Advertisements
Advertisements

5 Contoh Aplikasi Video Conference Rekomendasi untuk Work From Home Semakin Nyaman

Advertisements

Banyak orang perlu mengetahui contoh aplikasi video conference untuk bekerja karena hampir semua pekerjaan kini sudah dilakukan secara online. Kebutuhan aplikasi untuk video conference ini menjadikannya semakin tinggi karena pemerintah menganjurkan untuk work from home saat pandemi.

Dengan adanya aplikasi ini, interaksi tatap muka dapat dilakukan meskipun jarak jauh dengan koordinasi antar tim yang juga semakin mudah. Dan berikut ini sudah dirangkum beberapa aplikasi untuk video conference paling rekomendasi bisa digunakan saat akan melakukan work from home.

1. Microsoft Teams

Aplikasi Microsoft Teams ini pengganti Skype yang memadukan video conference dengan pesan instan, telepon juga kolaborasi dokumen dalam satu aplikasi. Aplikasi ini ternyata sudah terhubung dengan layanan Microsoft Office 365 tentu dapat menyelesaikan pekerjaan yang kolaboratif tanpa bertemu langsung.

Bukan hanya rapat saja, aplikasi ini tentu dapat digunakan jika ingin webinars atau rapat skala besar dengan kapasitas 10.000 orang. Aplikasi ini juga tersedia untuk komputer, HP atau tablet dengan harga ditawarkan adalah minimal Rp 39.100 per bulan setiap satu pengguna.

2. GoToMeeting

Aplikasi GoToMeeting merupakan aplikasi video conference dengan banyak fitur memungkinkan bisa digunakan meeting, mengirimkan pesan ketika video conference sedang berlangsung. Aplikasi GoToMeeting tentu memungkinkan penggunanya untuk bisa membuat room virtual sendiri dengan link yang siapapun juga bisa untuk mencoba menggunakannya.

Jika memang menggunakan perangkat Apple, aplikasi GoToMeeting juga telah terintegrasi menggunakan asisten virtual Siri dan dapat mengaksesnya melalui perintah suara. Dan yang menarik dari aplikasi GoToMeeting sudah disediakan fitur yang bisa dibilang Commuter Mode untuk dapat menghemat kuota internet penggunanya.

3. Zoom Meeting

Contoh aplikasi video conference tak asing adalah Zoom mulai digunakan semenjak munculnya pandemi Covid-19 memaksa orang untuk work from home. Aplikasi ini bisa dibilang sangat rekomendasi karena aplikasi ini bisa membuat video conference dalam jumlah kapasitas mencapai 1.000 orang.

Dengan menggunakan aplikasi Zoom Meetings ini, tidak hanya bisa membuat video conference, tetapi audio conference, live chat, record meeting juga webinars. Layanan yang ada dalam aplikasi Zoom ini juga ternyata bisa membantu para pengguna untuk bisa bekerja dari rumah saja.

4. Webex Meetings

Aplikasi Webex Meetings rupanya sangat banyak digunakan oleh bisnis dalam berskala besar yang jumlah pekerjanya bisa dihitung sangat banyak. Hal yang perlu diketahui bahwa aplikasi ini juga sering dianggap sebagai salah satu aplikasi layanan video conference yang rekomendasi.

Hal ini tentu karena aplikasi ini memberikan kualitas gambar jernih saat berjalannya video akan membuat pengguna menjadi semakin merasa nyaman. Webex Meetings rupanya bisa memastikan suara latar saat berjalannya video sangat baik yang bisa membuat video conference menjadi sangat nyaman.

5. Jitsi Meet

Jitsi ini adalah layanan video conference yang gratis bahkan tidak ada paket premium atau paket lainnya dalam aplikasi ini. Walaupun gratis, fitur yang ada dalam Jitsi lengkap yaitu screen sharing, edit dokumen menggunakan Etherpad, bertukar pesan ketika meeting berjalan.

Adapun hal yang menjadikan unggul dari aplikasi ini bisa membuat video conference yang jumlah pesertanya bisa dibilang hampir tak terbatas. Aplikasi Jitsi Meet juga bisa menghubungkan dengan layanan live stream misalnya YouTube tentu bisa diakses untuk siapa pun jika mau.

Sekarang sudah tahu kan rekomendasi 5 contoh aplikasi video conference yang terbaik juga rekomendasi dapat digunakan saat work from home. Semua aplikasi di atas tentu punya kelebihan dan kekurangannya sehingga jika ingin menemukan yang cocok bisa cari yang sesuai kebutuhan.