5+ Tips Belajar CSS yang Mudah dan Cepat Mahir!

Tips Belajar CSS

CSS atau Cascading Style Sheet yang merupakan salah satu bagian terpenting dalam pengelolaan dan pengembangan website untuk saat ini. Bagi Anda yang ingin menggunakan CSS dalam pengelolaan website, maka Anda harus menguasainya terlebih dahulu dengan tips belajar CSS.

Mengenal Apa Itu CSS

CSS atau kepanjangannya adalah Cascading Style Sheet merupakan kumpulan perintah yang berguna dalam menjelaskan tampilan sebuah halaman situs web terhadap mark-up language.

Mulanya, CSS dibuat dan dikembangkan oleh W3C—World Wide Web Consortium di tahun 1996 dengan tujuan sederhana. Yakni CSS dibuat untuk menyelesaikan permasalahan HTML yang menyebabkan berbagai masalah bagi developer.

Dengan ini HTML dan CSS memiliki hubungan yang  erat. Di mana HTML adalah bahasa markup atau disebut fondasi situs sedangkan CSS yakni untuk memperbaiki style pada semua aspek yang terikat pada website. Inilah yang menjadi keduanya saling berikatan dan beriringan.

CSS memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan website, sebab CSS berpengaruh terhadap tampilan website. Sebab, CSS berperan dalam mendesain halaman depan website atau tampilan website.

Maka dari itu, jika Anda ingin melakukan pengembangan website Anda harus menguasai CSS. Lalu bagaimana belajar CSS dengan cepat? Berikut ini tips belajar CSS yang mudah.

Tips Belajar CSS

Inilah 5 Tips Belajar CSS yang Mudah!

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam tips cara belajar CSS di antaranya ialah sebagai berikut ini.

1.    Pilih Code Editor yang Tepat

Cara pertama yang bisa Anda lakukan dalam belajar CSS pastinya Anda juga harus pintar-pintar memilih code editor yang tepat.

Code editor adalah tempat di mana Anda memulai untuk menulis kode CSSnya. Code editor sendiri memiliki ragam jenis yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan atau keinginan Anda sendiri.

✅TRENDING :  Fungsi dan Manfaat CSS yang Perlu Anda Ketahui

Di antara code editor tersebut ialah Notepad ++, Kite, Atom, hingga Visual Studio Code. Semua jenis code editor tersebut memiliki sistem operasi dan fitur yang berbeda-beda.

Misalnya code editor Notepad ++ yang memiliki sistem operasi windows dan dibekali dengan fitur syntax highlighting agar lebih mudah dibaca, autocomplete dan lain-lain.

atau Visual Studio Code yang memiliki sistem operasi berupa Windows, macOS, dan Linux serta memiliki ragam fitur yang di antaranya kemudahan menggunakan Git dan software configuration management lain, debugging dan lain-lain.

Anda bisa memilih code editor yang sesuai dengan kebutuhan dan kemauan Anda. ingat, Anda pun harus memperhatikan sistem operasi yang bisa Anda jalankan jangan salah memilih ya. sebab jika salah belajar CSS bisa menjadi terhambat.

2.    Pelajari Ilmu Dasarnya

Setelah memilih code editor yang sesuai dengan Anda, selanjutnya Anda harus mempelajari ilmu dasarnya terlebih dahulu sebelum memulai untuk menulis kode CSS yakni Anda harus mempelajari ilmu sintaksnya terlebih dahulu.

Sintaks CSS sendiri terdiri dari beberapa bagian yang mendasar yakni meliputi aturan, selector, deklarasi, properti, hingga nilai.

Selector adalah petunjuk kode HTML mana yang akan atau ingin diubah oleh perintah CSS Anda. lalu deklarasi adalah sebutan untuk property dan value yang telah berpasangan.

Di mana property bagian CSS ini adalah komponen desain yang dapat diubah oleh Anda misalnya ukuran font, warna font, font dan sejenis lainnya.

Sedangkan value atau nilai ini adalah pasangan properti yang menunjukan hasil akhir desain properti yang mencakup tadi yakni semisalnya property font, value Times New Roman, atau property color, value blue dan sejenis lainnya.

3.    Rutin Melakukan Latihan Praktik

Setelah Anda berhasil memahami ilmu-ilmu dasarnya, Anda bisa melakukan latihan secara rutin. Anda tidak hanya cukup memahami teori dasarnya, dalam belajar CSS yang tepat Anda harus melakukan latihan praktik serutin mungkin untuk mengasah skill atau kemampuan Anda.

✅TRENDING :  7 Persiapan Pemrograman Web (PHP) di Linux untuk Pemula

Dengan melakukan latihan praktik secara langsung Anda bisa lebih cepat memahami hal-hal yang perlu dikuasai dalam menulis CSS.

Oleh karena itu, Anda harus melakukan latihan praktik menulis CSS secara rutin ya!

4.    Ikut Bootcamp

Belajar otodidak memang lebih menghemat, akan tetapi saat mengalami kesulitan dalam memahami teori Anda bisa bertanya kepada siapa?

Maka dari itu, agar wawasan Anda bisa lebih luas dengan cepat, Anda bisa melakukan pelatihan BootCamp atau acara sejenisnya.

Dengan begitu Anda tak hanya bisa belajar dengan lebih cepat Anda pun bisa memiliki banyak relasi pertemanan dan tentunya belajar CSS menjadi lebih menyenangkan!

Biasanya dengan mengikuti acara-acara seperti ini Anda bisa mendapatkan sertifikat setidaknya berguna untuk mendapatkan pekerjaan di bidang terkait, CSS.

5.    Belajar Perbaiki Kode Orang Lain

Jika Anda benar-benar merasa telah mahir dengan kemampuan CSS tersebut Anda bisa langsung melakukan tantangan ke diri Anda sendiri yakni melalui belajar perbaiki kode orang lain.

Anda bisa mencari kode yang tersebar di internet atau komunitas coding, lalu setelahnya Anda bisa memperhatikan apakah kode tersebut pas atau tidak menurut Anda.

Silakan perbaiki kode tersebut dengan semaksimal mungkin dan Anda bisa mengupload kembali kode tersebut untuk mendapatkan saran tambahan atau masukan.

Dengan cara ini, Anda bisa belajar CSS dengan semakin sempurna dan kemampuan Anda bisa menjadi lebih mahir dan andal!

Nah, itulah kelima tips belajar CSS yang bisa Anda lakukan. Dengan mengikuti tips demi tips di atas, Anda bisa mengasah kemampuan melakukan coding CSS dengan lebih sempurna!

Haruskah Belajar CSS?

Sebetulnya, harus nggak sih belajar  CSS itu? bagi Anda yang menyenangi dunia pengelolaan website atau program, belajar CSS bisa jadi sarana yang tepat untuk Anda.

✅TRENDING :  Wajib Tahu, Pengenalan Dasar CSS untuk Pemula

Digunakan dalam Mendesain Halaman Website

Di mana jika Anda belajar CSS, Anda bisa menggunakan CSS tersebut dalam mendesain halaman website. CSS menjadi pasangan dari HTM dalam membangun halaman web yang bertugas dalam mendesain situs.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang senang menciptakan halaman website, Anda bisa belajar CSS untuk membuat situs website menjadi tampil menarik.

Memiliki Peran Penting dalam Pengembangan Website

CSS memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan website, seperti yang disebutkan tadi CSS ini bertugas dalam mendesain halaman website, CSS pun dapat mempercepat proses desain.

Anda cukup sekali ketik fungsi CSS untuk digunakan pada berbagai halaman website tanpa harus menyalin baris kode fungsi berkali-kali.

Tak hanya itu, dengan menggunakan CSS pun pemeliharaan halaman website menjadi lebih mudah sebab  hanya sekali mengubah fungsi stylenya seluruh tampilan dengan menggunakan fungsi tersebut secara otomatis akan berubah.

Dan yang paling utama ialah CSS menjadi salah satu stAndar pengembangan website. Sebab, hampir seluruh website pada internet menggunakan CSS. Maka dari itu, jika Anda ingin melakukan pengembangan website bestAndar browser populer Anda bisa menggunakan CSS.

Tentunya masih banyak lagi alasan lainnya yang mengharuskan Anda untuk belajar CSS. Dengan tips belajar CSS di atas, maka Anda bisa memanfaatkannya untuk menguasai CSS dengan begitu Anda bisa membangun dan mengembangkan website yang baik!