2+ Cara Mengecek IP Hosting Website Mudah Bagi Pemula

Cara mengecek IP hosting website mudah bisa Anda pelajari melalui penjelasan berikut ini. Dimana IP hosting merupakan barisan angka yang digunakan sebagai identitas unik dari suatu hosting website. Dengan IP tersebut, maka website Anda pun bisa dikenali dan diakses melalui jaringan internet.

Lebih lanjut, simak informasi berikut!

Cara Mengecek IP Hosting Website Murah

Perlu Anda ketahui, bahwa ketika Anda mengakses website, maka Anda pun tidak akan bisa melihat IP secara langsung. Alasannya adalah karena IP tersebut sudah diwakili dengan sebuah domain. Hal ini bertujuan agar lebih mudah dalam mengingatnya. Lantas, bagaimana cara mengecek IP hosting website mudah?

1. Melihat IP Hosting di Email – Informasi Akun Hosting

Ketika Anda membeli sebuah layanan hosting, maka pihak penyedia hosting tersebut akan mengirimkan email yang berisi informasi detail mengenai akun hosting Anda tersebut. Pada email tersebut, Anda bisa mengecek IP pada bagian informasi akun.

2. Melalui cPanel

Cara lain dalam mengecek IP web yang bisa Anda lakukan adalah dengan melalui cPanel. Anda bisa melakukan login ke cPanel dengan cara mengakses URL https://domainanda/cpanel dengan menggunakan username dan password cPanel Anda.

3. Mengecek IP Menggunakan CMD

Cara mengecek IP hosting website murah selanjutnya adalah dengan menggunakan CMD. Setiap sistem operasi memiliki command prompt atau CMD yang bisa Anda gunakan untuk mengecek IP hosting. Untuk mengakses command prompt, maka Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut ini.

  • Mac: caranya tekan tombol command + space bar pada keyboard Anda secara bersamaan. Lalu, silahkan Anda ketik terminal.
  • Linux: caranya, silahkan tekan tombol Ctrl + Alt + T secara bersamaan. Setelah itu, maka jendela Terminal pun akan secara otomatis terbuka.
  • Windows: caranya silahkan Anda tekan Windows + R, lalu tulis CMD dan tekan Setelah itu, silahkan Anda tulis CMD langsung pada kolom pencarian untuk membuka Command Prompt.

Jika jendela Command Prompt sudah terbuka, maka silahkan Anda jalankan perintah ping diikuti dengan nama website Anda. Contohnya adalah jika Anda akan mengecek domainanda.com, maka silahkan jalankan perintah berikut ini:

Ping domainanda.com

Setelah itu, silahkan ganti domainanda.com ini dengan nama domain website Anda dan jangan lupa untuk tekan enter. Nantinya, Anda akan melihat IP hosting dari website Anda.

4. Cek IP dengan Web-based Tools

Cara cek IP hosting website yang terakhir adalah dengan menggunakan Web-based tools. Salah satu layanan aplikasi web-based tools ini adalah check-host.net. Masukkan nama domain website yang ingin Anda cek pada kolom pengecekan yang tersedia. Setelah itu, silahkan Anda tekan enter. Tunggu beberapa saat hingga informasi website mengenai IP hosting muncul.

Bisa disimpulkan bahwa, IP hosting ini merupakan deretan angka yang tentunya sulit untuk diingat. Itulah mengapa penggunaan domain website ini bisa menjadi solusi terbaik dalam kemudahan Anda. Namun, pastikan bahwa nama domain yang Anda gunakan adalah nama yang terbaik.

Untungnya, saat ini Anda sudah bisa membeli domain unik dengan mudah dari penyedia hosting yang ada di Indonesia. Anda bisa menyesuaikan pemilihan jasa penyedia hosting ini sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda.

Nah, itulah beberapa cara mengecek IP hosting website murah yang bisa Anda coba lakukan. Caranya, mulai dari melihat IP pada email yang dikirimkan ketika Anda berhasil melakukan order hosting hingga mengecek IP hosting dengan bantuan aplikasi website. Selamat mencoba.

========================