Jangan Salah! Ini Kelebihan dan Kekurangan Cloud Hosting!

Dari berbagai kelebihan untuk membangun website yang lebih andal. Namun, meski begitu, Anda perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan cloud hosting sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Sekilas Tentang Cloud Hosting

Cloud Hosting merupakan jenis hosting yang bekerja dengan teknik komputasi awan, di mana jaringan server tersebut tersebar di berbagai tempat dan server pusat yang ada di negara tertentu. Bisa disebutkan, cloud hosting merupakan jenis hosting murah terbaik yang banyak digunakan.

Umumnya, hosting digunakan oleh para pelaku blogger maupun bisnis untuk memaksimalkan performa website.

Menariknya, kapasitas resource tidak memiliki batas, Anda bisa memilih hosting web ini untuk pilihan utama dalam membangun website yang baik.

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Hosting

Sama halnya dengan jenis hosting lainnya, cloud hosting pun diciptakan dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya itu sendiri. lantas, mana saja kelebihan dan kekurangan dari cloud hosting tersebut? Simak penjelasan uraiannya di bawah ini.

Kelebihan Cloud Hosting

Cloud hosting didukung dengan teknologi komputasi, sehingga membuatnya memiliki banyak kelebihan dibandingkan dari jenis hosting lainnya. terbukti dengan adanya para pengguna yang merasa puas dengan menggunakan server tersebut. Berikut kelebihannya:

  • Dengan cloud hosting, website dapat melakukan akses data dengan lebih fleksibel, bahkan membuat website ini terhindar dari adanya kejadian down time. Di mana server ini bisa memenuhi permintaan klien tanpa halangan, sehingga website dapat berjalan dengan lancar.
  • Dengan menggunakan cloud hosting akan membuat Anda terminimalisir dari adanya resiko kehilangan data. Sebab data recovery pada hosting ini lebih mudah. Di mana para penyedia cloud hosting melindungi data penggunanya dengan melakukan storing dan backup di lokasi yang berbeda. Hal inilah yang membuat data-data website Anda menjadi lebih aman.
  • Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cloud hosting merupakan jenis hosting yang memiliki kapasitas penyimpanan tak terbatas, sehingga Anda bisa bebas menyimpan database tanpa takut penyimpanan penuh.
  • Harga atau biaya menjadi pertimbangan nomor satu, meskipun cloud hosting dikenal sebagai harga yang lebih mahal dibandingkan dengan hosting lainnya, tetapi Anda bisa melakukan pengaturan sehingga biaya menjadi fleksibel dan terjangkau. Anda bisa melakukan kendali dengan sendirinya.

Kekurangan Cloud Hosting

Meskipun cloud hosting memiliki berbagai kelebihan, Anda pun perlu mempertimbangan kekurangannya untuk mempertimbangkan apakah cloud hosting pilihan tepat. Berikut beberapa kekurangan yang menjadi permasalahan dari cloud hosting yang dapat dijumpai:

  • Dalam menggunakan cloud hosting Anda harus berhati-hati jika tidak ingin terkena cyber attack, di mana Anda bisa mengakses hampir semua file website di internet, hal ini menjadi potensi adanya risiko serangan cyber jika koneksi Anda tidak aman. hal ini karena kurangnya perlindungan privasi di mana data Anda terkumpul, dengan begitu orang lain bisa mengakses data milik Anda.
  • Pelayanan dan pemasangannya pun menjadi permasalahan dari kekurangan cloud hosting. Setiap server cloud memiliki kemampuan yang berbeda, oleh sebab itu perlu untuk melakukan konsultasi sebelum menggunakannya.
  • Dengan cloud server yang hanya dapat diakses melalui internet, hal ini membuat kecepatan server bergantung dengan kecepatan internet yang Anda miliki.
  • Biaya pengeluaran bisa meningkat dengan menggunakan cloud hosting, Jika Anda tidak berhati-hati dalam mengelola server resources.

Demikianlah penjelasan terkait kelebihan dan kekurang cloud hosting. Dengan ini, Anda bisa memutuskan apakah cloud hosting tepat untuk digunakan atau tidak. banyaknya jenis hosting salah satunya ialah jenis cloud hosting yang mana ini menawarkan.

========================