Cara Mengukur Kinerja Hosting dengan Beberapa Tools Gratis

Cara mengukur kinerja hosting ini tentunya wajib dipelajari bagi semua pemilik website. Hal ini bertujuan agar website yang Anda miliki bisa loading dengan cepat. Jadi, Anda perlu selalu mengecek kecepatan website secara reguler agar Anda mengetahui dengan jelas apakah website Anda sudah cukup cepat atau belum.

Nah, untuk mengukur kinerja dari website tersebut, Anda bisa menggunakan beberapa rekomendasi tools gratis yang tentunya sudah terbukti dan berkualitas dalam pengecekan kecepatan website atau hosting.

Cara Mengukur Kinerja Hosting

Ada berbagai cara mengukur kinerja hosting yang bisa Anda lakukan. Anda bisa memilih salah satu atau beberapa tools berikut ini untuk mengecek kecepatan website Anda tersebut.

1. Google PageSpeed Insight

Perlu Anda ketahui, bahwa sejak 2010 lalu, Google secara resmi memasukkan kecepatan website sebagai salah satu indikator penilaian SEO. Pada tahun yang sama, Google juga telah merilis Google PageSpeed Insight untuk membantu para penggunanya dalam mengecek kecepatan website untuk perangkat desktop dan perangkat mobile.

Google akan menilai kecepatan loading dari website Anda menggunakan skala persen. Untuk nilai 0 sampai 49 persen menunjukkan bahwa website Anda lambat. Sementara untuk nilai 50 sampai 89 persen menunjukkan bahwa kecepatan website sudah mencapai rata-rata. Terakhir, untuk nilai 90 sampai 100 persen menandakan bahwa website Anda cepat.

2. Google Mobile Website Speed Testing Tool

Dikarenakan memang banyak pengunjung yang akan meninggalkan sebuah website yang tidak mobile friendly, maka Google pun akhirnya merilis Google Mobile Website Speed Testing Tool. Aplikasi ini didukung oleh teknologi dari Google PageSpeed Insight. Akan tetapi, tool ini lebih fokus untuk penilaian website pada perangkat mobile.

Cara mengukur kinerja hosting dengan Google Mobile Website Speed Testing Tool ini juga menilai kecepatan website dalam skala 0 sampai 100, sekaligus memberikan saran yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kecepatan website pada perangkat mobile.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan laporan mengenai kecepatan website melalui email atau langsung dikirimkan ke developer webmaster-nya.

  1. Load Impact

Load impact ini merupakan salah satu tool kecepatan website yang menyediakan layanan gratis dan berbayar. Jadi, Anda bisa memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Untuk layanan cek kecepatan website gratisnya, maka Anda perlu melakukan sign up terlebih dahulu.

Setelah itu, barulah Anda bisa mendapatkan kuota tes kecepatan  website secara gratis maksimal adalah lima kali dalam sebulan. Untuk layanan premiumnya sendiri dibandrol dengan harga 89 US Dollar per bulannya.

  1. WebPageTest

WebPageTest ini dikembangkan oleh Patrick Meenan yang merupakan seorang teknisi dari Chrome. Software yang bersifat open source ini memungkinkan Anda untuk melakukan tes kecepatan website dari beberapa lokasi di seluruh dunia dengan menggunakan browser secara gratis.

WebPageTest ini bahkan sudah menyediakan fitur tambahan, seperti capture video, pemblokiran konten, mengubah kecepatan koneksi, dan masih banyak lagi lainnya. Kelebihan dari WebPageTest ini adalah dimana tools ini sudah mendukung HTTP/2 sehingga Anda bisa melakukan uji coba kinerja dari hosting WordPress dengan mengikutsertakan SSL dan parallelism dalam penilaiannya.

Dan inilah beberapa cara mengukur kinerja hosting menggunakan beberapa tools yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda dalam menggunakannya. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk Anda dan membuat website Anda lebih cepat ketika loading berkat pengecekan kecepatan hostingnya menggunakan beberapa tools diatas.

========================