WhatsApp Uji Tampilan Status WA Baru Di Android, Ini Desainnya

WhatsApp (WA) memperbarui status WA untuk beberapa pengguna beta yang menggunakan perangkat Android. Pembaruan ini merupakan perombakan kecil pada antarmuka pengguna (UI) Status WhatsApp.

Secara khusus, perubahan kecil ini hanya muncul di tampilan Status WA saat ingin menulis teks, bukan mengunggah foto atau video. Menurut pantauan KompasTekno, beberapa pengguna WhatsApp sudah mendapatkan update fitur status WA.

Pembaruan fitur ini sudah tersedia di WhatsApp 2.22.11.13 Beta. Lantas seperti apa status WA baru dan apa bedanya dengan status WhatsApp lama?

Dalam tampilan Status WA baru, tata letak bergeser seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

/Wahyunanda Kusuma Perbedaan Layout antara tampilan status WhatsApp lama (kiri) dan baru (kanan).

Ikon emoji, teks, dan palet warna yang sebelumnya berada di kiri bawah kini telah dipindahkan ke sudut kanan atas. Sedangkan di pojok kiri bawah sudah terisi menu “view signature” atau setting “siapa yang bisa melihat update status WA “.

Jika Anda mengklik opsi ini, pengguna akan diarahkan ke pengaturan di mana kontak dapat melihat status WA Anda. Ada tiga pilihan yang tersedia dan masih sama seperti sebelumnya, yaitu:

Perubahan ini akan memudahkan pengguna untuk mengontrol siapa saja yang boleh melihat status WA-nya. Dulu, mengatur kontak yang bisa melihat status WhatsApp kita tidak begitu mudah.

Di versi lama, pengguna harus menginstalnya melalui menu pengaturan terlebih dahulu. Kemudian user harus masuk ke menu “Accounts”>”Privacy”> “Status”> pilih siapa yang bisa melihat update status WA.

Perubahan “caption view” ini juga terlihat saat pengguna ingin mengunggah foto atau video ke status WhatsApp.

Dihimpun KompasTekno dari WA Beta Info, Jumat (13 Mei 2022), tampilan status WhatsApp baru ini hanya tersedia untuk pengguna beta yang menggunakan perangkat Android.

✅TRENDING :  Ini Cara Hubungi Call Center Indihome Bebas Pulsa yang Paling Mudah!

Jadi jangan berkecil hati jika tidak menemukan update status WA ini. Untuk memeriksa apakah Anda dapat menggunakan tampilan status WA baru atau tidak, Anda perlu melihat versi WhatsApp yang Anda gunakan. Metode:

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tampilan status WA baru tersedia di aplikasi dalam versi beta 2.22.11.13. Jika versi aplikasi WhatsApp yang Anda gunakan masih di bawahnya, segera perbarui aplikasi tersebut.

Namun, pembaruan hanya tersedia untuk pengguna yang hanya mendaftar untuk program beta WhatsApp. Ini berarti bahwa pengguna umum biasa kemungkinan besar tidak akan menerima pembaruan ini.

Anda dapat mendaftar untuk WhatsApp versi beta melalui Google Play Store. Namun, sepertinya pendaftaran pengguna WhatsApp beta sudah penuh.

Jika Anda sudah terdaftar sebagai pengguna beta, “Anda adalah penguji beta” akan muncul saat Anda mencari aplikasi WhatsApp di Google Play Store. Ini berarti Anda memiliki kesempatan untuk meningkatkan ke versi beta terbaru WhatsApp dan mencoba tampilan Status WA yang baru.