Cara Membuat Absen di Google Form Dengan Mudah

Cara Membuat Absen di Google Form
Cara Membuat Absen di Google Form

Cara membuat absen di Google Form menjadi salah satu keahlian yang cukup penting untuk diketahui. Terutama oleh guru dan tenaga pengajar yang diharuskan untuk mengabsen pada siswa dan siswinya. Namun sebenarnya, kebutuhan absen online ini tidak hanya untuk para siswa saja. Namun juga bisa digunakan oleh perusahaan, untuk memantau para karyawan yang dimilikinya.

Google Form menjadi salah satu media yang cukup populer, dan banyak digunakan untuk melakukan rekap absensi. Karena dipandang lebih mudah dalam penggunaan dan pembuatannya. Maka dari itu, tidak mengherankan, kalau Google Form menjadi media yang sangat jamak digunakan dalam berbagai kesempatan.

Cara membuat absen menggunakan platform Google Form sebenarnya terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah mudah nan sederhana. Bagi Anda yang masih merasa kebingungan, dalam membuat absen menggunakan Google Form. Anda bisa menyimak penjelasannya di dalam artikel berikut ini.

Cara Membuat Absen Di Google Form Dengan Mudah

Cara Membuat Absen di Google Form

Kalau Anda ingin membuat absen di Google Form, berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk membuat form tersebut.

1.Buka Browser Yang Anda Miliki

Cara membuat absen di Google Form yang pertama, bisa Anda lakukan dengan membuka browser yang ada di perangkat Anda. Untuk kenyamanan dalam penggunaan, ada baiknya kalau Anda menggunakan browser Google Chrome. Sehingga lebih memudahkan, dalam proses pembuatan form yang akan Anda butuhkan.

Jika sudah terbuka, maka silakan login ke akun Google yang Anda miliki dengan menggunakan email Gmail dan kata sandi akun yang Anda miliki. Untuk proses pembuatan form ini, bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat ponsel pintar ataupun juga komputer. Sesuai dengan preferensi yang Anda sukai.

✅TRENDING :  10 Hosting Gratis Terbaik di Indonesia (2021)

2. Cara Membuat Absen Di Google Form dengan Membuka Fitur Google Form

Setelah berhasil login ke akun Google yang Anda miliki. Maka tahapan penting yang perlu Anda lakukan selanjutnya, adalah dengan membuka fitur Google Form lewat akun Gmail yang Anda miliki tersebut. Anda bisa saja membuka fitur ini dengan cara langsung mengunjungi link Google Form dengan cara mengetikkan pada bagian browser Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cara lainnya. Yakni lewat menu pengaturan yang ada di Google Workspace. Anda bisa klik bagian aplikasi Google Documents, dan nantinya silakan memilih Formulir untuk memulai proses pembuatan form lewat akun Google yang Anda miliki.

3. Membuat Formulir Baru di Google Form

Cara membuat absen di Google Form yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah dengan membuat formulir presensi yang baru, di akun Anda tersebut. Untuk membuat formulir baru ini pun, relatif cukup mudah. Anda bisa saja langsung klik ikon bergambar “+” atau bisa juga memilih opsi berupa formulir kosong yang akan digunakan untuk membuat formulir absensi.

4. Menambahkan Judul dan Deskripsi Formulir Absensi

Tahapan berikutnya yang perlu dilakukan kalau Anda ingin membuat absensi dengan menggunakan Google Form adalah menambahkan judul dan deskripsi pada formulir yang akan dibuat tersebut. Adanya judul pada form yang dibuat, akan semakin memudahkan para responden untuk mengetahui tujuan dari pengisian formulir yang dibuat, menggunakan Google Form tersebut.

Untuk deskripsinya sendiri, sebenarnya merupakan suatu bentuk pilihan opsional. Meskipun bukan sebuah keharusan, namun tidak ada salahnya kalau Anda tetap mempertimbangkan untuk mengisi bagian kolom tersebut. Agar semakin memudahkan para responden, dalam mengetahui dan mengisi formulir absensi yang Anda buat tersebut.

✅TRENDING :  Asuransi Kesehatan BRI untuk Perlindungan Secara Menyeluruh

5. Membuat Kolom Pengisian Formulir

Setelah melengkapi judul dan deskripsi formulir pada Google Form yang akan dibuat. Tahapan berikutnya yang tidak kalah penting untuk dilakukan, adalah dengan membuat kolom pengisian formulir.

Anda perlu membuat kolom-kolom tertentu, yang akan digunakan untuk melakukan pengisian identitas atau keterangan lain yang dibutuhkan, untuk membuat absensi online tersebut. Untuk membuat daftar pertanyaan atau isian baru, Anda bisa langsung menggunakan ikon + untuk menambahkan kolom baru dan bisa juga menggunakan tanda =, untuk menambahkan bagian baru pada formulir yang sedang dibuat.

Selain itu, Anda juga bisa klik pada bagian opsi Jawaban, untuk mendapatkan pilihan jawaban yang akan diinput. Baik yang berupa jawaban singkat, paragraf, ataupun bisa juga yang berupa pilihan ganda. Oleh karena itu, pastikan Anda menyesuaikan pemilihan jenis jawaban tersebut, yang  disesuaikan dengan kebutuhan dan juga responden yang akan mengisi formulir tersebut.

Cara Membuat Absen di Google Form

Secara umum terdapat beberapa jenis pola jawaban yang bisa dipilih, ketika Anda membuat formulir di Google Form. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa diantaranya yang patut Anda ketahui :

1.Jawaban Singkat

Sesuai dengan namanya, opsi ini merupakan opsi pengisian jawaban berupa teks pendek atau kalimat singkat. Jenis kolom ini akan sangat cocok digunakan untuk mengisikan nama siswa ataupun kolom nomor presensi untuk kebutuhan absensi di sekolahan.

2. Opsi Jawaban Berupa Paragraf

Untuk opsi ini hampir sama dengan opsi jawaban singkat, namun pada kolom jenis paragraf ini,  Anda bisa menuliskan lebih banyak jawaban. Bahkan bisa lebih dari 50 kata. Tentu pilihan ini kurang cocok untuk dijadikan sebagai pilihan absensi. Kecuali jika Anda menyertakan pertanyaan feedback. Maka opsi ini bisa menjadi salah satu yang patut dipertimbangkan.

✅TRENDING :  10 Situs Asuransi Online Terbaik (2021)

3. Pilihan Ganda

Opsi ini memungkinkan para audiens untuk memilih salah satu dari opsi jawaban yang tersedia. Anda bisa saja menggunakan pilihan ini untuk memudahkan para peserta didik memilih opsi tanggal, mata pelajaran, ataupun  jam pelajaran, yang sesuai dengan kondisi siswa yang bersangkutan.

4. Opsi Jawaban Berbentuk Drop-Down

Jenis opsi jawaban untuk absensi yang bisa dipertimbangkan selanjutnya adalah berbentuk drop-down. Kalau Anda menangani banyak siswa atau banyak karyawan, maka opsi model jawaban ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat untuk dipertimbangkan.

Nantinya Anda akan bisa memasukkan seluruh nama siswa yang ingin di absen. Dan setiap siswa akan memilih namanya dari daftar drop-down yang sudah tersedia tersebut. Agar semakin memudahkan para responden dalam memasukkan jawaban, ada baiknya kalau Anda memasukkan nama-nama para siswa, sesuai dengan urutan alfabet. Sehingga mudah untuk mencari masing-masing namanya.

6. Klik Tombol Kirim Untuk Membagikan Link Absensi

Kalau Anda sudah selesai membuat daftar presensi para siswa tersebut, maka tahapan selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan klik tombol Kirim. Kemudian silakan Anda bisa klik pada bagian ikon bergambar rantai di sebelah kanan tombol email.

Alamat form absen yang sudah dibuat akan berada di bagian Tautan. Anda bisa menyalin link absensi Google Form tersebut, kemudian membagikannya kepada para siswa ataupun karyawan yang akan mengisi daftar absensi tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat absen di Google Form yang perlu Anda ketahui. Kini berbekal dengan beberapa langkah yang telah disampaikan tersebut, Anda tidak perlu bingung lagi kalau ingin membuat form absensi menggunakan Google Formulir.