Menurut Ipsos, Grab Jadi Super App Terbaik Di Asia Tenggara

Asia Tenggara telah menjadi kawasan yang mengembangkan Super Apps dengan cepat seperti Grab dan GoTo dalam beberapa tahun terakhir.

Ini sebagian karena epidemi, yang mendorong konsumen untuk menjadi lebih digital daripada sebelumnya.

Menurut Laporan Ipsos SEA Ahead Wave 5 yang dirilis pada Januari 2023, 51 persen orang Asia Tenggara mengatakan bahwa mereka sekarang lebih sering berbelanja online dan 1 dari 2 mengatakan mereka membayar lebih sering menggunakan dompet digital atau opsi nontunai lainnya.

Selain itu, studi terbaru oleh Ipsos juga menunjukkan bahwa 82 persen pengguna aplikasi digital di Asia Tenggara mengirim pesan makanan dan 43 persen menggunakan layanan ride-hailing.

Dalam survei terbaru dan pertama di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam, Ipsos Indonesia melakukan survei untuk menemukan Super App terbaik di masing-masing negara tersebut dengan 3.500 responden.

Soeprapto Tan, Managing Director Ipsos di Indonesia, mengatakan karena ketidakpastian tentang bagaimana Super App didefinisikan, Ipsos pertama kali membuat kriteria untuk menentukan apa itu Super App.

“Hal ini memungkinkan kami untuk membuat daftar kandidat Super App di masing-masing negara, yang kemudian kami bandingkan rating pengguna berdasarkan 4 indikator utama Super App yaitu user experience, engagement, awareness, dan usability,” kata Soeprapto Tan, Kamis (7/4). ). ). ). /2023).

Aplikasi super sering didefinisikan sebagai aplikasi yang menawarkan banyak layanan untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda.

Dalam survei ini, Ipsos mendefinisikan Super App sebagai aplikasi yang menawarkan lebih dari tiga layanan digital, seperti transportasi (ride-hailing), e-commerce, pembayaran, pengiriman makanan, belanja ritel, dan lainnya.

Aplikasi berbasis media sosial tidak diikutsertakan dalam survei ini. Berdasarkan kriteria ini, Ipsos masuk dalam daftar Aplikasi Super berikut untuk setiap negara:

Indonesia: Shopee, Tokopedia, Lazada, JD ID, BliBli, Bukalapak, Grab, Gojek dan Traveloka.
Malaysia: Shopee, Lazada, Grab, Touch n Go eWallet dan AirAsia.
Singapura: Shopee, Lazada, Grab dan Zig.
Filipina: Shopee, Lazada, Grab, dan Gcash.
Thailand: Shopee, Lazada, Grab, AirAsia lan Lineman.
Vietnam: Shopee, Lazada, Grab, Gojek lan Be.

Berdasarkan hasil survei pengguna, Super App terdaftar berdasarkan indeks yang menggabungkan empat indikator utama, pengalaman pengguna, keterlibatan, kesadaran, dan kegunaan.

Grab dikenal sebagai Super App terbaik di enam negara Asia Tenggara yang disurvei, dengan total skor rata-rata indeks 63. Grab mendapat skor tertinggi di Singapura dan Vietnam, disusul Malaysia, Filipina, Indonesia, dan Thailand.

Shopee berada di peringkat kedua, dengan total skor indeks rata-rata 52. Setelah Shoppe adalah Lazada (42), Gojek (22), Tokopedia (14), Traveloka (12), AirAsia (10), BliBli, BukaLapak, dan JDID (10). masing-masing), GCash (8), Touch n Go eWallet (7), Lineman (6), Be (5) dan Zig (3).

Secara lebih rinci, hasil survei yang diperoleh untuk masing-masing indikator kunci adalah:

1. Pengalaman pengguna

Indikator pengalaman pengguna melihat pengalaman pengguna dan kegunaan aplikasi dan skor total ditentukan melalui kombinasi atribut termasuk kemudahan menemukan, keandalan, aksesibilitas, dan keamanan.

Dalam penilaian ini, Grab mengungguli Super Apps lainnya. Di tempat kedua ditempati oleh Shopee, disusul Lazada dan Gojek.

2. Keterlibatan

Indikator interaksi menunjukkan Aplikasi Super yang paling sering digunakan dan skor berdasarkan skor BUMO (Merek Paling Banyak Digunakan), serta kepuasan pengguna dan kualitas layanan.

Dalam indikator ini, Shopee menempati posisi pertama, lalu Grab, lalu Lazada.

3. Kesadaran

Indikator ini menentukan Super Apps mana yang lebih populer atau dikenal oleh pengguna aplikasi digital. Indikator ini diukur berdasarkan dua atribut yaitu top memory dan holistic awareness, atau Super App yang paling sering digunakan oleh pengguna.

Grab adalah Super App paling populer, diikuti oleh Shopee di tempat kedua dan Lazada di tempat ketiga.

4. Migunani

Untuk indikator ini, Ipsos mengukur tiga atribut; frekuensi penggunaan dalam sebulan, jumlah layanan digital yang digunakan pada bulan tersebut dan penilaian atau evaluasi nominal transaksi pengguna di Super App.

Shopee memimpin klasemen pada indikator ini, kemudian Grab dan kemudian Lazada di tempat ketiga.

“Berdasarkan total skor rata-rata pada setiap indikator, Grab mendapatkan skor total yang lebih tinggi sehingga Grab menempati urutan pertama sebagai Super App terbaik di Asia Tenggara yang dipilih oleh pengguna,” kata Soeprapto Tan.