Cara Membuat Google Form Dengan Password Atau Token

Cara Membuat Google Form Dengan Password

Google Form digunakan oleh berbagai kalangan untuk kepentingan mereka yang berbeda beda. Ada yang hanya membutuhkannya untuk mengumpulkan biodata, survey, atau presensi yang tidak memerlukan password atau token. Namun ada juga, beberapa diantaranya yang harus menggunakan password maupun token. Untuk yang terakhir ini, Anda bisa melakukannya dengan cara membuat Google Form dengan password maupun token, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Namun, bagi guru yang menggunakan Google Form sebagai media ujian. Maka akan membutuhkan adanya password atau token. Hal tersebut berkaitan dengan tujuan menjadikan murid atau siswanya lebih disiplin, jujur dalam mengerjakan soal, dan mengurangi kemungkinan contek mencontek yang mungkin bisa terjadi. Lalu, bagaimana cara membuat Google Form dengan password atau token? Yuk, simak penjelasannya, yang dapat Anda coba berikut ini!

 

Cara Membuat Google Form Dengan Password Atau Token

Beberapa langkah yang dapat Anda lakukan mengenai cara membuat Google Form dengan password atau token adalah sebagai berikut :

1.Cara Pertama

Cara membuat Google Form dengan password yang pertama, dilakukan untuk memberikan password dengan satu jenis saja, caranya adalah sebagai berikut :

Cara Membuat Google Form Dengan Password

  1. Pertama, silahkan masuk atau login menggunakan email Anda sendiri. Jika Anda merasa dokumen atau file tersebut bersifat rahasia dan tidak boleh disebarluaskan secara bebas. Maka silahkan tingkatkan pengamanan dokumen tersebut melalui adanya konfirmasi melalui email ataupun sms kepada nomor hp Anda
  2. Jika Anda sudah berhasil login dengan email pribadi Anda. Maka silahkan buka Google Drive, dan klik tanda tambahkan file (+ Baru)
  3. Silahkan Anda buat Google Form yang berisikan biodata dan pertanyaan yang Anda ajukan terlebih dahulu.
  4. Setelah Anda klik tanda tambahkan file (+ Baru), silahkan lihat opsi paling bawah. Pilih lainnya, klik Google formulir, dan pilih formulir kosong
  5. Lalu, akan muncul tampilan formulir tanpa judul. Silahkan Anda ganti tulisan formulir tanpa judul tersebut, dengan ujian atau kuis biologi kelas XI MIPA 1 atau disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  6. Pertanyaan pertama, silahkan Anda ubah, dari judul awal berupa “pertanyaan tanpa judul” diganti dengan “Nama siswa” dan atur kotak jawaban menjadi jawaban teks singkat. Supaya siswa dapat mengisi nama mereka sendiri.
✅TRENDING :  10 VPN Google Chrome Terbaik (Update 2021)

Kemudian pertanyaan selanjutnya dari judul awal berupa “pertanyaan tanpa judul”, diganti dengan kelas siswa. Silahkan Anda beri opsi X MIPA 1 hingga X MIPA 6 dan atur jawaban dengan kolom centang. Supaya siswa dapat mencentang salah satu kelasnya. Kemudian atur tanggal ujian dengan mengatur kolom jawaban dengan tanggal. Atur juga pengaturan tanda wajib diisi. Silahkan klik tab tambahkan pertanyaan dan berikan pertanyaan sesuai kebutuhan Anda.

  1. Anda juga dapat mengatur tema sesuai dengan apa yang Anda inginkan.
  2. Silahkan atur formulir Anda semenarik mungkin. Atur juga dengan gambar berupa lambang sekolah atau tulisan yang menghibur, seperti kata kata semangat dan yang lainnya
  3. Silahkan tentukan judul utama misalnya Ujian Tengah Semester Biologi Kelas XI MIPA 1. Setelah pemberian judul utama, silahkan Anda atur peraturan yang berkaitan dengan ujian tersebut. Seperti rentang waktu pengerjaan, bentuk soal ujian, apakah pilihan ganda, essay, atau yang lainnya, dan petunjuk pengisian biodata.
  4. Setelah poin-poin utama atau peraturan ujian sudah Anda sampaikan. Maka selanjutnya silahkan Anda buat passwordnya.
  5. Cara membuat Google Form dengan password selanjutnya, yaitu dengan klik pilihan duplikasi. Tujuannya, agar laman formulir bertambah. Silahkan isi judul berupa password, kemudian pilih pengaturan jawaban dengan jawaban singkat. Supaya siswa dapat menuliskan password tersebut.
  6. Setelah selesai mengatur password. Silahkan pilih menu tampilan, dan tulis deskripsi. Seperti peringatan untuk login dengan menggunakan email pribadi terlebih dahulu sebelum menjawab soal. Jika ada keamanan tambahan, seperti adanya konfirmasi email, maka silahkan Anda cantumkan.
  7. Selanjutnya, Pilih menu validasi responden
  8. Setelah Anda memilih menu validasi responden, maka akan muncul pilihan pada jawaban singkat. Silahkan pilih berisi dan ketikkan passwordnya. Misalnya ujian biologi
  9. Jangan lupa atur opsi setelah, untuk memberikan peringatan bila terjadi kesalahan. Seperti “password yang Anda masukkan salah, silahkan isi ulang dengan password yang benar”.
  10. Klik tanda setelan, lalu atur semua setelannya. Pada setelan umum, Anda dapat mengaturnya sesuai kebutuhan Anda. Kemudian pada setelan presentasi, klik tampilkan link untuk menyerahkan tanggapan ini atau formulir tersebut. Kemudian silahkan pergi ke setelan kuis dan centang setelan tersebut, supaya Google Form tersebut bisa menjadi sarana kuis atau ujian. Klik simpan dan kirim.
  11. Jika langkah tersebut sudah selesai, maka selanjutnya silahkan coba kembali formulirnya, untuk memastikan apakah formulir tersebut sudah ada password atau tidak.
  12. Jika sudah berhasil, maka formulir tersebut sudah dapat Anda bagikan kepada murid atau siswa Anda.
✅TRENDING :  2+ Cara Mengembalikan Google Form yang Hilang yang Bisa Anda Coba

Cara Membuat Google Form Dengan Password

2. Cara Kedua

Cara membuat Google Form dengan password yang kedua adalah dengan membuat Google Form dengan password atau token yang berbeda beda untuk setiap siswa. Langkahnya sebagian besar sama dengan cara yang pertama, namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah sebagai berikut :

  1. Apabila Anda berkehendak untuk membuat password yang berbeda beda pada masing masing siswa. Maka selain membuat Google Form sebagaimana cara pertama, Anda juga harus membuat database masing masing siswa. Termasuk kode untuk masing masing siswa tersebut.
  2. Untuk membuat database masing masing siswa. Silahkan atur length atau banyak huruf atau panjang password. Misal password tersebut terdiri dari 6 atau beberapa karakter. Atur juga amount yang sesuai dengan jumlah siswa yang akan mengikuti ujian.
  3. Cara membuat Google Form dengan password selanjutnya, yaitu dengan mengatur database siswa kombinasikan nomor induk siswa dengan passwordnya, lalu copy dan paste cell kombinasi nomor induk siswa dengan password. Kemudian gabungkan dengan cell yang berada di bawahnya. Begitu seterusnya hingga sampai ke siswa di nomor terakhir. Jadi pada siswa dengan absen 1, terdiri dari cell nomor induk dan password siswa itu sendiri. Pada siswa dengan absen 2 terdiri dari cell nomor induk dan password siswa absen 1 dan 2, dan begitu seterusnya
  4. Jika sudah Anda kombinasikan nomor induk dan password dari masing masing siswa, dari awal hingga akhir. Silahkan buka soal yang sudah berhasil Anda buat, kemudian masuk ke pengaturan password dengan pengaturan jawaban singkat. Pilih ekspresi regular, kecocokan, dan aktifkan tanda wajib diisi.
  5. Copy cell terakhir dan pastekan kepada menu pola.
  6. Silahkan cek kembali. Jika sudah berhasil, maka link dapat dibagikan kepada siswa.
✅TRENDING :  10 VPN iPhone Terbaik dan Tercepat (2021)

 

Demikian, informasi mengenai cara membuat Google Form dengan password yang dapat Anda coba. Memang sedikit lebih rumit. Meskipun demikian, cara ini bisa menjadi solusi, bilamana Anda diharuskan untuk membuat Google Form yang disertai dengan password. Semoga bermanfaat!