15 Aplikasi Gitar Terbaik di Android dan iPhone (Update)

Please log in or register to like posts.
aplikasi-gitar

Apakah Anda ingin mahir bermain gitar, tetapi merasa bingung dan frustrasi dengan cara belajar gitar yang benar? Aplikasi gitar terbaik di bawah ini mungkin dapat membantu Anda.

Rekomendasi aplikasi berikut ini memiliki fitur yang berbeda-beda namun memiliki tujuan yang sama, yaitu memandu Anda langkah demi langkah untuk menjadi pemain gitar yang handal.

Kami membagi kategori aplikasi ini dalam 3 bagian yaitu aplikasi untuk belajar gitar, aplikasi kunci (tab) gitar dan aplikasi tuner gitar. Ketiganya saling melengkapi dan bisa Anda gunakan secara bersamaan.

Aplikasi Belajar Gitar

Berikut adalah rekomendasi aplikasi untuk mempelajari teknik memainkan gitar yang benar. Sebagian besar menawarkan serangkaian pelajaran dengan tiga fokus yaitu Lead, Rhythm, dan Teori.

1. Ultimate Guitar: Chords & Tabs

Aplikasi ini memiliki lebih dari 100 preset gitar dan bass untuk merekam gitar akustik, keyboard, piano, dan synth dengan instrumen MIDI virtual.

Ini adalah aplikasi dengan database lagu terbesar dan terlengkap sehingga Anda dapat menemukan chord untuk hampir semua lagu yang ada di luar sana.

Tampilan antarmukanya juga sangat nyaman dengan gulir otomatis, alat transpose, dan fitur penting lainnya. Dan semuanya benar-benar gratis, tanpa langganan.


2. BandLab

Bandlab memiliki katalog online dengan akses ke banyak tab lagu dan lirik. Aplikasi ini juga menawarkan mode gelap, sehingga Anda dapat memeriksa keakuratan permainan gitar Anda.

Terdapat opsi untuk menyusun daftar putar, dan menyesuaikan ukuran font. Ada juga opsi tab interaktif, transposisi, dan fungsi putar otomatis.

Baca Juga:  Enkripsi dan Fungsinya untuk Mengamankan Data

Aplikasi ini dapat mengawasi hitungan, kemampuan untuk instrumen solo dan perhitungan loop. Tab akan ditampilkan dan bergulir melintasi layar saat lagu dimainkan. Cukup cocok bagi pemula dan diperbarui secara teratur.


3. Guitar Tuna

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menggunakan perangkat apa pun – baik itu ponsel, tablet, atau laptop untuk memproses, memainkan, dan merekam gitar dan bass.

Selain sederhana dan mudah digunakan, Guitar Tuna sangat akurat dan sempurna. Aplikasi ini juga memiliki teknologi peredam bising latar belakang.

Namun yang pasti, Guitar Tuna ada untuk membantu pemain gitar pemula dan menengah.


4. AmpliTube

AmpliTube menawarkan opsi untuk mengunduh lagu sebagai file MIDI untuk tujuan pengeditan. Secara otomatis AmpliTube dapat mengenali chord dan sinyal audio dari sebuah lagu dan akan menyinkronkannya dengan lagu Anda dalam pemutar musik yang sederhana dan inovatif.

Selain memiliki user interface yang rapi, AmpliTube memiliki koleksi yang sangat lengkap yaitu

  • 11 efek pedal: delay, fuzz, overdrive, wah, envelope filter, chorus, flanger, phaser, oktaf, filter noise, dan distorsi
  • 5 amp: clean, crunch, lead, metal dan bass
  • 5 kabin speaker
  • 2 mikrofon: dinamis 87 dan kondensor 87

5. The Metronome by Soundbrenner 

Aplikasi ini memikikin metronom built-in dan pilihan efek audio berkualitas tinggi yang bagus.

Sebagai musisi, Anda perlu belajar bagaimana menjaga tempo, dan aplikasi bisa dibilang adalah aplikasi gitar yang tepat untuk melatih hal ini. Disini Anda dapat mengubah tempo dan bahkan tanda birama dengan cepat.

Anda juga dapat membuat playlist dengan tempo yang berbeda-beda, sehingga dapat Anda dengarkan dan latih kapan saja.

Aplikasi Kunci Gitar

Jika Anda sudah semakin mahir dengan beberapa teknik dasar bermain gitar, maka saatnya untuk mencoba memainkan lagu-lagu populer. Anda bisa mendapatkan kunci dan tabulasi gitar dari lagu apapun di aplikasi berikut ini.

Baca Juga:  Waptrick: Download Lagu, Games dan Video

1. Chordify

Chordify memungkinkan Anda mempelajari lagu-lagu populer dari jutaan judul yang tersedia dengan mengikuti gambar grafis papan fret yang intuitif.

Aplikasi ini memainkan tabulasi dalam tempo. Musik memindai di layar saat lagu diputar, memungkinkan Anda untuk bermain gitar bersama secara real time.


2. Guitar Chords and Tabs

Aplikasi kunci gitar ini cukup populer, karena memiliki database lagu yang besar.

Semua chord disajikan secara akurat dan hanya ada satu versi dari setiap lagu.


3. Yousician

Kelebihan Yousician adalah Anda dapat mencari chord lagu apa pun, terlepas dari kerumitannya, dan mengubahnya menjadi progresi chord saja.

Setelah itu Anda dapat menambahkan tingkat kesulitan saat Anda sudah merasa nyaman dengan chord yang ada. Ini sangat berguna terutama bagi pemain bass dan gitaris.


4. GuitarTAB

Merupakan salah satu aplikasi simulator gitar paling realistis yang menampilkan antarmuka yang ramah pengguna dan kualitas suara yang sangat baik.

Anda dapat dengan mudah belajar memainkan chord dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Anda juga dapat mempelajari dan menguasai chord dari lagu yang baru dirilis.


5. ChordBank

Secara keseluruhan, ChordBank adalah aplikasi chord gitar yang sangat membantu dan mudah digunakan.

Bagi mereka yang lebih nyaman memainkan chord dan tidak ingin menghadapi kerumitan tabulasi, ChordBank merupakan pilihan yang sangat tepat.

Aplikasi Gitar Tuner

Fungsi tuner adalah untuk menyeleraskan nada dari senar gitar Anda, atau sering disebut dengan istilah stem gitar. Selain menggunakan alat, beberapa aplikasi tuner berikut ini juga bisa membantu Anda untuk melakukan setting nada gitar dengan akurat.

a. Pano

Pano adalah aplikasi tuner dengan antarmuka yang sederhana dan tingkat akurasi yang luar biasa. Aplikasi ini juga dilengkapi mode latihan untuk membantu mengembangkan telinga Anda.

Baca Juga:  Piratebay Proxy List dan Mirror (Update 2021)

Aplikasi ini kebih dari sekadar penyetem lagu namun dapat membantu Anda untuk mempelajari tangga nada dan chord.

Pano memiliki ffitur ekstra saat penyetelan dan mode khusus lainnya untuk pengguna pemula. Pano sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin mengeksplorasi musik dan menyetel berbagai instrumen seperti gitar listrik, bass elektrik, gitar akustik hingga terompet.


b. gStrings

GStrings memiliki rentang frekuensi yang sangat luas, yang menjadikannya aplikasi penyeteman yang bagus untuk gitar Anda. Itu dapat menganalisis nada, harmoni, dan bahkan bentuk gelombang suara Anda.

Aplikasi ini juga memiliki banyak fitur lain seperti penyetem super cepat, database lengkap, metronom, pola drum, dan banyak lagi.


c. Fender Tune

Aplikasi ini dapat mengontrol sensitivitas mikrofon, menghasilkan nada, dan dilengkapi dengan pengaturan untuk nada yang berbeda.

Pitchlab juga dilengkapi mode latihan untuk membantu mengembangkan pitching Anda. Beberapa konten dapat diakses melalui pembelian dalam aplikasi, seperti tuner tambahan untuk bass, banjo, mandolin, dan lainnya.


d. BOSS Tuner

Dengan BOSS Tuner, Anda dapat memprogram penyeteman kustom Anda sendiri untuk berbagai jenis instrumen.

Selain itu aplikasi ini dapat meningkatkan kemampuan mikrofon untuk mengambil nada instrumen Anda. Yang berarti not musik diinterpretasikan dengan cepat, dengan akurasi yang lebih baik.


e. Cifra Club Tuner

Aplikasi ini sangat fleksibel dan dapat menyetel dengan cepat untuk digunakan saat sesi jamming dan sangat akurat untuk sesi perekaman.

Cifra Club juga memungkinkan perangkat untuk menyesuaikan ke kondisi yang paling optimal, bergantung pada tingkat noise di sekitar Anda. Hal ini berarti Anda dapat menyetel instrumen Anda tanpa harus mengkhawatirkan gangguan eksternal yang memengaruhi akurasinya.