Advertisements
Advertisements

Aplikasi Untuk Membuat Video Hafalan Yang Banyak Di Download

Advertisements

Setelah meningkatnya kasus covid, pemerintah menganjurkan sekolah melakukan kegiatan secara online. Pembelajaran online dilakukan melalui Zoom, Google Meet dan aplikasi penunjang lainnya. Tugas pun diberikan secara online baik tulisan maupun video presentasi. Aplikasi untuk membuat video hafalan menjadi aplikasi yang sangat berguna untuk tugas presentasi.

Aplikasi ini memiliki tampilan seperti running text yang berisi tentang materi yang ingin dipresentasikan. Fungsi dari aplikasi ini agar pandangan tetap berfokus ke layar. Serta memberi kesan materi sudah dihafalkan. Di bawah ini adalah beberapa contoh aplikasi tersebut.

1. Parrot Teleprompter

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dikembangkan oleh ParrotTeleprompter. Aplikasi yang mengklaim dapat membuat smartphone menjadi seperti teleprompter profesional ini dirilis pada 21 Mei 2015. Bahkan sudah digunakan oleh seratus ribu pengguna dan memiliki record yang cukup bagus dengan rating 3,8 dari 5 bintang.

Keunggulan yang dimiliki adalah script gulir dalam lanskap dan bermode cermin, serta kontrol kecepatan yang bisa diatur serta mengubah ukuran teks. Bahkan bisa pula melakukan penyesuaian foreground dan background warna untuk memudahkan teks agar terbaca, jumlah script yang tidak terbatas dan pengaturan naskah loop.

2. BIGVU

Aplikasi untuk membuat video hafalan selanjutnya adalah BIGVU. Dikembangkan oleh BIGVU – Vlogging, Auto Subtitles, Green Screen, aplikasi ini mulai diperkenalkan untuk umum pada tanggal 22 Maret 2016. Bahkan terbilang cukup populer karena sudah di download sebanyak satu juta kali. Apalagi mengingat ukurannya cukup besar daripada aplikasi yang direkomendasikan lainnya,  yaitu sebesar 22.56 MB.

Keuntungan aplikasi ini adalah bisa menambahkan subtitle otomatis ke video, mengubah green screen dengan latar yang diinginkan dan mengedit teks. Aplikasi ini memerlukan koneksi dan harus login menggunakan salah satu akun media sosial atau email. Khusus untuk fitur premium dapat diakses dengan berlangganan.

3. PromptSmart

Dikembangkan oleh Belleau Technologies LLC dan dirilis pada 12 Februari 2018, aplikasi ini memiliki rating sebanyak 4,0 dari 5 bintang dan sudah digunakan oleh lima puluh ribu pengguna. Dapat digunakan dengan baik di android versi kitkat, aplikasi sangat disarankan karena memiliki fitur unik.

Berbeda dengan aplikasi serupa lainnya, PromptSmart memiliki fitur unik yaitu Voice Track. Fitur ini berfungsi untuk menyesuaikan script dengan pelafalan pengguna. Voice Track ini bahkan bisa digunakan untuk versi gratis dan berbayar. Fitur lainnya pada versi berbayar adalah kapitalisme teks otomatis, mode cermin, penyesuaian warna dan latar belakang teteks.

4. Selvi

Aplikasi ini dirilis pada 22 Oktober 2016 oleh Yaroslav Kulinich. Selvi adalah aplikasi yang worth it untuk di unduh. Apalagi dengan jumlah pengguna lebih dari satu juta, serta memiliki ukuran yang terbilang mungil. Peribahasa kecil-kecil cabe rawit sangat cocok disematkan pada aplikasi ini.

Fitur yang diperoleh antara lain membuat atau mengimpor teks dari perangkat, memiliki widget unik untuk memudahkan mengganti posisi teks. Tidak hanya itu, aplikasi ini mudah mengatur kecepatan dan ukuran teks dengan bantuan sentuhan layar. Serta dapat mengubah resolusi video dan membagikan video ke sosial media lainnya.

5. Elegant Teleprompter

Aplikasi besutan Ayman Elakwah ini baru dirilis pada 6 Maret 2019. Walaupun tergolong aplikasi baru ketimbang aplikasi lain, namun sudah dapat bersaing dengan para pendahulunya. Buktinya, Elegant Teleprompter sudah didownload sebanyak satu juta kali dan memiliki rating sebanyak 4.6 bintang.

Fitur yang dimiliki pun tidak main-main, yaitu mampu digunakan dengan floating windows atau dapat digunakan bersamaan dengan aplikasi lain. Bisa juga digunakan saat live streaming dan memiliki fitur lainnya berupa mirror text, support remote bluetooth, dan menyeting sesuai kebutuhan.

Aplikasi untuk membuat video hafalan memang sudah menjamur pada beberapa tahun terakhir. Makin banyaknya tugas video hafalan membuat aplikasi ini makin banyak diminati. Semua aplikasi di atas sangat cocok untuk presentasi dan membuat tugas. Selvi adalah salah satu aplikasi yang sangat disarankan, mulai dari ukurannya yang mungil dan fiturnya yang lengkap.