4+ Perbedaan Hosting dengan VPS Secara Umum

Tentunya, banyak cara mudah yang orang lakukan untuk mendapatkan keuntungan sendiri. Dari banyaknya langkah yang ada, bisnis menjadi cara yang digunakan semua orang. Dalam memulai bisnis ini, Anda harus menggunakan langkah mudah dengan melakukan bisnis online. Banyak keuntungan dapat Anda peroleh dengan mengecek perbedaan hosting dengan VPS.

Pengecekan akan kedua hal tersebut dilakukan untuk kepentingan dalam website.  Ada berbagai macam untung yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan server yang tepat untuk situs. Penyimpanan data akan berjalan dengan baik jika Anda menggunakan media yang tepat. Ada beberapa pilihan untuk server yang dapat digunakan. Yuk, simak informasinya lebih lanjut!

Perbedaan Hosting dengan VPS

Ada beberapa server yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan data. Tentunya, setiap pilihan yang ada mempunyai perbedaan satu dengan lainnya. Dari banyaknya pilihan yang dapat dimanfaatkan untuk kenyamanan konsumen dalam pemakaian website, ada yang populer. Kedua pilihan tersebut adalah hosting dan juga VPS.  Berikut ini informasi perbedaannya:

1. Performa

Jika dilihat dari segi performa, VPS sendiri mempunyai keunggulan dibandingkan dengan hosting.  Tentunya, kelebihan ini juga dapat terjadi karena pengguna jauh lebih bebas dalam kustomisasi. Anda dapat mengatur sendiri server virtual yang dimiliki untuk mengoptimalkan website. Namun, proses pengaturannya memang agak merepotkan.

Sifat VPS yang sulit dikelola ini membuat pengguna harus melakukan konfigurasi dengan sendirinya atau menggunakan cara manual.  Berbeda halnya dengan menggunakan hosting.  Anda hanya perlu mengeluarkan uang langganan dengan orang lain. Setelah itu, hosting dapat digunakan dengan nyaman. Pastinya, sudah ada pengaturan server sendiri.

2. Harga

Perbedaan lain dalam hosting dan juga VPS ini juga ada. Harga yang ditawarkan jauh lebih mahal jika Anda memilih untuk menggunakan VPS.  Hal ini dikarenakan sumber daya yang dibutuhkan juga cukup besar. Anda bahkan harus menggunakan bantuan beberapa orang TI karena Linux dan juga Windows merupakan pemahaman dasarnya.

Beberapa orang lebih memilih menggunakan hosting karena harga yang jauh lebih murah. Perbedaan hosting dengan VPS dalam harga ini terjadi karena sistemnya. Ada yang mendapatkan harga lebih murah karena yang dipilih jauh lebih sesuai anggaran. Misalnya, memilih hosting dimana Anda dapat berbagi jaringan dengan lain. Dengan begitu, harga menjadi lebih murah juga.

3. Kapasitas

Perbedaan lainnya juga terlihat dari kapasitas. Walaupun kapasitas antara VPS dan juga hosting hampir sama, ada perbedaan dari segi spesifikasi hardware yang ada. Misalnya, layanan VPS menggunakan teknologi RAID SSD, hasilnya akan berbeda dengan teknologi yang digunakan hosting. Biasanya, layanan VPS jauh lebih cepat karena kehadiran RAID SSD.

4. Keamanan

Tentunya, keamanan adalah salah satu dari banyaknya hal penting yang harus Anda ketahui berkaitan dengan perbedaan kedua penyimpanan ini. VPS hanya dapat digunakan untuk satu akun dengan satu virtual saja. Sementara itu, hosting dapat dikelola dari berbagai macam pihak provider hosting. Jadi, memang ada catatan untuk keterhubungan antara satu server dengan lainnya.

Itulah informasi yang harus Anda ketahui berkaitan dengan perbedaan hosting dengan VPS yang harus Anda ketahui. Dengan memanfaatkan berbagai macam informasi seperti ini,  Anda akan mendapatkan server yang tepat juga. Semoga bermanfaat!

========================