Ini Cara Membuat Email Balasan Otomatis di Google Form, yang  Mudah!

Ini Cara Membuat Email Balasan Otomatis di Google Form
Ini Cara Membuat Email Balasan Otomatis di Google Form

Seperti yang kita tahu, Google sudah meluncurkan beberapa inovasi terbaru dengan fungsi yang tidak kalah kuatnya. Salah satu inovasi program yang sudah dikeluarkan yakni Google Drive, spreadsheet, dan sekarang adanya Google Form. Bahkan dengan Google Form ini, Anda bisa membuat email balasan otomatis lho.. Pastinya dengan cara membuat email balasan otomatis di Google Form berikut ini.

Google Form atau Google Formulir memiliki tujuan untuk membantu penggunanya dalam mendapatkan data-data. Salah satunya dengan melakukan survey. Nah, jika Anda membuat Google Form tentu harus membuat balasan otomatis.

Daripada harus membalas satu persatu pada peserta yang sudah mengikuti survey. Oleh karena itu, kami menyajikan artikel  cara membuat email balasan otomatis di Google Form khusus Anda, simak ulasannya hingga selesai, ya.

Apa Itu Google Form? dan Bagaimana Cara Membuat Email Balasan Otomatis di Google Form?

Ini Cara Membuat Email Balasan Otomatis di Google Form

Sebelum Anda mengetahui cara membuat email balasan otomatis di Google Form, ada baiknya Anda mengingat kembali apa itu Google Form dan bagaimana keunggulannya. Google Form adalah salah satu bagian dari Google, yakni salah satu program administrasi yang digunakan untuk melakukan survey. Tentunya, Google Form ini termasuk ke dalam G-Suite atau suite kantor Google Drive. Fitur Google Form ini bisa tampil di dalam dokumen, spreadsheet, bahkan slides.

Anda bisa membuat Google Form dengan praktis, yang pastinya, dapat Anda gunakan untuk mengumpulkan data yang Anda butuhkan dengan melakukan survey di fitur tersebut. Nantinya jika ada peserta yang ikut melakukan survey, jawaban data tersebut akan tersimpan otomatis di database. Lalu bagaimana cara membuat email balasan otomatis di Google Form? Simak ulasan di bawah ini.

Bagaimana Cara Membuat Email Balasan di Google Form?

Akan sangat praktis, jika Anda melakukan cara membuat email balasan otomatis di Google Form untuk para peserta yang mengisi Google Form. Caranya tidak sesulit yang Anda bayangkan, kok. Begini penjelasannya:

✅TRENDING :  Cara Pakai VPN Untuk Ome TV di Laptop dan HP

1.    Buat Google Form

Sebelum Anda melakukan cara membuat email balasan otomatis di Google Form, tentunya Anda harus membuat Google Form terlebih dahulu. Siapkan pertanyaan yang Anda inginkan, sehingga data survey yang dibutuhkan, bisa Anda dapatkan. Jangan lupa pertanyaan wajib untuk mengisi email, agar Anda bisa melakukan notification atau reply Gmail secara otomatis.

2.    Instal  Add-On From Notification

Selanjutnya untuk cara membuat Email balasan otomatis di Google Form, Anda bisa menginstal fitur Add-On From Notification. Anda bisa menginstalnya melalui laman Google Form yakni pada bagian sudut atas di ikon tiga titik, lalu klik.

Jika Anda sudah mengkliknya, maka Anda akan melihat berbagai opsi pilihan. Salah satunya pada bagian bawah dengan opsi Add-On. Nantinya Anda akan dialihkan untuk menginstal Google Form tersebut.

Anda akan diminta untuk melakukan pendaftaran akun email notification, untuk ikut serta menjadi bagian dari Google Form. Setelah Anda menginstal fitur Add-On. Caranya yakni, Anda bisa langsung memilih ikon add-on di bagian atas, nantinya akan ada pop up yang muncul di layar monitor Anda. Setelah itu, barulah Anda bisa mengklik create email notification. Baru kemudian, Anda bisa melakukan setting email notification for Google Form.

3.    Setting Google Form Notification Otomatis

Untuk melakukan setting Google from notification dalam cara membuat email balasan otomatis di Google Form, Anda akan dialihkan pada Format balasan yang Anda inginkan. Di sana ada banyak pilihan yang bisa Anda gunakan untuk membuat format balasan, yang nantinya akan ditampilkan pada peserta yang ikut serta melakukan survey alias responden.

Aturlah format notification ini, yang sesuai dengan kebutuhan yang Anda perlukan. Langkah-langkah yang bisa Anda lakukan di antaranya:

  1. Pada bagian rule name, Anda bisa mengisikan nama formulir yang Anda buat.
  2. Di opsi email address(es) to notify Anda bisa mengisi email Anda. Hal ini bertujuan untuk memberitahukan adanya responden yang mengisi Google Form Anda.
  3. Lalu pada bagian sender email, Anda bisa mengisinya dengan email Anda. Hal ini berguna untuk memberitahu siapa nama responden tersebut.
  4. Dan terakhir pada bagian reply to address, ketikkan juga email Anda, sebagai email yang membalas responden.
✅TRENDING :  17 Live Streaming F1 Gratis (Update Link)

 

Setelah Anda mengisi data-data tersebut, Anda akan ditampilkan pada template notification. Anda bisa memilih pilihan template default, agar lebih mudah. Klik opsi button use visual editor lalu klik edit. Anda bisa mengeditnya dengan mengisi email subject dengan mengisi nama acara.

Untuk mencantum nama pendaftar, bisa Anda lakukan dengan mengklik add form field. Pada bagian ini, Anda bisa memilih untuk dicantumkan dalam membalas gmail. Setelah Anda menyelesaikan setting Google Form,  Anda bisa scroll ke bawah untuk menemukan menu notify form submit. Lalu centang dan pilih alamat email. Alamat email ini bisa Anda dapatkan dari form pendaftaran.

Agar peserta mendapatkan lampiran PDF, Anda bisa mencentang generate pdf. Nah, barulah Anda bisa dikatakan telah menyelesaikan tahap cara membuat email balasan otomatis di Google Form. Jangan lupa klik save rule untuk Menyimpan perubahan tersebut, ya.  Nah itulah cara untuk  membuat email balasan yang bisa dilakukan secara otomatis di Google Form yang bisa Anda lakukan. Tidak sulit, bukan? Selamat mencoba, ya! Semoga berhasil!

Bagaimana Kegunaan Fitur Add-on di PlatForm Google Form?

Google telah merilis sebuah fitur yang bernama Add-on. Fitur ini berguna untuk meningkatkan atau memaksimalkan fungsi dari  banyaknya program Google, salah satunya Google Form. Add-On pada Google Form  ini memungkinkan Anda untuk membuat email balasan pada responden atau para peserta yang ikut mengisi Google Form Anda.

Sebetulnya untuk menggunakan Add-on iniAnda bisa mendapatkannya dengan gratis. Tetapi memiliki batasan untuk membalas responden dengan jumlah yang sudah ditentukan oleh pihak Google, yaitu hanya 19 responden dalam sehari.

Akan tetapi bagaimana jika peserta yang ikut mengisi Google Form tersebut, memiliki jumlah yang lebih banyak? Anda tetap bisa menggunakan Add-On dengan membeli produknya, kok. Anda bisa menggunakan Add-On premium berbayar. Dengan begitu, dapat membuat email balasan sekitar 400 responden atau peserta.

✅TRENDING :  Kumpulan Paket Internet Unlimited Terbaru 2021

Untuk memilih Add-On mana yang akan Anda gunakan, sebaiknya Anda harus memperkirakan terlebih dahulu mana kebutuhan yang diperlukan. Agar Anda pun tidak harus mengeluarkan biaya, hanya untuk membeli produk tersebut, akan tetapi responden yang ikut serta tidak sesuai dengan jumlahnya.

Menggunakan Add-On di Platform Google Form tentu sangat membantu Anda dalam membuat email balasan otomatis di Google Form. terutama untuk merespon para peserta yang ikut serta mengisi form tersebut. Tentunya semakin praktis dan tidak membuang waktu dengan sia-sia.

Itulah sedikit penjelasan mengenai cara membuat email balasan otomatis di Google Form, Platform yang digunakan untuk melakukan survey ini memang memiliki banyak penggemar. Jika Anda membuat Google Form untuk usaha bisnis Anda, jangan lupakan untuk membuat balasan otomatis, ya!