Instagram Diblokir, Rusia Langsung Luncurkan Aplikasi Rossgram

MOSKOW – Rusia akan meluncurkan aplikasi berbagi foto untuk pasar domestik, setelah pihak berwenang menangguhkan Instagram minggu ini.

Aplikasi yang disebut Rossgram akan diluncurkan pada 28 Maret dan memiliki fungsi tambahan seperti crowdfunding dan akses berbayar ke beberapa konten.

Alexander Zubov, direktur hubungan masyarakat di Inisiatif Rusia, mengatakan bahwa grup pengembang tidak akan melewatkan kesempatan untuk membuat media sosial populer yang disukai orang Rusia.

“Mitra saya Kirill Filimonov dan kelompok pengembang kami siap untuk acara ini dan memutuskan untuk tidak melewatkan kesempatan untuk membuat mitra Rusia di jejaring sosial populer yang disukai oleh rekan kerja,” kata Alexander Zubov seperti dikutip Reuters.

Menurut foto yang dibagikan oleh Zobov, skema warna Rossgram hampir identik dengan Instagram.

Organisasi komunikasi Rusia Roskomnadzor menangguhkan akses ke Instagram pada hari Senin, ketika platform akan memungkinkan pengguna Ukraina untuk mengirim posting pornografi ke Rusia, seperti frasa “Matilah penjajah Rusia”.

Induk Instagram dan Facebook Meta Platform Inc mengatakan bahwa perubahan ujaran kebencian hanya akan tersedia untuk pengguna Ukraina. Namun, Minggu (13/3/2022), Meta membatasi kebijakan kontennya ke Ukraina, yang melarang publikasi kematian kepala negara.

Rusia dalam beberapa bulan terakhir telah mengerjakan teknologi untuk negaranya, termasuk smartphone AYYA T1 yang diproduksi oleh perusahaan teknologi Rusia Rostec.

November lalu, perusahaan energi Rusia Gazprom meluncurkan saingan platform berbagi video TikTok yang populer bernama Yappy.

========================