Cara Cek Asuransi Mobil Online Yang Aman

Please log in or register to like posts.
asuransi-mobil

Mencari asuransi mobil secara online kini semakin mudah dengan adanya beberapa platform perbandingan harga asuransi.

Namun menemukan biaya asuransi mobil yang sesuai dan memberikan perlindungan yang terbaik akan menjadi sulit jika Anda tidak mengetahui beberapa trik asuransi mobil online.

Untuk mendapatkan jenis asuransi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda silahkan ikuti tips di bawah ini.

Kelebihan Asuransi Online

Tren membeli polis asuransi secara online perlahan semakin berkembang di Indonesia. Hari-hari dimana Anda harus mengunjungi kantor asuransi atau membuat janji dengan agen, sepertinya sudah berahir.

Saat ini, hampir semua produk asuransi, baik itu asuransi mobil, kesehatan, perjalanan dan jiwa, semuanya tersedia di internet. Bahkan, beberapa perusahaan asuransi ternama seperti Garda OTO dan Allianz menawarkan paket eksklusif khusus nasabah online, yang tidak tersedia di kantor cabang atau agen resminya.

Paket e-asuransi terbukti menjadi produk yang efekti baik dari segi biaya maupun prosedur. Anda dapat melakukan perbandingan fitur dan harga dari berbagai penyedia layanan asuransi mobil, mengetahui kelebihan dan kekurangannya, lalu membeli polis yang paling sesuai untuk Anda.

Platform asuransi online juga menurunkan biaya penawaran dan memungkinkan pelanggan untuk membeli polis secara langsung, sehingga memotong margin secara keseluruhan.

Berikut beberapa keuntungan membeli asuransi mobil secara online.

a. Aman dan Nyaman

Keuntungan membeli asuransi mobil secara online adalah kenyamanan. Anda tidak perlu menelepon dan pergi ke kantor asuransi untuk berbicara dengan agen. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan situs, seperti Cermati.com, untuk membandingkan penawaran dari beberapa perusahaan asuransi sekaligus.

b. Cepat dan Efisien

Dengan menggunakan form penawaran online, Anda cukup mengisi formulir singkat dan mendapatkan penawaran harga atau mengijinkan perusahaan asuransi yang paling cocok untuk menelepon Anda dan memberikan penawaran yang sesuai.

Baca Juga:  Mikrotik Hotspot: Pengertian dan Cara Setting

c. Fleksibilitas Waktu

Keuntungan lainnya adalah Anda bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja. Dengan menggunakan internet, Anda bisa mendapatkan penawaran online melalui laptop, komputer, atau perangkat seluler.

Dengan ini Anda punya lebih banyak waktu untuk berpikir dan tidak terburu-buru. Anda dapat menghindari tekanan dari agen penjual yang mungkin menyakinkan Anda untuk mengambil polis yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

Jenis-jenis Asuransi Mobil

Selain memilih jenis asuransi yang tepat, reputasi perusahaan penyedia asuransi juga harus menjadi pertimbangan. Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis asuransi mobil, yaitu:

1. Asuransi Comprehensive (All Risk)

Jenis asuransi yang menjamin semua jenis kerugian akibat kecelakaan baik itu besar maupun kecil, termasuk semua bentuk kerusakan atau kehilangan kendaraan.

2. Asuransi Total Loss Only (TLO)

Jenis asuransi yang hanya menjamin kerugian akibat kehilangan mobil dan atau kecelakaan dengan kerusakan hingga 75% sehingga menyebabkan mobil tidak dapat digunakan lagi.

Namun selain kedua perlindungan dasar di atas, setiap asuransi mobil juga memberikan beberapa tambahan pertanggungan dari perlindungan dasar seperti misalnya jika terjadi Kerusuhan, Huru-hara, dan Bencana Alam.

Mencari Asuransi Mobil Yang Aman

1. Perpersiapkan Informasi Kendaraan

Sebelum melakukan pencarian, pastikan Anda telah menyiapkan informasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan penawaran harga yang akurat. Termasuk merek, model, tahun, dan nomor rangka mobil Anda.

Siapkan juga data tambahan seperti kode pos tempat tinggal, atau jenis aksesori keamanan / anti-maling yang terpasang di mobil. Jangan lupa menyiapkan nomor SIM pengemudi yang akan mengajukan asuransi.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu:

  • Plat nomor mobil (hanya huruf bagian depan saja untuk mengetahui lokasi kendaraan)
  • Tahun, merek, model dan tipe mobil
  • Estimasi harga kendaraan
  • Jarak tempuh kendaraan (kilometer)
  • Asuransi yang diinginkan (TLO atau All Risk)

2. Menggunakan VPN

Sebelum mulai mencari asuransi dan memberikan data pribadi Anda, pastikan untuk menggunakan VPN terlebih dahulu.

Tanpa VPN, transaksi Anda, bersama dengan informasi sensitif seperti nama dan informasi penting lainnya, dapat diakses oleh hacker dan digunakan untuk mencuri uang atau identitas Anda.

Baca Juga:  7 Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi

Namun, jika Anda menggunakan VPN, koneksi internet Anda akan dienkripsi, menjaga transaksi Anda tetap aman dan terlindungi dari pihak manapun.

3. Membandingkan Polis

Karena asuransi selalu merupakan urusan jangka panjang, maka Anda harus memilih perusahaan asuransi yang sudah berdiri cukup lama dan memiliki track record yang baik dalam melayani nasabahnya.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menggunakan situs pembanding asuransi untuk memberi Anda panduan cepat tentang seberapa banyak Anda dapat membayar asuransi mobil per bulan. Selain itu, Anda akan mempelajari bagaimana tingkat perlindungan dapat memengaruhi polis asuransi mobil Anda.

Perusahaan pembanding asuransi menawarkan perlindungan minimal kepada pemegang polis dengan imbalan harga asuransi mobil paling rendah. Ini adalah metode paling efisien terutama dalam kondisi ekonomi yang sulit.

Jika perusahaan asuransi menjual polis baik secara online maupun melalui agen di kantornya, biasanya harganya tidak terpaut jauh. Namun, jika perusahaan memiliki call center tetapi tidak ada kantor dan hanya menjual secara online, maka tarifnya mungkin sedikit lebih murah karena mereka tidak perlu membayar biaya operasional.

Terlepas dari apapun jenis perusahaan asuransi yang akan Anda pilih, opsi asuransi online jauh lebih praktis dan mudah.

Berikut adalah beberapa layanan pembanding harga asuransi yang memiliki reputasi sangat baik di Indonesia:

  • Cermati.com
  • CekAja.com

4. Pilih Perlindungan yang Paling Sesuai

Polis online biasanya menampilkan harga premi terendah, tetapi fokus harus tetap kepada pada polis perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Membayar lebih rendah belum tentu memberikan jaminan yang terbaik bagi kendaraan Anda.

Selain itu Anda juga harus mempertimbangkan berapa lama jangka waktu tersebut akan berakhir. Membayar asuransi untuk beberapa tahun sekaligus biasanya lebih murah dibandingkan dengan membayar per tahun.

Anda harus melihat polis asuransi mobil Anda setiap tahunnya untuk mengetahui berapa banyak Anda membayar premi dan berapa besar pertanggungan yang Anda dapatkan.

Biaya polis yang sama bisa sangat bervariasi di antara perusahaan yang berbeda berdasarkan faktor-faktor seperti komisi yang dibayarkan kepada agen, dan tingkat risiko pengemudi yang diasuransikan.

Untuk mulai membandingkan asuransi, cobalah masuk ke situs pembanding asuransi mobil seperti Cermati.com, CekAja.com, atau CekPremi.com. Disana Anda dapat mengirimkan informasi tentang mobil dan riwayat mengemudi Anda. Nantinya perusahaan asuransi akan menghubungi Anda untuk memberi penawaran yang tepat.

Baca Juga:  10 Emulator Android Paling Ringan Untuk PC (2021)

Setelah itu akan banyak penawaran datang melalui email atau panggilan telepon dari agen asuransi yang bersangkutan. Anda juga dapat mencoba mencari langsung di situs perusahaan seperti AXA dan ACA, yang menjual asuransi langsung kepada konsumen dan memberikan penawaran dengan harga yang kompetitif.

5. Penawaran Bukanlah Harga Final

Meskipun penawaran harga berguna untuk membandingkan biaya asuransi, perlu diingat bahwa itu adalah perkiraan dan dapat berubah berdasarkan pemeriksaan akhir riwayat mengemudi pribadi Anda.

Untuk mendapatkan penawaran akhir, Anda harus memasukkan informasi pribadi tambahan, mungkin termasuk nomor SIM atauKTP, ke dalam formulir online. Jika Anda terlibat dalam kecelakaan mobil baru-baru ini, atau jika klaim Anda cukup sering terjadi, maka biaya polis akhir Anda bisa jauh lebih tinggi daripada yang diperkirakan.

Belanja asuransi mobil secara online bisa jadi menyenangkan, selama Anda tahu apa yang Anda cari dan Anda memahami cara kerja mulai dari perbandingan, penawaran dan harga final polis.

FAQ

Apakah membeli asuransi mobil secara online itu aman?

Membeli asuransi mobil secara online sangat aman sejauh Anda menggunakan layanan asuransi yang terpercaya. Sama seperti Anda akan membeli layanan atau produk lain secara online, Anda ingin memastikan vendor tersebut bonafit dengan meneliti riwayat perusahaan, membaca bagian “Tentang Kami” di situs serta persyaratan privasi dan keamanannya.

Dapatkah saya membeli dan menerima polis asuransi pada saat itu juga?

Ya dan umumnya adalah Anda dapat memilih tanggal sebagai mulai masa berlaku polis seperti tanggal hari ini. Setelah itu, Anda akan membayar biaya pertanggungan Anda, dan mobl Anda akan langsung terlindungi.

Perlukah memiliki asuransi mobil?

Di Indonesia, asuransi kendaraan tidak diwajibkan kecuali untuk kendaraan yang mengangkut penumpang umum dan kebutuhan niaga. Namun memiliki asuransi mobil sangat dianjurkan untuk mengurangi dampak kerugian yang timbul akibat kecelakaan. Undang-Undang Indonesia No.22 Tahun 2009 tentang Lalu intas dan Angkutan Jalan adalah hukum yang berlaku saat ini yang mengatur tentang aturan berkendara, termasuk asuransi kendaraan.