Pengertian Aplikasi Video Scribe dan Pentingnya Untuk Dunia Pembelajaran

Aplikasi Video Scribe Sparkol merupakan salah satu aplikasi yang familiar untuk salah satu metode pembelajaran yang efektif. Masyarakat mungkin belum cukup familiar dengan aplikasi ini, karena biasanya Videoscribe digunakan oleh pihak pengajar.

Namun, bukan berarti aplikasi ini tidak perlu diketahui tentang pengertian serta berbagai fungsi dan fitur-fiturnya. Mengenai kelebihan dan kekurangan Videoscribe juga patut disimak karena aplikasi ini memiliki peran penting sendiri dalam proses belajar mengajar.

Informasi Umum Aplikasi Videoscribe Sparkol

Videoscribe Sparkol merupakan sebuah software atau aplikasi memiliki fungsi utama untuk membuat desain animasi dengan background berwarna putih. Aplikasi ini telah diuji coba oleh pengunduh sebanyak 100.000 orang. Pengguna dapat mengunduh aplikasi ini di perangkat HP maupun laptop.

Aplikasi satu ini dipercaya sebagai salah satu sarana untuk membantu melancarkan proses belajar mengajar secara mandiri di rumah. Untuk tampilan, Video Scribe ini seperti layaknya whiteboard atau papan tulis putih yang biasa terdapat di sekolah.

Oleh karena itu, aplikasi Video Scribe dapat digunakan untuk menulis teks atau menggambar suatu animasi yang sama halnya seperti menulis di whiteboard. Beberapa orang yang menggunakan aplikasi ini, terutama pihak pengajar merasa terbantu dengan adanya sarana aplikasi tersebut.

Cara Menggunakan Aplikasi Videoscribe Sparkol

Masyarakat yang ingin menggunakan metode pembelajaran dengan Video Scribe Sparkol, tentu membutuhkan informasi bagaimana cara menggunakannya. Perlu diketahui bahwa aplikasi ini sangat efisien dan lebih efektif jika diunduh dalam perangkat laptop/PC.

Hal tersebut bertujuan agar pengguna mudah untuk mengoperasikannya. Berikut ini panduan tahapan cara untuk menggunakan aplikasi Videoscribe Sparkol untuk membantu aktivitas sehari-hari, yaitu:

  • Download Video Scribe Sparkol pada link https://www.videoscribe.co/en/ dan install pada perangkat.
  • Lakukan Create Account terlebih dahulu agar tercipta akun khusus.
  • Pastikan menggunakan e-mail aktif dan dapat melakukan proses verifikasi.
  • Kenali fitur-fitur aplikasi, seperti add audio, variasi gambar, animasi berbentuk .MP4 dan lain-lain.
  • Klik ikon “+” untuk memulai projek animasi yang ingin dibuat.

Kelebihan Aplikasi Videoscribe Sparkol

Jika sudah menyimak informasi tentang aplikasi Video Scribe beserta cara untuk menggunakannya. Maka, selanjutnya dapat mengetahui kelebihan dan kelemahan dari aplikasi tersebut. Berikut ini kelebihan Videoscribe yang patut diketahui:

1. Kemudahan Membuat Materi Belajar

Kelebihan aplikasi yang satu ini adalah kemudahan para pengajar untuk membuat materi belajar yang dapat menarik perhatian siswa. Video Scribe memiliki fitur yang multifungsi untuk menciptakan materi pembelajaran yang unik namun efektif. Proses belajar mengajar menjadi tidak membosankan.

2. Meningkatkan Prestasi Siswa

Survei yang dilakukan oleh beberapa pihak menyatakan bahwa Videoscribe Sparkol 88% meningkatkan prestasi siswa di sekolah. Hal tersebut karena metode pembelajaran menggunakan aplikasi ini lebih menarik minat siswa untuk lebih semangat menyimak materi sekolah.

3. Kondisi Belajar Mengajar Menjadi Kreatif

Kelebihan menggunakan aplikasi Video Scribe untuk proses belajar adalah munculnya berbagai ide dan cara kreatif untuk menyampaikan sebuah materi. Baik itu materi sekolah, kuliah maupun presentasi untuk pegawai kantoran. Fitur unik yang ada pada aplikasi tersebut sangat membantu proses kreatif tercipta.

Kelemahan Aplikasi Videoscribe Sparkol

Walaupun memiliki banyak kelebihan, Videoscribe juga tidak luput dari kekurangan dalam berbagai aspek. Untuk sisi kekurangan atau kelemahan aplikasi VideoScribe, dapat disimak dengan penjelasan berikut ini:

1. Merupakan Aplikasi Berbayar

Lalu, kelemahan dari aplikasi ini adalah pengguna harus membayar biaya langganan sebesar Rp 360.000 per 3 bulan. Hal ini tentu terbebani dalam beberapa aspek, namun apabila dilihat dari fungsi dan fitur-fitur animasi yang unik dan efektif, wajar jika harus membayar biaya langganan.

2. Rentan Adanya Salah Pengertian Materi

Untuk beberapa kasus, menggunakan Video Scribe sebagai alat pembelajaran dapat terjadinya misunderstanding atau salah pengertian materi. Hal tersebut dikarenakan faktor animasi yang terkadang tidak begitu jelas maksud yang tersampaikan. Namun, seharusnya hal tersebut dapat diselesaikan dengan mudah.

Kesimpulannya, aplikasi Video Scribe merupakan aplikasi animasi membuat video yang banyak digunakan untuk proses belajar mengajar. Aplikasi ini juga dikenal sebagai Whiteboard Animation for Treating Hand Draw. Video Scribe menjadi sarana efisien untuk proses belajar.

========================