Google PlayStore Akan Menghapus Semua Aplikasi Penyadapan

Please log in or register to like posts.
playstore-hapus-aplikasi-penyadap

Per tanggal 1 Oktober, Google akan menghapus semua jenis aplikasi yang memungkinkan seseorang untuk melacak atau menyadap lokasi dan aktivitas online orang lain.

Aplikasi berbahaya ini sering disebut dengan istilah “stalkerware”.

Stalkerware adalah software atau aplikasi yang digunakan untuk melakukan pengintaian. Istilah ini diciptakan ketika semakin banyak orang yang menggunakan spyware untuk memata-matai pasangan mereka.

Para pakar keamanan menerapkan istilah stalkerware ke semua jenis aplikasi apa pun yang berpotensi digunakan untuk penyadapan. Berikut adalah ciri-ciri dari stalkerware:

  • Mampu melakukan penyadapan seperti memantau aktivitas online, melacak lokasi, merekam video dan audio
  • Kemampuan untuk bekerja dalam mode siluman sehingga tidak bisa diketahui oleh target/korban
  • Aplikasi ini tidak akan terlihat dalam daftar app yang diinstal di smartphone

Aplikasi jenis ini memiliki kode tertentu yang dapat mengirimkan informasi pribadi dari perangkat seseorang tanpa pemberitahuan atau persetujuan pemilik perangkat.

Yang termasuk dalam kategori stalkerware adalah semua aplikasi yang dapat digunakan untuk memantau teks, panggilan telepon, atau riwayat penelusuran; dan pelacak GPS yang secara khusus dipasarkan secara komersil untuk memata-matai atau melacak seseorang tanpa persetujuan mereka.

Seseorang dengan niat jahat dapat menggunakan aplikasi semacam itu untuk tujuan pelecehan, pengawasan, penyadapan dan aksi kriminal lainnya.

Pengembang plikasi jenis stalkerware juga seringkali menyembunyikan aksi pelacakan dengan menyesatkan pengguna tentang fungsi tersebut.

Menurut Google, salah satu hal yang positif dari aplikasi ini adalah agar dapat digunakan oleh orang tua untuk melacak anak-anak mereka. Namun, aplikasi ini tidak boleh digunakan untuk melacak seseorang tanpa sepengetahuan atau izin mereka kecuali ada notifikasi mengenai hal tersebut.

Sebuah aplikasi bernama “Monitor Minor” merupakan contoh dimana seseorang bisa mengambil kendali atas perangkat yang ditargetkan dan memungkinkan seseorang untuk membuka kode keamanan ponsel. Sehingga mereka bisa langsung mengakses akun Instagram, Skype dan media sosial lainnya.

Baca Juga:  Cisco Jabber Memiliki Bug Berbahaya, Pengguna Diwajibkan Update

Google memang telah sejak lama menaruh perhatian pada aolikasi jenis stalkerware. Secara tegas kebijakan PlayStore melarang promosi produk atau layanan yang dipasarkan dengan tujuan untuk melacak atau menyadap orang lain dan aktivitas online seseorang tanpa izin yang bersangkutan.

Aplikasi di PlayStore tidak boleh menggambarkan app sebagai alat untuk memata-matai secara rahasia. Karena ini sama halnya dengan berbagai alat penyadap lain yang dilengkapi dengan kamera pengintai, perekam audio siluman, kamera dasbor, dan sejenisnya.

Featured image by Image by Free-Photos from Pixabay

Last Updated on 3 months