Advertisements
Advertisements

Cara Kerja Dedicated Hosting Server dan Keuntungannya!

Advertisements

Hosting merupakan komponen yang sangat penting dalam membangun sebuah website. Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, hosting terdiri dari berbagai jenis server salah satunya dedicated server. Cara kerja dedicated hosting server sendiri dikenal sebagai server yang menawarkan berbagai manfaat dan keuntungannya.

Oleh sebab itu, Anda perlu tahu cara kerja dan keuntungannya sebelum menggunakan yang akan dijelaskan di bawah ini.

Sekilas Tentang Dedicated Hosting Server

Dedicated server merupakan jenis server yang didedikasikan untuk akun hosting, para developer yang memiliki trafik tinggi dan memiliki database yang penting dan memerlukan keamanan yang tinggi.

Dedicated server merupakan layanan server yang memberikan satu server utuh tanpa adanya pembagian atau penggunaan secara bersama dengan pengguna lain.

Singkatnya, dedicated server adalah layanan server yang bersifat eksklusif dikhususkan untuk satu pengguna. dengan demikian, pengguna dapat mengoptimalkan resources secara keseluruhan yang ada untuk kebutuhan bisnis dan websitenya.

Anda memiliki hak penuh atas pengelolaan server tersebut termasuk dalam memilih dan instalasi sistem operasi, jenis hardware, serta install software aplikasi yang digunakan untuk aktivitas server itu sendiri. sayangnya, sebagai pemilik dedicated server Anda harus memiliki pengetahuan, kemampuan dan keterampilan dalam teknis terkait mengatur dan memelihara servernya.

Cara Kerja Dedicated Hosting Server 

Dedicated server bekerja mulai dari saat Anda selesai melakukan pembayaran. Di mana Anda mendapatkan sebuah server untuk digunakan dalam membangun, mengoptimalkan dan menyesuaikan kebutuhan sesuai dengan apa yang website Anda perlukan, baik untuk menambah aplikasi, sistem operasi mengembangkan program baru dan lain sebagainya.

Di mana untuk menggunakan jenis hosting ini, User harus memiliki pengetahuan dan skill terkait server, memiliki akses root server dan mendapatkan wewenang penuh untuk mengatur servernya.

Dedicated hosting server bisa Anda gunakan untuk membangun LMS—Learning Management System, mengembangkan sistem operasi atau bahkan membuat bisnis hosting sendiri dengan menginstal cPanel.  Untuk memulai servernya, ada langkah yang harus Anda lakukan di antaranya sebagai berikut ini:

  • Pertama tentukan OS yang digunakan oleh server baik itu Windows, Linux dan jenis OS lainnya.
  • Selanjutnya tingkatkan keamanan server dengan memasang firewall, melakukan pembaruan OS ke versi terbaru serta menginstal dan konfigurasi web server setelah Anda mendapat informasi login ke server.
  • Kemudian arahkan domain ke alamat IP VPS jangan lupa untuk memasang sertifikat SSL untuk mengamankan transfer data di website

Jenis hosting ini cocok digunakan untuk perusahaan besar yang memang membutuhkan resource yang besar dan website bertrafik tinggi dan tentunya keamanan yang diutamakan.

Menariknya menggunakan Dedicated Server

Ada banyak sekali keuntungan yang dapat Anda raih dari berlangganan dengan dedicated server untuk mengelola website Anda, yakni antaranya ialah:

  • Anda mendapatkan kenali penuh atas data yang disimpan di server tersebut.
  • Memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dibandingkan dengan berlangganan jenis hosting lainnya, sebab;
  • Kapasitas atau memori penyimpanan dedicated server tidak terbagi-bagi dengan pengguna lainnya.
  • Server yang cukup fleksibel, sebab selain untuk membuat website, Anda bisa memanfaatkannya sebagai tempat penyimpanan data—library.

Setidaknya itulah beberapa keuntungan yang dapat  Anda ambil dari menggunakan dedicated server. Namun, meski menawarkan layanan yang menarik dan fasilitas manfaat lainnya, tidak disarankan untuk digunakan oleh para pemula atau untuk Anda yang menggunakan jenis web blog maupun portofolio pribadi.

Dengan mengetahui cara kerja dedicated server, diharapkan Anda dapat menggunakan dan memanfaatkannya semaksimal mungkin sesuai dengan fungsi host itu sendiri.