Advertisements
Advertisements

Cobalah 5 Aplikasi Untuk Membuat Denah Rumah Idaman Gratis Di Smartphone

Advertisements

Membuat desain rumah idaman sendiri merupakan impian dari banyak orang. Namun, mendesain itu memerlukan keahlian khusus dalam hal menggambar. Maka dari itu tidak semua orang yang ingin membuat desain sendiri bisa melakukannya. Tapi saat ini tidak perlu bingung lagi, sebab sudah banyak beredar aplikasi untuk membuat denah rumah di smartphone dan juga mudah digunakan.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih ini, orang tidak perlu bingung untuk membuat desain rumah sendiri walau tidak begitu mahir dalam menggambar. Karena sudah banyak aplikasi-aplikasi pada Smartphone yang dapat dimanfaatkan untuk membuat rancangan rumah yang diinginkan. Adapun aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat denah rumah idaman yaitu:

1. Houzz

Aplikasi yang menempati urutan pertama adalah Houzz. Perangkat ini memiliki fitur sketsa dan juga menawarkan sekitar 11 juta lebih koleksi foto-foto yang bisa disimpan untuk menjadi referensi ide yang akan datang. Aplikasi ini bisa didapatkan dengan gratis, tidak ada pembelian didalamnya dan aplikasi ini masuk kategori baik.

Menariknya, pengguna juga bisa berbagi hasil rancangan kepada orang lain melalui media sosial. Namun, aplikasi ini membutuhkan ruang yang cukup besar pada smartphone pengguna sebab ukurannya lumayan besar.

2. Planner 5D

Aplikasi Planner 5D merupakan suatu perangkat lunak untuk membuat desain rumah yang lebih hardcore dibanding dengan aplikasi lain. Itu dikarenakan, pengguna bisa membuat gambar ruangan dalam bentuk 2D maupun 3D.

Pengguna juga dapat menambahkan gambar barang-barang dekoratif, furniture dan barang lainnya setelah membuat denah rumah. Adapun kelebihan dari aplikasi ini yaitu memiliki banyak fitur yang mudah digunakan dan ukurannya kecil.

3. Home Design 3D

Aplikasi untuk membuat denah rumah selanjutnya ada Home Design 3D. Perangkat lunak yang satu ini memudahkan pengguna smartphone untuk membuat rancangan rumah idaman sesuai selera. Aplikasi ini memiliki fitur untuk melihat rancangan secara real time dengan sensasi 3D dan mengandalkan hasil dari render yang photorealic.

Serta kelebihan dari Home Design 3D ini adalah desain yang tampil rapi. Namun, aplikasi ini juga memiliki kekurangan yaitu untuk bisa mengakses fitur premium harus melakukan upgrade ke versi yang berbayar.

4. Floor Plan Creator

Perangkat lunak selanjutnya ada Floor Plan Creator. Aplikasi satu ini memudahkan para pengguna dalam membuat kamar, lorong dan rumah dengan ukuran yang sesuai. Perangkat ini juga menyediakan fitur 3D dan dapat diubah atau membuat ulang dengan mudah. File yang dihasilkan dari perangkat ini bisa diekspor menjadi PDF ataupun gambar.

Namun, kekurangan dari aplikasi ini adalah pengguna harus membayar untuk mendapatkan fitur premium. Tetapi juga bisa digunakan secara gratis bila menggunakan Google Play Pass.

5. Homestyler

Perangkat yang satu ini merupakan sebuah game mendesain rumah yang paling mudah untuk digunakan. Aplikasi ini juga dikenal dengan virtual fitting room. Pada Homestyler, pengguna hanya perlu memilih salah satu foto ruangan yang masih kosong. Lalu, tahap selanjutnya tinggal menata ruangan dengan meletakkan barang atau furniture yang diinginkan.

Untuk tampilan yang disajikan oleh aplikasi ini merupakan 3D dan bisa diunduh secara gratis pada aplikasi Google Play Store. Homestyler ini juga bisa membagikan hasil rancangan pada orang lain melalui media sosial.

Itulah tadi aplikasi-aplikasi untuk membuat denah rumah yang bisa diunduh dan digunakan pada smartphone secara gratis. Dengan adanya beberapa perangkat lunak di atas, pengguna smartphone tidak perlu bingung untuk membuat rancangan rumah idaman sendiri walau kurang begitu paham dengan menggambar.