Advertisements
Advertisements

Cara Menyembunyikan Informasi WhatsApp Dari Kontak Tertentu

Advertisements

Sejak Juni 2023, WhatsApp resmi meluncurkan fitur yang memungkinkan pengguna menyembunyikan informasi/tentang kolom yang dikenal dengan “Tentang”.

Fitur “Deskripsi” mirip dengan fitur “biografi” di beberapa jejaring sosial. Di bagian Tentang, pengguna dapat mendeskripsikan diri mereka sendiri, apa yang mereka lakukan, pekerjaan mereka, memasukkan kutipan favorit mereka, dan banyak lagi.

Pengguna lain dapat melihat informasi tentang diri mereka sendiri dengan membuka profil kontak. Biasanya, kolom “Tentang” dapat membantu orang lain mempelajari lebih lanjut tentang kontak tersebut.

Pengguna yang baru bergabung dengan WhatsApp biasanya memiliki kolom “Tentang” bertanda “Tersedia”.

Jika diinginkan, pengguna dapat mengubah teks yang tercantum di kolom “Tentang” menggunakan berbagai templat status yang tersedia.

Salah satunya adalah “Sibuk”, status yang menunjukkan bahwa pengguna sedang sibuk dan tidak ingin diganggu.

Pengguna tidak hanya dapat memilih template yang tersedia, tetapi juga menulis sendiri informasi yang ingin ditampilkan di kolom “Tentang” sesuai keinginan.

Secara default, informasi di kolom Tentang terlihat oleh siapa saja yang menyimpan kontak. Jika Anda hanya ingin berbagi informasi di kolom Tentang dengan pengguna tertentu, pengguna dapat memilih untuk menyembunyikan informasi ini agar tidak muncul di profil mereka.

Hal ini untuk membuat informasi di bagian Tentang lebih aman, terutama informasi pribadi yang hanya ingin diketahui oleh orang-orang tertentu. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini cara menyembunyikan informasi WhatsApp dari kontak tertentu agar informasinya lebih aman:

Cara Menyembunyikan Informasi di WhatsApp

  • Membuka aplikasi WhatsApp
  • Pencet icon “tiga titik” yang berjajar secara vertikal
  • Selanjutnya tentukan pilihan “Settings/Setel” > “Akun/Account” > “Privasi/Privacy” > “About/Informasi”.
  • Ada empat opsi yang dapat diputuskan
  • Saksikan Photo Langkah sembunyikan About di WhatsApp.
  • Pilihan “Everyone/Semuanya orang”, meluluskan semuanya orang untuk bisa menyaksikan info About yang tercantum, terhitung contact yang baru berhubungan atau memang belum diletakkan
  • Pilihan “My kontaks/Contact saya”, cuma menunjukkan info About pada pemakai yang tercatat di contact pemakai
  • Pilihan “My contacs except../Contact saya terkecuali..” dapat diputuskan untuk tentukan beberapa orang tertentu yang ingin diselinapkan
  • Pilihan “Nobody/Tidak ada” diputuskan bila pemakai tidak mau tampilkan kolom About ke semuanya orang
  • Paling akhir, pencet tombol “Usai”