5 Aplikasi Yang Sering Digunakan Orang Korea!

Perbedaan negara bukan hanya membedakan letak geografis saja. Namun juga aplikasi yang sering digunakan di negaranya. Indonesia saja misalnya, akrab dengan istilah sosial media.

1. Me2day

Sudah tidak sabar aplikasi pertama yang sering digunakan orang Korea adalah Me2day. Berlatar belakang sebuah sosial media yang diluncurkan oleh resmi tahun 2007 tepatnya di bulan Februari. Apalagi saat idol di Korea mengaksesnya. Tentu membuat penggemar menjadi ikutan buat akun.

Me2day sebenarnya tidak jauh berbeda dengan aplikasi trending, yaitu twitter. Bahkan cara kerjanya pun hampir sama. Penggunanya bisa melihat story dari orang yang difollow pengguna. Menariknya, aplikasi ini tidak perlu menggunakan KTP Korea untuk mendaftarnya.

Selain tidak perlu KTP Korea asli, aplikasi ini juga gratis diunduh dan kingdom mendaftarnya pula. Layanan bahasa yang disediakan juga tidak hanya dari bahasa Korea saja. Namun juga ada dari bahasa Inggris. Pastinya memudahkan pengguna yang belum paham bahasa Korea.

2. Cyworld

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya. Aplikasi kedua yang sering digunakan orang Korea yakni Cyworld. Apabila aplikasi Me2day berdiri tahun 2007, Cute jauh sudah lama diluncurkan pada 1999. Konsep Cyworld hampir sama dengan MySpace dan juga Friendster.

Aplikasi ini seperti halnya sosial media tapi sering digunakan orang Korea. Layaknya sosmed di halamannya terdapat juga profil pribadi atau bisa disebut Minihompy. Fitur-fitur lain menariknya adalah bisa menghias halaman di laman.

Selain itu juga bisa mengisinya dengan aneka ikon dan fitur virtual. Seperti halnya adanya fitur diary yang mana pengguna bisa menuliskan kegiatan seharian di akun Cyworld. Bahkan idolanya Minihompy bisa dilihat. Namun, untuk menikmati akses ini harus punya KTP Korea.

3. Naver Cafe

Opsi aplikasi yang sering digunakan orang Korea adalah Naver Cafe. Aplikasi ini dapat menunjukkan sisi enjoying dalam mengaksesnya. Sama dengan sosmed lain yang digunakan untuk hiburan. Namun, aplikasi ini juga menyediakan banyak informasi.

Aplikasi Naver Cafe merupakan besutan dari komunitas online Naver Corporation. Di antaranya ada Daum Cafe dan Naver Cafe. Keduanya memiliki perbedaan, jika Daum lebih ke arah hiburan, sedangkan Never ke arah informasi dan saling berbagi.

Bisa juga diartikan naver seperti google yang banyak digunakan orang Indonesia. Namun di Korea lebih sering menggunakan Naver untuk akses informasi. Banyak pengakses, ternyata berasal dari situs pencarian yang ada di Naver

4. Daum Cafe

Sekilas sudah dijelaskan di atas, bahwa Daum Cafe merupakan aplikasi yang banyak digunakan orang Korea. Aplikasi ini sebagai wadah untuk berbagi hal termasuk ada hiburan, olahraga, hobi, bahkan materi pelajaran. Suatu komunitas online yang mirip seperti Kaskus.

Namun aplikasi ini sangat berguna bagi fans berat Kpop. Alasannya tersedia sub dari forum yang disebut dengan fancafe. Disebutnya sebagai tempat berkumpul para idola dengan fans mereka. Bahkan banyak idola Kpop yang menyertakan fancafe resmi untuk penggemarnya.

Beberapa artis Kpop turut meramaikan aplikasi fancafe ini. Bahkan cukup aktif membagikan postingan akan tulisan di sub forum. Tujuannya untuk menyapa para penggemar. Penasaran siapa saja artisnya. Di antaranya ada Suju, 2PM, IU dan masih banyak lagi.

5. Kakao Talk

Apabila aplikasi sebelumnya bisa diakses karena menjadi situs jejaring sosial. Namun berbeda dengan aplikasi yang satu ini. Namanya adalah KakaoTalk. Hampir mirip dengan aplikasi besutan Meta yakni Whatsapp yang digunakan orang Indonesia.

Berbeda dengan orang Korea yang sering menggunakan KakaoTalk. Hal tersebut karena aplikasi tersebut digunakan untuk mengirimkan pesan dan fitur lain yang disediakan. Aplikasi instan untuk chatting kepada siapapun yang ingin dihubungi.

Dibanding aplikasi lain seperti whatsapp, instagram, dan juga Line yang aktif digunakan orang Indonesia. Aplikasi KakaoTalk lebih sering digunakan orang Korea. Bahkan menjadi aplikasi chat yang hampir orang Korea punya.

Itulah beberapa aplikasi yang sering digunakan orang Korea. Ada yang khusus digunakan warga Korea dan ada pula yang tidak perlu KTP. Fungsi nya untuk sosial media dan juga search engine di Korea. Tentukan berbagai informasi di aplikasinya.

========================