Langkah Mudah Cara mengganti Link Google Form!

Cara mengganti Link Google Form
Cara mengganti Link Google Form

Siapa yang tidak mengenal Google Form? Produk cetusan Google ini sudah sangat sering digunakan oleh banyak orang. Seperti mahasiswa yang sedang melakukan penelitian, suatu komunitas jika ingin mendapatkan informasi seputar minat masyarakat dan lain sebagainya. bukan hanya itu, dengan Google Form ini juga, Anda bisa sekaligus mengganti link yang ada pada layanan Google yang satu ini. Tentunya, dengan cara mengganti link Google Form yang akan dibahas kali ini.

Bagaimana Cara Mengganti Link Google Form yang Mudah?

Cara mengganti Link Google Form

Melakukan “sensus” menggunakan Google Form merupakan pilihan yang sangat tepat, terutama di era pandemi saat ini. Orang-orang enggan untuk berkeliling sembari menyebarkan kuesioner. Cukup berbagi dengan smartphone, Anda bisa menjangkau penduduk, bahkan hingga ke tempat yang rasanya sulit untuk dijangkau.

Namun sebagian orang merasa kesulitan dalam mengingat link URL Google Form yang sangat panjang. Akibat dari panjangnya URL ini juga jadi menghambat proses penyebaran formulir. Jika proses berbaginya melalui sosial media seperti whatsapp, telegram mungkin akan sangat mudah.

Anda tinggal memanfaatkan fitur paste. Akan tetapi, bagaimana kalau Anda ingin mencetak link tersebut ke dalam sebuah brosur atau jenis selebaran lainnya? Pasti akan sangat susah, orang-orang yang awalnya ingin memberi partisipasi sudah kepalang malas, karena harus mengetik sederet kombinasi huruf dan angka untuk bisa mendapatkan aksesnya.

Untuk itulah informasi ini ada. Yuk simak saja beberapa cara mengganti link Google Form untuk memudahkan pekerjaan Anda!

 

1.    Menggunakan Fitur Google Form

Cara pertama dalam topik cara mengganti link Google Form, yaitu Anda dapat menggunakan fitur perpendek URL yang tersedia dalam aplikasi Google Form itu sendiri. Fitur perpendek URL ini dapat Anda temukan dengan membuka halaman kosong pada template Google Form, lalu pada kanan atas terdapat opsi Kirim.

✅TRENDING :  10+ Aplikasi Untuk Mengunci WA Terbaik

Ketika Anda klik opsi tersebut, Anda akan menemukan 3 cara dalam berbagi link. Pilih pada opsi kedua setelah email, Anda akan menemukan sederet link url formulir Anda, yang mana sudah dibuat secara otomatis oleh pihak Google Form.

Kemudian pada bagian bawah terdapat box pilihan perpendek URL, Anda hanya perlu klik box tersebut dan URL Anda akan dibentuk menjadi link yang lebih singkat. Akan tetapi link tersebut tetap menggunakan deretan angka dan huruf yang tak beraturan. Jika Anda menginginkan cara yang paling cepat, opsi ini akan sangat sesuai untuk Anda.

 

2.    Menggunakan S.id

Cara kedua dalam topik cara mengganti link Google Form , yaitu S.id. S.id. Merupakan salah satu aplikasi URL shortener (alat untuk memendekan link url). Aplikasi ini merupakan produksi lokal, alias buatan anak bangsa. Tertarik untuk mencoba? Silakan simak langkahnya :

  1. Ketik id pada kolom mesin pencarian Anda, lalu buat akun baru
  2. Lakukan login pada dasbord S.id, setelahnya masukkan link Google Form Anda yang telah selesai dibuat, pada kotak isian yang tersedia
  3. Kelebihan menggunakan aplikasi URL shortener seperti ini, selain bisa memangkas link URL, Anda bisa mengganti nama link URL menjadi nama yang lebih mudah untuk diingat. Ya, alih-alih menggunakan kombinasi deretan angka dan huruf secara acak, Anda dapat menentukan sendiri nama link Untuk mengganti nama, silahkan klik tautan ganti, kemudian masukkan nama link yang di inginkan.
  4. Jika sudah selesai, klik tautan simpan atau Anda bisa centang tombol yang berwarna biru

 

3.    Menggunakan GG.gg

Cara ketiga dalam topik cara mengganti link Google Form, masih menggunakan link URL shortener lainnya. GG.gg merupakan aplikasi URL shortener lainnya yang cukup umum untuk di gunakan di banding Bit.ly.

✅TRENDING :  5 VPN Mobile Legends Terbaik 2021 (No Lag)

Karena tampilan dari aplikasi ini sangatlah jauh sederhana. Selain itu aplikasi ini juga disematkan fitur yang sangat membantu. Seperti fitur tracking, yang mana dengan fitur ini, memungkinkan kita untuk melihat jumlah pengunjung. Berbeda dengan S.id, Anda tidak perlu membuat akun jika hanya ingin mengganti link URL saja. Membuat akun dibutuhkan, jika Anda ingin mengakses fitur tracking.

  1. Silakan masuk ke situs gg
  2. Pada halaman awal akan terlihat kolom isian, silahkan salin, dengan mengklik kolom paste pada tautan Google Form Anda
  3. Silakan centang pada opsi “customize link” untuk dapat mengubah nama link URL A Lalu pada kotak isian setelah centang opsi customize link, silakan isi dengan nama pengganti
  4. Klik shorten Kini link URL Anda sudah bisa digunakan dan akan sangat mudah untuk mengingatnya

 

4.    Menggunakan Ungu.in

Aplikasi URL shortener lainnya dalam topik cara mengganti link Google Form, yaitu Ungu.in. Mudah untuk menebak, mengapa aplikasi ini diberi nama ungu. Karena hampir keseluruhan warna yang terdapat dalam halaman website nya adalah warna ungu. Mungkin untuk sebagian orang, aplikasi ini terdengar begitu asing. Aplikasi ini merupakan produk baru buatan dalam negeri. Langsung saja, simak cara menggunakannya.

  1. Silakan masukkan keyword in pada kolom mesin pencarian browser Anda
  2. Lalu masukkan link Google Form yang ingin diperpendek, serta diubah pada kolom isian
  3. Jangan lupa untuk memasukkan nama pengganti pada link URL Anda
  4. klik pada tombol “Yuk”
  5. Selesai! kini link Anda sudah bisa digunakan!

Cara mengganti Link Google Form

5.    Menggunakan Bit.ly

Opsi terakhir dalam topik cara mengganti link Google Form, adalah dengan memanfaatkan fitur pada Bit.ly. Aplikasi ini pasti sudah cukup familiar di telinga banyak orang. Bagaimana tidak? aplikasi ini sudah menjadi pilihan banyak orang, untuk membuat sebuah link menjadi singkat dan memiliki nama yang mudah diingat.

✅TRENDING :  10 Hosting Gratis Terbaik di Indonesia (2021)

Shortener URL ini tentunya gratis dan selain itu, Bit.ly memberikan banyak fitur-fitur keren yang dapat membantu pekerjaan Anda. Seperti fitur melihat data statistik link. Bagaimana, benar-benar lengkap bukan? Tanpa berlama-lama, langsung saja kita simak langkah dalam cara mengganti link Google Form dengan Bit.ly di bawah ini :

  1. Seperti permulaan pada setiap panduan, silakan masukkan ly pada kolom mesin pencarian browser Anda
  2. Ketika sudah berada pada halaman utama Bit.ly, silakan klik tombol “Create Linkpada menu bagian atas dasbord ly
  3. Kemudian masukkan link Google Form Anda yang telah selesai dikerjakan pada kotak isian yang tersedia. Anda juga bisa memasukkan link Google Form Anda melalui Google Drive
  4. Secara otomatis, akan muncul jendela baru. Isilah kotak isian pada jendela tersebut dengan nama link URL yang ingin Anda gunakan. Customize Back-Half merupakan fitur untuk mengganti nama link dengan nama yang Anda inginkan.

Cara untuk menggunakan fitur ini, yaitu Anda hanya perlu menghapus nama link yang ada, kemudian masukkan nama yang akan dijadikan nama pengganti untuk link URL-nya. Anda juga bisa menambahkan tag, jika Anda ingin mengelompokkan link yang sudah Anda buat.

  1. Terakhir klik tombol Save, lalu link Anda sudah bisa digunakan.

Sangat mudah bukan? Silakan praktekkan beberapa cara mengganti link Google Form ini. Agar di kemudian hari, Anda tidak akan kesulitan, jika tiba-tiba harus mengganti link pada Google Form ini. Semoga bermanfaat, ya!