7 Tips Memaksimalkan Bisnis Online Di Platform E-commerce

Jakarta – E-commerce menawarkan banyak peluang untuk membantu pengembangan bisnis, bagi calon wirausahawan, atau bagi merchant offline yang memiliki toko fisik dan tidak berjualan secara online.

Agar para penjual dapat memaksimalkan potensi platform e-commerce mereka, beberapa tips diberikan oleh 12 pengusaha wanita peraih Lazada Forward Women Awards 2023.

1. Gunakan media sosial

Dalam membangun basis pelanggan dan meningkatkan kunjungan toko online, media sosial adalah platform yang kuat bagi penjual untuk hidup dengan cerita merek dan produk.

Melalui media sosial, merek memiliki kemampuan untuk menjangkau jutaan pelanggan, dan dapat membantu membangun basis pengikut yang setia pada saat yang bersamaan.

Kunci sukses di media sosial adalah menciptakan kekuatan pendorong untuk kunjungan toko online dengan menyediakan konten yang menarik dan menarik bagi pelanggan Anda.

2. Gunakan Siaran Langsung

Untuk mengedukasi konsumen tentang produk yang dijual, sebaiknya menggunakan siaran langsung di platform e-commerce. Alat pemasaran ini efektif untuk menjangkau audiens Anda dengan cepat.

Dalam beberapa menit, pengecer dapat melibatkan audiens dengan berbagi informasi menarik dan menarik tentang merek dan produknya, memberikan pengalaman “langsung” bagi audiens, seperti pengalaman di toko fisik.

3. Menanggapi tren ritel

Hal ini dapat dilakukan dengan cepat untuk meningkatkan penjualan di e-commerce, karena perusahaan yang dapat mengidentifikasi peluang, beradaptasi, dan memanfaatkan tren konsumen dapat mendiversifikasi dan meningkatkan pendapatan penjualan, serta pengalaman pelanggan.

Pandemi telah mengubah bisnis, pekerjaan, dan mata pencaharian bagi banyak orang. Tetapi mengikuti tren ritel terbaru dan tetap berpikiran terbuka untuk mencoba gaya dan tren baru dapat membantu mengembangkan bisnis Anda.

4. Manfaatkan kampanye besar-besaran untuk meningkatkan penjualan

Kampanye besar-besaran seperti 11.11 dan 12.12 adalah periode waktu yang penting dalam
dunia e-commerce.

Kampanye hebat dibuat untuk meningkatkan penjualan, meningkatkan pendapatan bagi pengusaha, dan memberi mereka akses ke banyak penawaran dan produk luar biasa.

Lebih dari 800.000 merek dan pengecer berpartisipasi dalam Festival Belanja 11.11 di Lazada tahun lalu, atau lebih dari dua kali lipat tahun sebelumnya.

5. Integrasikan pengalaman merek di saluran offline dan online

Dengan lebih banyak pelanggan yang berbelanja di toko fisik di tengah
pembatasan aktivitas karena upaya pencegahan epidemi, banyak perusahaan mempromosikan pendekatan ritel multi-saluran untuk menarik pelanggan dari saluran online dan offline.

Namun, penting untuk memastikan bahwa pengalaman merek tetap sama di semua titik kontak dalam perjalanan pelanggan, karena ini mengarah pada pengingat dan loyalitas merek.

6. Membuat keputusan berdasarkan data dari analisis di dasbor vendor

Data adalah bagian penting untuk dikerjakan sebagai kunci untuk mengetahui apa yang berhasil dan tidak.

Dengan menggunakan wawasan berbasis data dan indikator keberhasilan, penjual dapat lebih memahami perilaku pembelian pelanggan, sehingga mereka dapat membuat keputusan yang dapat meningkatkan penjualan.

7. Nikmati Kupon, Diskon, dan Pengiriman Gratis untuk Meningkatkan Konversi

Pelanggan Asia Tenggara menyukai diskon, jadi menawarkan banyak diskon kepada pelanggan akan membantu membangun loyalitas dalam jangka panjang.

Kupon, diskon, dan pengiriman gratis adalah beberapa cara penjual dapat mempertahankan pelanggan dan menarik pelanggan baru.