Advertisements
Advertisements

Rekomendasi 7 Aplikasi Untuk Menghitung Langkah Kaki Agar Sehat dan Anti Rebahan!

Advertisements

aplikasi untuk menghitung langkah kaki – Olahraga dengan berjalan kaki menjadi salah satu olahraga yang paling banyak  dilakukan oleh masyarakat pemula. Hal tersebut dikarenakan dengan berjalan kaki, masyarakat tidak perlu menyiapkan peralatan olahraga yang merepotkan tapi tetap dapat membakar kalori.

Bagi masyarakat yang gemar olahraga berjalan kaki, terdapat 7 rekomendasi aplikasi untuk menghitung langkah kaki.

Aplikasi penghitung langkah tersebut dapat digunakan hanya dengan menggunakan smartphone saja. Pengguna tidak memerlukan smartwatch atau perangkat wearable lainnya.

Tentunya aplikasi ini bermanfaat sekali untuk membantu pengguna agar lebih sehat dan mencapai target berat badan yang ideal. Yuk simak beberapa rekomendasinya berikut ini!

1. MapMyWalk

MapMyWalk merupakan alat untuk menghitung langkah kaki pertama yang dapat digunakan bagi para pengguna yang ingin berolahraga tanpa ribet dan tersiksa.

Aplikasi ini dapat diunduh dengan gratis pada smartphone Android maupun iPhone. Selain dapat melacak langkah kaki, aplikasi ini juga dapat melacak semua kegiatan olahraga lainnya.

MapMyWalk menyediakan berbagai macam fitur seperti menghitung statistik setiap aktivitas olahraga yang telah dilakukan, menghitung performa dan langkah kaki tentunya.

Ketika menggunakan aplikasi ini pastikan pengguna mengaktifkan fitur GPS pada smartphone agar langkah kaki dapat terlacak dengan tepat.

2. Google Fit

Google Fit merupakan aplikasi yang dapat digunakan hanya dengan login pada Gmail yang pengguna miliki. Aplikasi ini cukup populer bagi para pemilik smartphone berbasis sistem Android.

Selain dapat menghitung jumlah langkah, Google Fit juga memiliki fitur yang dapat menghitung jumlah kalori yang dikeluarkan, jarak langkah kaki dan riwayat olahraga.

3. Strava

Strava merupakan aplikasi untuk menghitung langkah kaki yang dapat dicoba berikutnya. Aplikasi ini dapat berguna bagi pengguna iPhone maupun Android.

Tidak hanya berfungsi sebagai menghitung langkah kaki, Strava juga berfungsi untuk merekam berbagai macam jenis olahraga, misalnya running, Yoga, hiking dan ride.

Aplikasi Strava tersedia secara gratis maupun berbayar. Keunggulan aplikasi ini adalah ketepatannya dalam merekam segala jenis olahraga dan jumlah kalori yang keluar dari tubuh.

Pengguna juga ditawarkan berbagai macam tantangan atau challenges yang dapat diikuti agar semangat olahraga menjadi tinggi.

4. Pacer

Bagi pengguna iPhone dan Android, aplikasi Pacer menjadi salah satu aplikasi paling popular yang digunakan untuk menghitung langkah kaki. Seperti halnya aplikasi olahraga lainnya, Pacer juga berfungsi untuk merekam berbagai jenis olahraga.

Pengguna dapat mengunduh secara gratis aplikasi ini, namun jika pengguna menginginkan fitur terlengkap dibutuhkan biaya berlangganan sebesar kurang lebih Rp 723.000 per tahun.

5. Apple Health

Apple Health merupakan salah satu aplikasi bawaan yang otomatis pengguna dapatkan apabila memakai smartphone iPhone. Pengguna dapat memakai aplikasi ini tepat ketika mulai berjalan kaki.

Selain dapat menghitung langkah kaki, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk melacak waktu tidur, berat badan ideal dan kalori yang keluar di dalam tubuh.

6. Rey

Rey merupakan aplikasi kebugaran dan kesehatan buatan lokal yang dapat pengguna coba untuk menghitung langkah kaki.

Aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk menghitung langkah kaki, tetapi juga dapat merekam berbagai jenis olahraga. Aplikasi buatan anak bangsa ini tidak kalah dengan aplikasi-aplikasi lainnya dalam hal variasi fitur yang bermanfaat.

Terdapat fitur ReyCoin bagi para pengguna yang berhasil mencapai target olahraga tertentu. Selain itu, aplikasi Rey juga menyediakan fitur Member eksklusif yang di dalamnya terdapat konsultasi offline serta chat dengan dokter. Rey menjadi aplikasi sangat bermanfaat jika ingin menjalani hidup sehat dan mencapai berat badan ideal.

7. Huawei Health

Rekomendasi aplikasi terakhir untuk melacak langkah kaki adalah Huawei Health. Menjadi pesaing dari Google Fit dan Apple Health, Huawei Health dapat digunakan oleh pengguna yang memiliki merk smartphone Huawei.

Walaupun fiturnya belum secanggih dan sebaik dua aplikasi popular sebelumnya, namun aplikasi Huawei Health masih cukup baik untuk digunakan.

Itulah rekomendasi 7 aplikasi untuk menghitung langkah kaki yang dapat digunakan bagi para pengguna yang sedang memulai hidup sehat dengan berjalan kaki.

Selain itu, aplikasi-aplikasi tersebut terdapat berbagai macam variasi fitur yang dapat digunakan untuk memotivasi pengguna agar dapat lebih bersemangat untuk olahraga.