Mengenal Apa Itu XAMPP Beserta Cara Instal XAMPP di Windows dengan Mudah

Cara Instal XAMPP di Windows

Istilah XAMPP memang terdengar masih asing oleh sebagian masyarakat yang tidak menggeluti dunia IT, karena XAMPP termasuk ke dalam software atau aplikasi komputer yang sangat populer dan banyak digunakan oleh para pelaku IT atau web developer. Untuk itu, sebelum Anda mengetahui cara instal XAMPP di Windows alangkah baiknya mengenal lebih dulu informasi tentang XAMPP.

Karena sebagai seorang pemula yang sedang mempelajari atau memperdalam  ilmu pengetahuan dalam pembuatan website maka mengetahui dan belajar tentang XAMPP adalah hal yang wajib dilakukan.

Dimana XAMPP ini memiliki peran yang penting dalam menggantikan peran web hosting dengan cara menyimpan file website ke dalam localhost, nah untuk lebih jelasnya yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Seputar Informasi Tentang XAMPP Beserta Cara Instal XAMPP di Windows

Agar bisa memudahkan Anda sebagai pemula yang baru mengenal dunia IT atau web developer untuk mengenal tentang XAMPP beserta cara instalasinya, yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

1.    Definisi Tentang Apa Itu XAMPP

XAMPP termasuk kedalam jenis software atau perangkat lunak di dalam komputer dimana pada sistem penamaannya diambil dari akronim kata Apache, MySQL / MariaDB, PHP, dan Perl. Sementara untuk huruf awalan X berasal dari istilah cross platform dimana sebagai simbol bahwa aplikasi XAMPP bisa dijalankan pada empat sistem operasi sekaligus, yaitu OS Linux, OS Windows, Mac OS, dan juga Solaris.

Sementara untuk sejarahnya software XAMPP pertama kali telah dikembangkan oleh tim proyek bernama Apache Friends dan hingga saat ini XAMPP sudah merilis dalam versi 7.3.9 yang bisa diperoleh secara gratis dengan label GNU (General Public License). Pada faktanya untuk masing – masing huruf dari XAMPP memiliki arti sebagai berikut.

  • Pada huruf X yang berarti Cross Platform, dimana menjadi sebuah kode penanda untuk software cross platform atau yang bisa berjalan di banyak operasi sistem seperti Windows, XAMPP for Mac, Linux dan bersifat free download.
  • Untuk huruf A yang berarti Apache, dimana istilah ini merupakan aplikasi yang bersifat gratis dan bisa dikembangkan oleh banyak orang atau dikenal dengan istilah (open source).
  • Untuk huruf M yang berarti MySQL atau MariaDB, dimana merupakan aplikasi database server yang dikembangkan oleh orang yang sama. Selain itu MySQL ini memiliki peran dalam mengolah, mengedit, dan menghapus daftar melalui database.
  • Untuk huruf P pertama menunjuk pada eksistensi bahasa pemrograman PHP, dimana bahasa ini digunakan untuk membuat website yang lebih dinamis, contohnya seperti website yang berbasis CMS WordPress.
  • Sementara untuk huruf P kedua dalam akronim kata XAMPP berarti Perl, yang merupakan singkatan bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan. Bahkan bahasa pemrograman ini terbilang sangat fleksibel dan banyak digunakan karena bisa berjalan di banyak sistem operasi.
✅TRENDING :  Apa Itu Directive pada Vue JS?

2.    Cara Instal dan Pemasangan XAMPP di Windows di PC atau Laptop

Setelah Anda mengetahui tentang pengertian XAMPP, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui tentang bagaimana cara instal XAMPP di Windows  yang bisa dilakukan dengan mudah, berikut langkah – langkahnya.

  • Langkah pertama Anda harus menyiapkan file XAMPP dengan mengunduhnya melalui situs link berikut ini, selain itu file ini tersedia secara gratis maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lisensi apapun.
  • Langkah selanjutnya setelah file sudah diunduh maka Anda perlu menyiapkan space atau ruang hardisk pada komputer atau laptop Anda dengan minimal menyisakan ROM sebesar 1GB, tujuannya adalah untuk menampung gambar, teks, video, dan dokumen website.
  • Setelah itu Anda bisa menjalankan file dengan versi xampp-Windows-x64-7.3.9-0-VC15-installer atau juga bisa versi lainnya yang lebih mutakhir.
  • Kemudian nantinya akan terdapat jendela baru dimana sebagai indikasi dimulainya proses instalasi XAMPP. Selain itu dalam proses ini Anda harus memilih bahasa indonesia atau inggris, lalu klik next untuk melanjutkan prosesnya.
  • Pada proses selanjutnya Anda harus memilih komponen yang akan digunakan, seperti standar untuk server web berbasis CMS WordPress yang menggunakan MySQL, FileZilla FTP server, dan Sementara untuk bahasa pemrograman Anda bisa memilih dan menceklis opsi phpMyAdmin, PHP, dan Perl, lalu langsung klik Next.
  • Pada tahap selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih lokasi penempatan file XAMPP yang akan diinstal maka Anda bisa menggunakan pengaturan default lalu klik next dan install.
  • Setelah itu pada tahap terakhir Anda bisa menunggu beberapa menit hingga proses instalasi XAMPP selesai dimana juga akan ditandai dengan bar progress yang seluruhnya akan berubah menjadi warna hijau. Setelah proses instal selesai dan berhasil maka Anda bisa menjalankan program XAMPP di laptop atau PC Windows untuk membuat website secara offline dengan menggunakan
✅TRENDING :  4+ Peralatan untuk Belajar VUE JS Paling Populer dan Mudah

3.    Fungsi XAMPP

Melalui langkah – langkah  cara instal XAMPP di Windows pada ulasan diatas, maka selanjutnya Anda juga perlu tahu lebih jauh tentang apa saja fungsi dari adanya software XAMPP ini. Dimana software XAMPP ini telah didesain sebagai server lokal atau localhost untuk menampung berbagai jenis data website yang sedang dalam proses pengembangan.

Sementara itu dalam penerapannya, software ini bisa digunakan sebagai penguji kinerja fitur ataupun konten yang terdapat dalam website orang lain tanpa harus terkoneksi dengan internet namun hanya cukup dengan XAMPP Control panel atau website offline. Jadi cara kerja XAMPP ini secara offline layaknya web hosting pada umumnya namun tidak semua orang yang bisa mengaksesnya.

Oleh karena itu para mahasiswa atau pelajar bisa menggunakannya untuk melihat hasil desain website yang sebelum pada akhirnya dibuat online menggunakan web hosting yang umumnya dijual di pasaran.

4.    Bagian – Bagian yang Penting Dalam XAMPP

Selan mengetahui cara instal dan fungsinya, sebagai tambahan Anda juga perlu mengetahui beberapa bagian penting dalam XAMPP, berikut penjelasannya.

A.    Htdocs

Menjadi bagian dari komponen XAMPP yang memiliki sebagai penyimpanan berbagai file dan dokumen yang nantinya akan ditampilkan ke dalam suatu website. Selain itu dalam menu Htdocs sendiri juga memiliki kapasitas penyimpanan yang tergantung pada besaran ukuran hardisk yang terpasang dalam komputer Anda.

B.    Control Panel

Control panel juga termasuk dalam komponen XAMPP yang penting karena bisa memberikan akses lebih leluasa untuk mengatur database, mengunggah file, atau melakukan setting lebih detail terkait dengan software website. Selain itu dengan komponen ini Anda bisa mengatur stop dan start aplikasi XAMPP agar tidak memberatkan kinerja komputer.

✅TRENDING :  Programmer Wajib Tahu! Inilah Rekomendasi Teks Editor dan Kelebihan Kekurangannya

C.     PhpMyAdmin

PhpMyAdmin ini juga berperan dalam aplikasi XAMPP dimana juga terbilang mampu dalam mengatur konfigurasi MySQL, dan untuk membukanya Anda bisa langsung mengetikkan URL http://localhost/phpMyAdmin.

Nah itulah penjelasan selengkapnya seputar software XAMPP beserta cara instal XAMPP di Windows laptop atau pc yang bisa dilakukan dengan mudah, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.