Cara Memberi Waktu pada Google Form dengan Mudah

Cara Memberi Waktu pada Google Form

Google memiliki banyak fitur yang bisa digunakan untuk memudahkan para penggunanya. Salah satu fiturnya adalah Google Form. Fitur ini berfungsi untuk mengumpulkan data, mengerjakan soal ujian dan lain-lain. Fitur ini sangat berguna bagi sekolah, universitas, maupun perusahaan. Namun bukan itu saja, Anda juga bisa memberi waktu di fitur ini, dengan cara memberi waktu pada Google Form berikut ini!

Berikut Cara Memberi Waktu pada Google Form

Cara Memberi Waktu pada Google Form

Fitur pada Google Form biasanya digunakan untuk media mengerjakan soal ujian online. Soal ujian tersebut biasanya dibagikan melalui link. Pengguna bisa langsung mengerjakannya di Google Form tersebut. Biasanya pembuat soal akan memberikan batas waktu pengerjaan soal tersebut. Lalu bagaimana cara memberi waktu pada Google Form? Yuk simak ulasan di bawah ini.

1.    Membuka Google Drive

Cara memberi waktu pada Google Form yang pertama yaitu Anda buka Google Drive milik Anda. Lalu buatlah folder dengan nama misal ‘Ujian’ ataupun yang lainnya. Nama folder tersebut bisa memudahkan Anda dalam mencari file dan memanajemen file yang terdapat di dalam Google Drive milik Anda.

Saat Anda mencari file yang diinginkan, Anda tinggal mengetik nama file tersebut di Google Drive. Mesin pencari di Google Drive akan dengan mudah menemukan file yang sudah dinamai tersebut. Tentu penamaan file ini akan memudahkan Anda dalam mencari file yang diinginkan.

2.    Membuat Google Formulir

Cara memberi waktu pada Google Form selanjutnya, yaitu,  di dalam folder Google Drive yang diberi nama ‘Ujian’ Anda bisa membuat formulir-formulir kosong untuk persiapan sesi-sesi soal ujian yang berbeda. Cara membuat formulir kosong yaitu dengan Anda klik bagian ‘Google Formulir’, setelah itu Anda pilih ‘Formulir Kosong’.

✅TRENDING :  Nonton Film Online Terbaru (2021)

3.    Mengubah Nama Formulir

Formulir kosong yang telah Anda buat selanjutnya Anda ganti namanya dengan nama yang lebih jelas. Misal ‘Ujian Mata Kuliah Logika’ atau yang lainnya sesuai dengan isi soal ujian yang akan Anda buat. Nama ini untuk memperjelas tujuan Google Form yang berisi soal ujian yang Anda buat.

4.    Mengaktifkan Fitur Jadikan Ini Sebagai Kuis

Selanjutnya, cara memberi waktu pada Google Form, yaitu Anda harus mengaktifkan fitur ‘Jadikan ini sebagai kuis’ di dalam Google Form yang Anda buat. Caranya yaitu Anda ke bagian pojok kanan atas, lalu klik ‘Setelan’. Setelah itu Anda pilih menu ‘Kuis’. Di menu ini Anda aktifkan fitur ‘Jadikan ini sebagai kuis’ dan atur pengaturan sesuai keinginan Anda.

5.    Membuat Kunci Jawaban

Soal ujian online yang Anda buat di Google Form tentunya membutuhkan sebuah kunci jawaban, agar Google Form otomatis bisa langsung menilai jawaban dari penjawab soal di Google Form. Soal ujian di Google Form memiliki beberapa macam, seperti soal essay, pilihan ganda, dan lain-lain.

Jika soal ujian online yang Anda buat berbentuk pilihan ganda, maka Anda juga harus memberikan kunci jawaban yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Begitu pula jika soal ujian online Anda berupa essay. Maka diberi kunci jawaban yang sesuai dengan kebutuhan. Kunci jawaban ini yang akan menjadi patokan penilaian dari soal ujian yang Anda buat.

Cara untuk memasukkan kunci jawaban ke dalam Google Form yaitu Anda klik bagian ‘Kunci Jawaban’. Setelah itu, jika ingin mengatur Google Form ini agar lebih cantik, maka buatlah halaman pertama dari Google Form menjadi halaman identitas yang berisi identitas dan penjelasan.

✅TRENDING :  Cara Mengatasi FUP Indihome Dengan Mudah

Lalu, di halaman berikutnya dibuat halaman soal yang berisi soal-soal yang Anda buat untuk ujian online tersebut. Anda bisa memisahkan antara soal pilihan ganda dan essay agar lebih teratur. Di setiap soal yang Anda buat, jangan lupa untuk diberi poin untuk memudahkan penilaian.

6.    Mengatur Batas Waktu

Cara memberi waktu pada Google Form ujian online yang telah Anda buat yaitu dengan menambahkan script. Lalu, klik lah tombol titik tiga yang terletak di bagian kanan atas dan pilih bagian ‘Script Editor’ atau ‘Editor Skrip’.

Di bagian ‘Script’ ini, Anda bisa mengatur batas waktu pengerjaan dari soal ujian yang Anda buat di Google Form. Anda bisa menggunakan script yang telah dibuatkan pihak ketiga dan telah tersedia di daftar ‘Add-on’ pada Google. Setelah itu, Anda pilih ‘Form Limiter’.

Cara memberi waktu pada Google Form yaitu dengan mendapatkan ‘Form Limiter’. Untuk mendapatkannya, yaitu Anda ikuti tanda panah, lalu tekan yang sesuai dengan yang ditunjuk tanda panah tersebut. Setelah itu Anda pilih install dan klik ‘Lanjutkan’ serta berikan izin akses atas penginstalan tersebut. Setelah penginstalan sudah selesai, maka Anda klik ‘Selesai’.

Di ‘Form Limiter’ ini, Anda bisa mengatur waktu yang diinginkan, untuk pengerjaan soal ujian. Di situ tertera ‘ Date and time’ yang bisa Anda isikan bebas. Lalu jika Anda ingin menambahkan tulisan pesan yang akan muncul jika waktu pengerjaan habis, maka Anda klik bagian message. Di bagian itu, Anda bisa menuliskan sesuatu sesuai yang Anda inginkan.

7.    Membagikan Link Google Form

Setelah semua soal, kunci jawaban, dan batas waktu telah ditulis dan di atur di dalam Google Form. Maka formulir soal ujian online tersebut sudah siap untuk digunakan. Anda bisa membagikan formulir ujian tersebut melalui sebuah link. Untuk mempermudah dalam menghafal link, maka link yang Anda buat bisa disingkat menggunakan http://s.id atau http://gg.gg.

✅TRENDING :  12 Situs Baru Pengganti MovieGan (Update Link)

8.    Melihat Hasil

Formulir soal ujian online di Google Form yang telah selesai pengerjaannya setelah batas waktunya habis, maka bisa Anda lihat hasilnya. Caranya yaitu dengan membuka form, lalu Anda pilih ‘Respons’. Setelah itu Anda bisa lihat hasil per individu.

Selanjutnya, Anda bisa memberikan penilaian dari hasil pengerjaan tersebut. Anda bisa memberikan penilaian manual untuk soal essay dan untuk soal pilihan ganda, sudah otomatis dinilai oleh Google Form dari kunci jawaban yang telah Anda isi. Untuk setiap form yang Anda nilai, jangan lupa untuk menge-klik simpan. Agar file tersebut tersimpan dengan baik sebagai data milik Anda.

Setelah semua form disimpan, Anda bisa melihat hasil rekapan nilai-nilai tersebut. Caranya yaitu dengan membuat file spreadsheet dengan meng klik tombol warna hijau. Selanjutnya, Anda pilih ‘buat’. Tunggu beberapa saat, maka akan tampil file dalam bentuk excel/spreadsheet yang telah tersimpan di Google Drive Anda.

Excel/spreadsheet itu berisikan hasil rekapan nilai dari pengerjaan soal ujian online yang Anda buat di Google Drive. Hasil rekapan tersebut digunakan sebagai bukti data yang berguna bagi Anda kedepannya.

Diatas telah dijelaskan secara lengkap cara memberi waktu pada Google Form. Anda bisa mencobanya langsung dengan membuat Google Form yang diberi batas waktu. Semoga ulasan diatas dapat membantu.