Cara Menggunakan Google Trends Untuk Kepentingan Riset Pasar Secara Online

Melakukan riset untuk mencari tahu peluang pasar merupakan hal penting dalam memulai sebuah bisnis. Riset tersebut kini dapat dengan mudah dilakukan dengan bantuan Google Trends. Cara menggunakan Google Trends juga mudah dan sederhana.

Melalui riset ini, pelaku bisnis dapat menemukan peluang-peluang yang mungkin akan berdampak besar pada usahanya. Apa saja cara yang dapat digunakan jika memulai riset menggunakan Google Trends?.

Apa Yang Dimaksud Dengan Google Trends

Di zaman yang serba digital, mengetahui trend yang berlaku di masyarakat bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus repot mengadakan riset lapangan. Ada sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan riset secara online yaitu Google Trends.

Melalui Google Trends, peluang pasar dapat terlihat hanya dengan melakukan langkah yang sederhana. Berdasarkan hasil riset ini, maka strategi bisnis dapat dijalankan setelah mengetahui gambaran tentang tren yang tengah berlaku di masyarakat.

Cara Menggunakan Google Trends Untuk Melakukan Riset Pasar

Untuk mengetahui tren yang tengah populer di masyarakat, pelaku bisnis dapat menggunakan bantuan Google Trends. Disini terdapat summary dari kata kunci mengenai hal populer yang diketik oleh netizen. Bagaimana cara menggunakan Google Trends untuk melakukan riset pasar?.

1. Buka Laman Google Trends

Untuk menggunakan layanan Google Trends, maka buka laman nya terlebih dahulu di perangkat. Ubah setting lokasi atau negara menjadi Indonesia. Hal ini akan memudahkan pengguna untuk melihat trend yang sedang berlangsung secara spesifik di Indonesia.

2. Ketik Kata Kunci Yang Dibutuhkan Untuk Riset

setelah membuka laman Google Trends, silahkan ketik kata kunci yang ingin dicari. Contohnya jika ingin membuka jenis usaha clothing atau pakaian, silahkan ketik kata kunci pakaian jadi di kolom search engine.

Google Trends akan mengeluarkan aneka informasi dan data seputar kata kunci “pakaian jadi” yang diketik. Berdasarkan informasi ini pengguna dapat memilah jenis pakaian jadi yang sekiranya sedang populer di masyarakat.

3. Optimalisasikan Kata Kunci Berdasarkan Wilayah

Agar tren yang berlaku lebih spesifik, pengguna dapat mencari info tentang trend berdasarkan wilayahnya. Contoh, setelah mengetik kata kunci “pakaian jadi”, diketahui bahwa kota yang memiliki trend paling tinggi di bidang ini adalah Jakarta.

Dengan demikian, pengguna dapat fokus dengan strategi dan promosi mengenai pakaian jadi di wilayah Jakarta. Hal ini tentu lebih efisien dan langsung tepat sasaran karena ditujukan kepada satu wilayah yang sudah pasti spesifik.

4. Lakukan Analisis Grafik

Dalam Google Trends ada fitur analisis grafik yang dapat digunakan untuk melihat tingkat popularitas suatu tren di masyarakat. Cara menggunakan Google Trends berikutnya yaitu dengan melihat grafik. Selain menganalisa sebuah tren secara general, pengguna juga dapat melihat trend secara spesifik.

Dalam hal ini pengguna dapat melihat grafik mengenai analisis tren pakaian jadi. Melalui analisis ini dapat diukur seberapa tinggi tingkat popularitas pakaian jadi di kota tertentu atau bahkan di seluruh Indonesia sehingga sangat berdampak terhadap bisnis yang dijalankan.

5. Lakukan Perbandingan Dengan Kata Kunci Lainnya

Agar mendapatkan gambaran mengenai tren yang berlaku di pasar secara lebih variatif, pengguna dapat mengetik lebih dari satu kata kunci di Google Trends. Hal ini penting agar pengguna mengetahui perbandingan trend pasar.

Mana kata kunci yang memiliki tingkat popularitas lebih tinggi dibanding lainnya. Hal ini tentu akan berpengaruh pada keputusan yang diambil apakah akan tetap menjalankan usaha di bidang tersebut atau justru berubah arah. Pilihlah mana yang sekiranya memiliki prospek lebih tinggi.

Demikianlah ulasan mengenai cara menggunakan Google Trends. Riset online dengan metode yang sangat sederhana ini bisa menjadi masukan dan informasi yang cukup berharga agar langkah bisnis jadi lebih strategis. Setidaknya melalui Google Trends, pengguna bisa melihat gambaran tren yang tengah berlaku di pasar.