Cari Tahu Yuk, Berapa Biaya Asuransi Pendidikan Untuk 3 Perusahaan Asuransi Berikut Ini!

Biaya Asuransi Pendidikan

Apakah Anda kini masih menimbang-nimbang, manakah asuransi pendidikan yang tepat untuk anak Anda? jika demikian adanya, mengapa Anda tidak mencoba untuk mencari tahu mengenai biaya asuransi pendidikan dari beberapa perusahaan ternama? Setidaknya hal ini akan menjadi acuan bagi Anda, dalam memilih asuransi pendidikan yang sesuai dengan budget Anda.

Karena selain mempertimbangkan mengenai sejumlah manfaat yang bisa Anda dan anak Anda peroleh nantinya. Mempertimbangkan biaya asuransi/premi ini juga tak kalah pentingnya lho.. Setidaknya agar premi yang Anda bayarkan nantinya, tidak memberatkan Anda, sebagai peserta asuransi.

Biaya Asuransi Pendidikan dari Beberapa Perusahaan Asuransi Terbaik

Sebagai referensi bagi Anda dalam menentukan asuransi yang tepat bagi anak Anda, berikut ini adalah beberapa rincian mengenai biaya asuransi (premi) pendidikan dari beberapa perusahaan asuransi ternama di Indonesia. Diantaranya :

1.Asuransi Pendidikan BRI   

Biaya Asuransi Pendidikan

BRI Life melalui produk BRI LIfe Danasiswa, atau yang juga dikenal dengan Bringin Danasiswa, menyediakan layanan asuransi, yang tak hanya menawarkan layanan asuransi jiwa dan juga asuransi kesehatan saja. Namun juga memberikan layanan asuransi pendidikan.

Uniknya, jika beberapa perusahaan asuransi yang lainnya menawarkan asuransi pendidikan dengan metode unit-link, dalam arti dana pendidikan tersebut akan dialokasikan pada instrumen investasi, maka BRI Life menawarkan dengan metode yang berbeda.

Metode tersebut dikenal dengan metode endowment (dwiguna). Dalam arti, dana asuransi pendidikan ini akan disimpan dalam bentuk tabungan. Meskipun bunga yang akan diperoleh relatif kecil, namun resiko yang mungkin dialami melalui metode ini terbilang kecil, sehingga aman untuk dipilih.

Bukan hanya itu saja, asuransi pendidikan dari BRI ini juga memberikan 3 perlindungan sekaligus. Diantaranya :

  • Memberikan Tahapan Dana Pendidikan (TDP), yang sesuai dengan jenjang pendidikan anak
  • Memberikan perlindungan asuransi terhadap anak dan juga orang tua, serta
  • Memberikan tambahan manfaat lainnya, seperti tabungan, santunan kematian akibat sakit, kecelakaan, dan yang lainnya
✅TRENDING :  Rekomendasi Pinjaman Online Tenor 6 Bulan Aman Terpercaya

Adapun besaran premi/biaya asuransi untuk BRI Life Danasiswa/Bringin Danasiswa ini dimulai dari sekitar 5% hingga 100%, atau sekitar dari 350 ribu hingga 750 ribu rupiah per bulan. Jika dikalikan 12 bukan, yaitu sekitar 4,2 juta rupiah hingga 9 juta rupiah.

Sementara kontrak asuransi pendidikan untuk tipe reguler ini minimal dalam jangka waktu 5 tahun, dengan beberapa manfaat seperti,

  • Saat anak usia 4 tahun, dibayarkan sekitar 5% dari Rencana Dana Pendidikan (RDP)
  • Saat berusia 5 tahun, dibayarkan sekitar 10% dari RDP
  • 6 tahun, sekitar 15% dari RDP
  • 12 tahun, 20% dari RDP
  • 15 tahun sekitar 25% dari RDP
  • Sementara sisanya akan dibayarkan secara bertahap hingga anak berumur 22 tahun

2. Asuransi Pendidikan BNI

Asuransi Pendidikan BNI

Asuransi pendidikan lainnya yang bisa menjadi pilihan bagi Anda yaitu asuransi pendidikan BNI melalui BNI Life. Ada beberapa produk dan paket asuransi pendidikan yang ditawarkan oleh BNI Life ini. Diantaranya :

  • BNI Wadiah Life Gold Cendekia. Merupakan salah satu produk BNI Life Syariah, yang menawarkan asuransi jiwa dengan tambahan manfaat berupa asuransi kesehatan dan juga asuransi pendidikan. Khusus untuk layanan asuransi pendidikan ini, BNI Wadiah Life Gold Cendekia memberikan manfaat khusus berupa Dana Tahapan Pendidikan
  • BNI Life Dana Mantap. Jenis asuransi yang satu ini memberikan layanan berupa asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan melalui metode unit-link, asuransi pensiun hingga asuransi syariah
  • BNI Life Smart Education, yaitu layanan asuransi jiwa individu, yang juga memberikan manfaat berupa program perencanaan keuangan, yang menyediakan dana pendidikan anak. Dimulai dari TK hingga perguruan tinggi, pemberian uang saku selama kuliah, serta perlindungan asuransi

Adapun untuk premi/biaya asuransi yang harus Anda bayarkan dalam setiap bulannya yaitu minimal 200 ribu hingga 500 ribu per bulan. Selain bisa dibayarkan dalam setiap bulan, Anda juga bisa membayar dalam setiap triwulan (3 bulan), semester (6 bulan), maupun dalam setiap tahun.

✅TRENDING :  Cara Memberi Waktu pada Google Form dengan Mudah

3. Asuransi Pendidikan dari Mandiri

Selain yang telah dijelaskan diatas, asuransi pendidikan Mandiri juga bisa menjadi pilihan Anda. Dimana dengan asuransi pendidikan yang dikenal dengan asuransi pendidikan Axa Mandiri ini, Anda bisa memilih salah satu dari beberapa produk asuransi terbaik berikut ini. Diantaranya :

Asuransi Pendidikan Mandiri

a.Axa Mandiri Tabungan Rencana

Bukan hanya ditujukan untuk memberikan perlindungan terhadap pendidikan anak saja, jenis asuransi Tabungan Rencana ini juga memberikan jaminan untuk mewujudkan impian Anda. Seperti melangsungkan pernikahan anggota keluarga, umroh, berlibur, hingga mempersiapkan dana pensiun.

Manfaat tambahan lainnya yaitu memberikan santunan kematian, hingga memberikan santunan terhadap resiko cacat ataupun kejadian tak terduga lainnya. Masa pertanggungan untuk asuransi yang satu ini yaitu sekitar 1 tahun, dan bisa diperpanjang hingga maksimal 20 tahun. Adapun biaya asuransi pendidikan untuk jenis asuransi yang satu ini dimulai dari 100 ribu rupiah per bulan.

b. Asuransi Mandiri Elite Plan dan Mandiri Elite Plan Syariah

Biaya asuransi untuk 2 jenis asuransi pendidikan ini yaitu sekitar 2,1 juta rupiah per bulan, atau sekitar 25 juta per tahun. Meskipun terbilang mahal, namun asuransi ini bisa memberikan manfaat tambahan seperti,

  • Dana pendidikan anak hingga lulus kuliah
  • Bisa dijadikan investasi untuk masa depan
  • Setiap peserta asuransi akan mendapatkan loyalty bonus
  • perlindungan jiwa hingga usia 100 tahun, dan yang lainnya

c. Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera

Dengan memilih asuransi Axa Mandiri dengan jenis ini, Anda bukan hanya memberikan perlindungan bagi pendidikan anak Anda saja, melainkan juga memberikan perlindungan bagi diri Anda sendiri. Karena selain memberikan jaminan pendidikan anak hingga usia 18 tahun, asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera ini juga memberikan perlindungan bagi tertanggung hingga berusia 65 tahun.

✅TRENDING :  Memahami Perhitungan Bunga Deposito BCA Dan Keuntungannya

Adapun besaran premi/biaya asuransi untuk jenis ini yaitu dimulai dari 1,5 juta rupiah per bulan, atau sekitar 18 juta rupiah per tahun. Beberapa manfaat tambahan dari asuransi ini yaitu perlindungan terhadap resiko cacat permanen, hingga pembebasan premi bagi tertanggung yang menderita cacat permanen atau yang memiliki penyakit kritis.

d. Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera

Selain Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera konvensional, Anda juga bisa memilih asuransi pendidikan melalui Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera Syariah. Asuransi ini menawarkan asuransi pendidikan sekaligus wakaf.

Dengan biaya asuransi yang cukup murah, yaitu sekitar 300 ribu per bulan, atau sekitar 3,6 juta rupiah per tahun, Anda bisa memberikan perlindungan bagi pendidikan anak Anda, sekaligus berwakaf.

Itu dia beberapa informasi mengenai biaya asuransi pendidikan dari beberapa perusahaan asuransi terbaik di Indonesia. Dari penjelasan diatas, kiranya Anda kini telah memiliki gambaran mengenai asuransi pendidikan mana, kiranya yang tepat untuk anak Anda.

Karena bukan hanya bisa memberikan jaminan terhadap masa depan anak Anda saja, memilih asuransi pendidikan juga, secara tidak langsung akan memberikan jaminan bagi Anda, sebagai orang tua. Khususnya dalam menyekolahkan anak-anak Anda hingga lulus kuliah.