Advertisements
Advertisements

Simak Penyebab Dan Juga Solusi Bila Metode Pembayaran Google Play Ditolak

Advertisements

Selain untuk mengunduh aplikasi gratis, Google play juga menyediakan aplikasi berbayar atau e-book. Untuk mendapatkannya maka pengguna harus melakukan transaksi di Google play. Yang akan dijabarkan kali ini adalah mengapa metode pembayaran google play ditolak dan bagaimana mengatasinya.

Mengapa Metode Pembayaran Google Play Bisa Ditolak?

Dari pertanyaan tersebut ada beberapa alasan yang bisa saja terjadi. Seperti misalnya mungkin penolakan tersebut dikarenakan adanya ketidakcocokan antara alamat yang akan digunakan pembayaran dengan alamat yang tertera di Google play. Bila keduanya berbeda, maka bisa membuat ditolaknya metode tersebut.

Atau bisa juga kartu yang digunakan untuk melakukan pembayaran sudah tidak berlaku. Bila itu juga bukanlah masalah yang tengah dihadapi, mungkin saldo pada kartu kurang untuk membeli item tersebut. Maka sebab itu perlu melakukan pengisian ulang.

Bila pengguna mendapatkan pemberitahuan bahwa metode ditolak karena ada masalah dengan akun mungkin karena pihak Google melihat ada kejanggalan. Hal tersebut bisa disebabkan karena Google melihat ada transaksi mencurigakan menggunakan akun itu. Hingga dibutuhkan beberapa data untuk melindungi akun tersebut.

Cara Mengatasi Metode Pembayaran Yang Ditolak Di Google Play

Diatas sudah diuraikan beberapa masalah atau penyebab yang bisa saja terjadi pada proses transaksi tersebut. Bila sudah paham, maka kali ini kan diuraikan juga beberapa cara untuk mengatasinya. Berikut adalah penjabaran cara yang bisa dipraktekkan:

1. Cek Kartu Kredit

Cara pertama apabila mengalami masalah berupa metode pembayaran Google play ditolak adalah dengan mengecek kartu kredit. Mengecek kartu kredit ini apabila pemberitahuan yang didapatkan adalah “tidak bisa menyelesaikan transaksi”. Bila seperti itu maka bisa cek kartu kredit.

Bila pesan seperti itu yang didapatkan maka kemungkinan kartu kredit sudah tidak aktif. Atau mendapatkan pemberian berupa “Tidak dapat memproses pembayaran” Maka kemungkinan yang terjadi adalah saldo tidak cukup. Atau malah mendapatkan pemberitahuan lain.

2. Gunakan Transaksi Lain

Bila bukan pemberitahuan seperti yang sudah ditulis di atas, maka bisa coba lakukan cara lain. Seperti bila pengguna mendapatkan notifikasi berbunyi “Tidak dapat menyelesaikan transaksi” maka pengguna bisa ubah metode pembayarannya. Berikut adalah untuk mengatasinya.

Pengguna bisa mengubah metode pembayaran tersebut di pusat pembayaran. Pastikan juga bahwa saldo pada metode lain itu memiliki cukup uang untuk melakukan transaksi. Bila masih belum berhasil, maka coba hubungi pihak bank, dan tanyakan apakah terjadi masalah pada Kartu tersebut.

3. Mulai Ulang Atau Restart Metode Pembayaran

Jika masih tidak berhasil, maka bisa coba untuk merestart metode pembayaran. Saat pada ponsel tersebut memiliki dua akun google, maka alangkah baiknya jika hanya menggunakan akun saja. Bila sudah, ikuti langkah sebagai berikut:

  • Pertama pengguna bisa coba masuk pada mode pengaturan dalam ponsel.
  • Seperti yang sudah disebutkan, bila memiliki lebih dari satu akun google, maka pergunakanlah satu akun saja dengan menghapus sementara akun Google lainnya.
  • Kemudian masuk pada aplikasi Google play kemudian klik ikon hamburger pada bagian kiri atas.
  • Kemudian klik menu metode pembayaran, lalu tap menu setelan pembayaran lain maka langsung akan mengarah ke Chrome.
  • Maka bisa klik ikon hamburger pada sisi kiri dan tak menu metode pembayaran lalu klik remove.
  • Bila sudah, maka pengguna bisa atur kembali metode pembayaran melalui Google play pada menu metode pembayaran, selesai.

Demikian adalah beberapa masalah yang bisa saja terjadi bila mengalami metode pembayaran google play ditolak saat melakukan pembelian. Selain itu sudah disebutkan juga beberapa solusi yang bisa dipraktekkan. Namun sebelumnya harus tahu apa masalah yang sebenarnya terjadi.