4+ Peralatan untuk Belajar VUE JS Paling Populer dan Mudah

Peralatan untuk belajar VUE JS

Keberhasilan pengembangan suatu website dapat ditentukan melalui penilaian user experience yang diberikan oleh pengguna atau pengakses website. User experience sendiri salah satunya dilihat dari keinteraktifan website tersebut. Di sinilah peran bahasa pemrograman seperti JavaScript sangat besar.

Dengan berbagai framework atau kerangka kerja yang dimiliki oleh JavaScript, contohnya Vue JS sangat mendukung peningkatan user experience. Berikut beberapa peralatan untuk belajar VUE JS yang mudah dipahami.

Artikel ini akan membahas seluk beluk VUE JS, bagaimana perannya dalam keberhasilan sebuah website, dan peralatan apa saja yang mendukung pembelajaran VUE JS ini. Berikut ulasannya untuk Anda!

Seperti Apa VUE JS?

Menjadi bagian dari JavaScript, VUE JS adalah suatu kerangka kerja atau frontend framework yang ditujukan untuk membuat tampilan pada situs website lebih menyenangkan dan interaktif. VUE JS akan bekerja dengan cara mengirimkan dan menerima data yang kemudian diinterpretasikan menjadi User Interference yang menarik agar meningkatkan nilai user experience.

Kelebihan lain yang dimiliki VUE JS adalah kemampuannya untuk dikombinasikan dengan framework atau library lain yang dimiliki oleh JavaScript. Aplikasi VUE JS pada HTML akan membutuhkan ID, Class, atau name untuk inisialisasinya. Contoh perusahaan besar yang menggunakan VUE JS adalah Google dan Adobe.

Daftar Peralatan untuk Belajar VUE JS

Beberapa peralatan atau tools yang direkomendasikan berikut untuk belajar VUE JS telah disesuaikan berdasarkan konsep penting aplikasi, debugging, atau bahkan pengujian lainnya. Berikut daftar tools tersebut untuk Anda.

Vue CLI

Seperti jenis framework JavaScript pada umumnya, begitupun pada penggunaan Vue tidak dapat dilakukan tanpa adanya peran CLI. CLI tools akan mengizinkan pengguna secara cepat untuk membentuk suatu projek dan menyebarkan boilerplates (blok penyusun teks atau fragmen teks dalam desain web). Dengan begitu, prototipe instan yang akan digunakan untuk mendemonstrasikan suatu fitur dapat dibuat.

✅TRENDING :  7 Persiapan Pemrograman Web (PHP) di Linux untuk Pemula

Vue CLI juga menawarkan kelebihan lain seperti mendukung untuk tools pengembangan website seperti TypeScript, Babel, PostCSS, Unit Testing, PWA, ESLint, dan End-to-End Testing. Vue CLI juga dapat digunakan bersamaan dengan plugin dari pihak ketiga yang umumnya dibuat oleh komunitas.

Benefit lain yang ditawarkan oleh Vue CLI adalah tidak dibutuhkannya suatu ejecting terlebih dahulu. Dengan kata lain bahwa sangat mungkin untuk melakukan berbagai fungsi kustomisasi dengan Vue CLI ketika dibandingkan dengan kerangka kerja lainnya.

Vuetify

Berdasarkan filosofinya, Vuetify merupakan peralatan untuk belajar VUE JS yang berasal dari kata “Vue” dan “Beautify”. Dimana makna filosofis yang disematkan adalah suatu framework dari desain komponen User Interferences yang dapat membantu untuk mempercantik aplikasi yang rapi dan indah meskipun Anda bukanlah seorang desainer website.

Vuetify menyediakan lebih dari 80 komponen yang didasarkan pada spesifikasi desain material dengan rancang projek yang sudah siap pakai melalui plug in Vue CLI. Komponen pendukung seperti SSR juga terdapat di dalam Vuetify dengan diantaranya adalah Alerts, Banners, Badges, Progress widgets, hingga Button.

Nuxt JS

Setelah melakukan setup pada Vue JS, langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam membangun sebuah aplikasi adalah membentuk boilerplate yang benar. Dengan mengikuti cara ini akan membantu Anda untuk menghindari keharusan dalam menuliskan kode dari scratch.

Pembuatan boilerplates dengan Nuxt JS memberikan keuntungan berupa kemudahan dalam membentuk berbagai tipe aplikasi seperti SSR, PWA, SPA, bahkan Static Sites.

Dengan total lebih dari 50 modul arsitektur yang dimiliki oleh Nuxt dapat membuat proses pengembangan berjalan lebih cepat. Modul-modul tersebut mendukung tugas-tugas seperti mendapatkan keuntungan PWA, menambahkan Google Analitik, atau membentuk sitemap.  Nuxt JS juga menawarkan performansi penyetelan yang luar biasa melalui penerapan praktik terbaik dari Vue JS dan Node JS melalui alat penganalisis bawaan.

✅TRENDING :  Pengenalan Dasar Vuejs untuk Pemula

Bit for Vue

Ketika Anda ingin membangun suatu library komponen Vue dengan generasi berikutnya untuk tim Anda, maka Bit for Vue menjadi jalan yang tepat. Dengan Bit for Vue maka permasalahan dalam sharing dan kolaborasi komponen user interference antar repositori dapat terselesaikan. Selain itu Bit for Vue juga mampu untuk menjadi jalan dalam menyusun user experience dengan komponen hasil berbagi, pengembangan sistem yang mandiri, serta versi terbaru.

Vue School

Salah satu platform yang dibuat dan didedikasikan untuk Vue adalah Vue School. Materi yang disediakan oleh Vue School beragam dari mulai level pemula hingga level atas yang membuat Anda layaknya seorang pengembang mahir dari Vue JS. Materi-materi baru yang ada di Vue School selalu terbaharui secara berkala sehingga membantu Anda untuk mendapatkan edisi terakhir dari suatu ekosistem.

Apabila level pemula telah terlewati, Vue School akan memberikan materi dan pemahaman lebih lanjut mengenai berbagai hal tentang Vue ketika membangun suatu aplikasi forum siap pakai menggunakan Vue-CLI, komponen single-file, Vue router, dan lain-lain.

Vue Mastery

Vue Mastery yang dibangun oleh Gregg Pollack sekaligus pemilik Code School pada zamannya mengembangakan suatu tools pembelajaran Vue JS dengan menggaet beberapa tim inti handal. Tidak hanya sekedar memberikan wadah untuk mempelajari Vue JS lebih dalam, Vue Mastery juga mengajarkan berbagai skill melalui pengundangan pemateri yang handal dalam pembangunan Vue hingga bagaimana Vue bekerja.

Vue Mastery juga memulai pelatihan dan pembelajarannya mengenai Vue JS dari level paling rendah dan kemudian bergerak ke topik-topik lebih tinggi. Beberapa kursus yang dimiliki oleh Vue Mastery bersifat gratis, namun akses full nya dapat Anda miliki dengan mengeluarkan biaya sebesar 19 Dollar/bulan.

✅TRENDING :  Mengenal Apa Itu XAMPP Beserta Cara Instal XAMPP di Windows dengan Mudah

Vue Apollo

Vue Apollo adalah salah satu tools untuk mempelajari VUE JS yang nyaman dengan menggunakan GraphQL untuk Vue secara bersamaan. GraphQL sendiri adalah tools serbaguna untuk memanfaatkan kemampuan dari API. Dengan GraphQL maka Anda dapat melakukan query secara langsung pada data yang ingin dikueri di aplikasi atau fungsi.

Komponen yang dimiliki oleh Vue Apollo membantu Anda sebagai pengguna untuk bersamaan menggunakan GraphQL dengan cara yang benar dan deklaratif. Melihat fungsi aslinya, Apollo menyediakan suatu skema bahasa pemrograman untuk aplikasi back-end dan suatu bahasa query untuk front-end untuk melakukan perubahan data secara mudah. Vue Apollo juga mendukung penggunaan SSR sehingga website Anda yang berbasis HTML dapat dirender pada server-side.

Itulah 4+ peralatan untuk belajar belajar VUE JS untuk pemula dan senior dengan mudah. Manakah peralatan yang paling Anda sukai? Dengan menggunakan peralatan tersebut dapat menjadi jalan utama Anda untuk memulai pengalaman menjadi developer.