Cara Berhenti Astra Life Permata Bank Terbaru Mudah Dilakukan

Cara Berhenti Astra Life Permata Bank

Terdaftar sebagai nasabah program polis Astra Life Permata Bank dan ingin berhenti, namun mengalami kebingungan karena tidak tahu cara pengurusannya? Maka, ulasan di bawah ini sangat penting untuk dibaca dengan teliti! Lantaran, di sini akan diuraikan mengenai poin-poin prosedur cara berhenti Astra Life Permata Bank terbaru tahun 2021, sebagai berikut:

1. Perhatikan Aturan Masing-Masing Polis

Pertama, yang harus dilakukan oleh masing-masing nasabah sebelum membatalkan suatu polis ialah memahami ketentuan dasar asuransi Astra Life. Utamanya, terkait faktor resiko dari adanya tindakan pembatalan polis yang akan dilakukan. Hal ini sangat penting diingat sebagai bahan pertimbangan, guna meminimalkan potensi kerugian yang mungkin saja dialami nasabah akibat ketidakpahaman aturan.

2. Komunikasikan Keinginan pada CS Astra Life

Setelah memahami betul ketentuan resiko yang terdapat pada polis, maka cara berhenti Astra Life Permata Bank kedua yang harus dilakukan nasabah ialah menghubungi Customer Service. Sembari menyediakan dokumen asuransi dan identitas diri sebagai alat verifikasi yang dapat dilakukan dengan dua metode, yakni:

  • Mengomunikasikan secara online melalui kontak call center Astra Life di 1500282; dan
  • Mendatangi secara langsung kantor perwakilan Astra Life yang ada di wilayah domisili masing-masing nasabah.

3. Terangkan Alasan Penghentian dengan Jelas

Ketiga, saat mengomunikasikan keinginan berhenti dari layanan polis, biasanya nasabah akan dimintai sejumlah keterangan mengenai alasan khusus penghentian. Baiknya, nasabah mengutarakan alasan tersebut dengan jelas, rinci, dan seperti keadaan yang sebenarnya terjadi. Perlunya, agar proses verifikasi yang dijalankan oleh pihak asuransi Astra Life nanti lancar, dan nasabah terhindar dari masalah.

4. Isilah Formulir Pembatalan Polis yang Disediakan

Setelah alasan diterima oleh petugas, maka nasabah umumnya akan langsung diberi formulir pembatalan program asuransi. Formulir ini memuat identitas polis, mulai dari nama, tertanggung, alamat, dan kelengkapan identitas lain serta keterangan tambahan, berisi:

  • Petunjuk pengisian formulir yang wajib dilakukan nasabah;
  • Imbauan ulang mengenai urgensi polis dan resiko-resiko dari adanya pemberhentian baik yang berdampak secara langsung, maupun di kemudian hari saat nasabah ingin memiliki layanan asuransi serupa;
  • Pilihan jenis polis yang hendak dibatalkan yang terdiri atas Surrender dan Free Look;
  • Sejumlah keterangan lain yang memuat poin-poin ketentuan prosedur pembatalan polis Astra Life Permata Bank secara lebih spesifik, yang wajib diperhatikan bagi setiap nasabah; dan
  • Paraf sebagai tanda bukti telah membaca dan menyepakati setiap ketentuan pemberhentian polis yang diinformasikan.
✅TRENDING :  2 Produk Finansial Asuransi Pendidikan Allianz Yang Wajib Diketahui

5. Informasikan Rekening Tujuan Pencairan

Terakhir, namun yang tidak boleh ketinggalan ialah menginformasikan rekening tujuan pencairan dana polis nantinya. Secara umum, nasabah akan diberi selebaran formulir yang berisikan identitas rekening seperti nomor, nama pemilik, jenis bank, alasan penghentian, serta penjelasan lainnya, yang berupa:

  • Keterangan kesesuaian semua identitas baik polis, rekening, maupun pribadi, dengan disertai pernyataan bermaterai (bagi nasabah yang identitasnya terdapat ketidaksesuaian, semisal kesalahan penulisan, singkatan nama, dan sebagainya);
  • Instruksi kewajiban pemakaian rekening Permata Bank sebagai alat pencairan sesuai dengan ketentuan program, disertai dengan fotokopi halaman depan buku rekening tabungan; dan
  • Sejumlah poin pernyataan persetujuan atas prosedur pemberhentian polis yang ditandatangani oleh dua pihak, dari nasabah dan dari Astra Life Permata Bank.

Nah, demikianlah informasi yang dapat disajikan mengenai cara berhenti Astra Life Permata Bank terbaru tahun 2021. Bagaimana? Setelah membaca dan mempertimbangkan ulasan di atas, masihkah ingin melanjutkan penghentian layanan? Jika jawabannya adalah iya, maka lebih baik segera siapkan kelengkapan dokumennya secara lengkap dan tertata, agar bisa melalui prosesnya dengan lancar!