memberikan kesan yang menakjubkan dari video tangkapan kamera Anda. Ubah warna video, mempertajam, dan mengubah cahaya bisa melalui aplikasi video.

Nah itu dia tiga aplikasi video yang populer digunakan di Indonesia saat ini. Masing-masing memiliki kelebihan dan fitur yang menarik. Aplikasi mana yang menurut Anda menarik?