Fungsi dan Manfaat CSS yang Perlu Anda Ketahui

fungsi dan manfaat CSS

Fungsi dan manfaat CSS memang cukup beragam. Seseorang yang ingin membangun website harus mengetahui dan memahami apa itu CSS dan fungsi penggunaannya, karena CSS merupakan suatu bahasa pemrograman yang memiliki manfaat bagi pengelola untuk mengembangan websitenya tersebut.

Pengertian CSS

Penggunaan CSS ini memang sangat diperlukan, terlebih dengan bahasa pemrograman yang hampir digunakan pada setiap website yang ada di internet. CSS ini juga bisa Anda gunakan sebagai tools yang berfungsi untuk mengatur berbagai jenis tampilan yang ada dalam website.

CSS atau cascading style sheets ini merupakan bahasa pemrograman yang dikhususkan untuk desain website. Fungsi dan manfaat CSS ini adalah bisa digunakan dalam menyederhanakan proses pembuatan website yang khusus pada tampilannya saja.

Sejarah dan Perkembangan CSS

fungsi dan manfaat CSS

CSS ini dibuat sekaligus dikembangkan oleh World Wide Consorium atau W3C pada tahun 1996 silam. Alasan adanya pengembangan sistem ini pun sangatlah sederhana. Dimana HTML dulunya tidak dilengkapi dengan tak yang berfungsi sebagai alat untuk format halaman, sehingga lahirlah bahasa CSS ini.

Tentunya ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan oleh para pengelola website dengan menggunakan bahasa pemrograman CSS ini. Jika dibandingkan dengan menggunakan pemrograman inti lainnya, seperti HTML maupun PHP.

CSS ini bisa Anda gunakan untuk mengatur warna yang ada pada teks, jenis font untuk teks, baris antar paragraf, hingga ukuran kolom maupun jenis background yang Anda gunakan. Selain itu, CSS juga bisa Anda gunakan untuk mendesain layout dalam berbagai jenis perangkat yang berbeda, dan efek berbeda yang digunakan dalam website tersebut.

Bagi Anda yang mungkin masih awam dengan fungsi dan manfaat CSS ini, tidak perlu khawatir karena penggunaan CSS sangatlah mudah untuk dipelajari. Namun, meski mudah untuk dipelajari, CSS ini memiliki banyak sekali kelebihan yang perlu Anda ketahui. Terutama jika digunakan dalam penyajian tampilan yang menarik dalam dokumen HTML.

✅TRENDING :  Wajib Tahu, Pengenalan Dasar CSS untuk Pemula

Penyajian tampilan yang ada dalam dokumen HTML ini dimulai dari yang paling sederhana, hingga yang paling rumit.

Fungsi dan Manfaat CSS

Bagi Anda yang sudah pernah mengoperasikan sekaligus mengembangkan sebuah website dengan menggunakan HTML maupn PHP tentunya pernah mengalami kesulitan ketika melakukan berbagai variasi desain terhadap halaman website tersebut.

Terlebih jika Anda menginginkan tampilan website yang kompleks, maka hal ini akan diperlukan dalam skala yang cukup besar. Kesulitan dalam membuat tampilan yang kompleks dengan menggunakan HTML dan PHP ini memang cukup rentan terjadi.

Dimana program ini memang secara khusus tidak dirancang sebagai media untuk mengerjakan desain tampilan depan pada halaman website Anda.

Selain itu, kemudahan yang bisa Anda dapatkan jika mendesain tampilan depan website menggunakan CSS ini adalah kemudahan proses yang berguna dan bermanfaat bagi perkembangan website melalui tampilan depannya.

Nah, berikut ini terdapat beberapa fungsi dan manfaat CSS yang perlu Anda ketahui dalam membuat tombol pada website.

1.      CSS Button

Dengan menggunakan CSS, maka Anda bisa membuat tampilan tombol website yang jauh lebih menarik. Keunikan ini hanya bisa Anda dapatkan jika menggunakan CSS dalam pembuatan buttonnya.

Sementara itu, HTML maupun PHP hanya bisa digunakan untuk membuat tombol tanpa memerlukan tampilan yang lebih menarik.

2.      CSS Tombol

Tombol dengan tampilan berwarna pun hanya bisa dibuat dengan menggunakan CSS. Meskipun memang tombol tersebut bisa dibuat dengan menggunakan HTML maupun PHP.

Akan tetapi, jika Anda lebih memilih untuk menggunakan HTML maupun PHP, maka akan diperlukan lebih banyak garis kode dan hal yang bisa membuat Anda merasa kesulitan dalam prosesnya.

Selain manfaat yang ditawarkan dari penggunaan CSS ini, Anda juga harus mengetahui apa saja fungsi yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan CSS. Nah, berikut ini akan dijelaskan apa saja fungsi dari CSS yang bisa Anda gunakan dalam pembuatan website.

✅TRENDING :  Pengenalan Dasar Vuejs untuk Pemula

1.      Proses Desain Cepat

Membuat desain yang sama untuk beberapa halaman pada website tentunya bisa membuat pengunjung merasa bosan. Selain itu, Anda juga perlu menyalin satu per satu file dari setiap halaman website Anda.

Ketika Anda menggunakan CSS, maka Anda tidak perlu lagi menyalin satu per satu file dokumen tersebut dari setiap halaman websitenya. CSS ini bisa Anda manfaatkan untuk membuat desain yang sama di beberapa halaman HTML.

Cara penggunaannya pun sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengetikkan satu kali fungsi dari CSS dan bisa menggunakannya pada semua halaman HTML. CSS sendiri berfungsi sebagai sistem yang mempermudah proses berbagi ke halaman web tanpa Anda perlu menyalinnya secara manual.

2.    Halaman Cepat Dimuat

Ketika Anda menggunakan CSS, maka Anda pun tidak perlu lagi menuliskan setiap atribut tag HTML di semua file yang ada. Cara kerjanya pun cukup satu kali Anda menuliskan fungsi dari CSS dan kemudian bisa Anda aplikasikan ke seluruh file yang akan digunakan. Ini merupakan salah satu fungsi dan manfaat CSS.

3.    Pemeliharaan Mudah

Hanya dengan satu kali melakukan perubahan pada fungsi style dalam sebuah file CSS, maka Anda pun bisa menggunakan fungsi tersebut ke seluruh tampilannya. Dengan begitu, maka perubahan pun bisa dilakukan secara otomatis.

Hal ini menjadi salah satu fungsi andalan dari CSS sebagai alat untuk memudahkan pengubahan tampilan di berbagai halaman.

4.    Lebih Beragam

Jika dibandingkan dengan HTML maupun PHP, CSS memiliki atribut yang cukup beragam. Munculnya atribut ini bukanlah tanpa alasan. Keberuntungan yang akan diraih oleh pihak pengelola website pun memiliki persediaan stroke tampilan halaman website yang cukup beragam juga.

✅TRENDING :  5+ Tips Belajar CSS yang Mudah dan Cepat Mahir!

5.    Kompatibel

CSS bisa diaplikasikan di berbagai jenis perangkat, baik dengan versi yang lama maupun versi yang baru. Nah, sistem ini pun sangat memungkinkan konten Anda untuk lebih dioptimalkan dengan lebih dari satu perangkat.

CSS juga mampu menyesuaikan tampilan yang dibuat pada perangkat lama maupun baru, sehingga akan lebih terasa kompatibel dengan berbagai jenis perangkat.

6.    Standar Pengembangan Web

Jadi, bisa dikatakan bahwa hampir seluruh website yang ada di internet memiliki proses pembuatan tampilan yang menggunakan CSS. Selain memang akan terlihat lebih menarik jika digunakan untuk membuat tampilan halaman website, sistem ini juga didukung dengan banyak browser populer yang ada saat ini.

Mengembangkan website yang sesuai dengan standar pada browser populer saat ini memang merupakan salah satu jawaban yang mudah untuk ditebak. Dengan menggunakan CSS dalam pembuatan website tentunya ada keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan, yakni website yang Anda buat tersebut akan kompatibel dengan beragam jenis browser yang ada.

Dalam memahami fungsi dan manfaat CSS ini memang diperlukan pengetahuan akan HTML atau PHP dasar yang lebih dulu ada dalam dunia pemrograman website.