3+ Langkah Cara Mengaktifkan Hosting yang Benar

Dalam membangun sebuah website yang sukses sehingga website Anda dapat diakses dengan mudah dan cepat, maka perlu sekali untuk mengaktifkan hosting terlebih dahulu. Oleh sebab itu, Anda perlu tahu cara mengaktifkan hosting yang benar dan tepat di bawah ini.

Inilah 3 Cara Mengaktifkan Hosting

Dalam mengaktifkan hosting ada beberapa langkah yang harus Anda lewati yang mana diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Pastikan Anda Memiliki Hosting dan Domain

Hal yang harus Anda lakukan sebelum mengaktifkan hosting ialah menyediakan hosting dan domain. Sebab tanpa salah satunya Anda tidak dapat mengaktifkan hosting website.

Hosting merupakan server tempat penyimpanan data-data website Anda. pada dasarnya, host web adalah perusahaan yang memiliki komputer dengan konfigurasi khusus yang terhubung ke internet secara permanen. Dimana mereka bisa menampilkan situs website Anda di sistem mere sehingga dapat dilihat dan diakses oleh orang lain di internet.

Sementara domain ialah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi nama server website Anda. jika Anda membeli salah satunya di layanan berbeda maka untuk mengaktifkan hostingnya Anda perlu menggabungkan keduanya, sehingga hosting website aktif dan website Anda dapat mulai diakses.

Cari Tahu Server Nama Host Website Anda

Selanjutnya setelah Anda menyiapkan dan memiliki hosting serta domain, langsung saja cari tahu server name yang digunakan host website Anda.

Anda bisa menanyakan secara langsung untuk mengetahui server nama secara mudah atau dengan mencari informasinya melalui surel yang masuk ke kontak email Anda. Sebab, biasanya penyedia host akan mengirimkan informasi terkait server saat pertama kali Anda mendaftar.

Anda pun bisa menemukannya dari dokumentasi pada situs web host Anda. jika masih tidak tahu, Anda bisa mendapatkan informasinya dengan menghubungi langsung ke penyedia host dan minta untuk menyebutkan server DNS atau server yang digunakan untuk domain Anda.

Umumnya daftar name server terlihat seperti ns1(dot)justexample(dot)com, ns2(dot)justexample(dot)com dan seterusnya.

Kata justexample(dot)com sendiri digantikan dengan beberapa nama domain lain yang digunakan oleh host web untuk servernya.

Biasanya Host web akan memberikan 2 atau lebih alamat server nama. Jangan lupa untuk mencatat dan Menyimpan nama server tersebut atau bila perlu Anda membiarkan email atau halam web ini tetap terbuka di perangkat komputer sehingga Anda bisa memasukkannya dengan mudah ke sistem registrar.

Masukkan Server Nama pada Pengaturan Registrar

Untuk memasukan nama server ke sistem registrar, maka Anda perlu menemukan sistemnya terlebih dahulu dengan beberapa tahapan di bawah ini.

  • Pertama temukan cara untuk mendaftarkan semua domain di situs registrar, Anda bisa menemukan opsi ini di halaman domain saya, halaman manajer domain atau dengan opsi nama yang sama.
  • Kemudian pilih domain untuk melakukan pengaturan name server. Jika Anda memiliki satu nama domain, Anda dapat mengklik nama domain untuk menuju ke pengaturan selanjutnya.
  • Jika Anda melihat tautan menu Kelola DNS atau DNS atau Name Server, Anda bisa mengkliknya. Anda bisa menggunakan pilihan berarti sama baik itu DNS, Name Server, Server, Pengaturan, Pengubahan, Kelola, Modifikasi, Ubah, Edit dan sebagainya.

Setelah Anda menemukan halaman untuk mengubah server, Anda bisa melihat formulir untuk memungkinkan Anda memasukan nama server.

Masukkan server nama depan dari daftar yang biasa diawali dengan ns1 ke kolom nama utama, server kedua dengan awal ns2 dan seterusnya.

Itulah cara mengaktifkan hosting, dengan langkah-langkah di atas website Anda dapat bekerja dengan baik.

========================