Cara Mengatasi FUP Indihome Dengan Mudah

Please log in or register to like posts.
VPN.co.id
fup-indihome

FUP adalah kebijakan dimana penyedia layanan internet (ISP) seperti Indihome dengan sengaja memperlambat koneksi internet Anda jika sudah mencapai batas kuota tertentu.

Dengan semakin populernya layanan streaming seperti Netflix, Viu dan Mola TV maka sebenarnya kebutuhan akan bandwith yang besar juga semakin tinggi.

Namun sayangnya, meskipun paket internetnya unlimited pihak Indihome tetap memeriksa jumlah pemakaian kuota Anda dan akan mengurangi kecepatan koneksi internet jika pemakaian terlalu banyak atau telah mencapai batas kuota yang ditetapkan.

Cek FUP Indihome 2020

Berikut adalah cara untuk mengecek batas kuota FUP sesuai dengan paket Indihome yang Anda gunakan.

FUP Indihome 10 Mbps

Paket FUP (per bulan)Kecepatan Menjadi
10 Mbps300 GB7,5 Mbps

Tabel di atas artinya, jika pemakaian kuota Anda sudah mencapai batas Fair Usage Policy (FUP) yaitu sebesar 300 GB setiap bulannya. Maka kecepatan koneksi Anda akan diturunkan sebanyak 25% menjadi 7,5 Mbps.


FUP Indihome 20 Mbps

Paket FUP (per bulan)Kecepatan Menjadi
20 Mbps500 GB15 Mbps

Tabel di atas artinya, jika pemakaian kuota Anda sudah mencapai batas Fair Usage Policy (FUP) yaitu sebesar 500 GB setiap bulannya. Maka kecepatan koneksi Anda akan diturunkan sebanyak 25% menjadi 15 Mbps.


FUP Indihome 30 Mbps

Paket FUP (per bulan)Kecepatan Menjadi
30 Mbps700 GB22,5 Mbps

Tabel di atas artinya, jika pemakaian kuota Anda sudah mencapai batas Fair Usage Policy (FUP) yaitu sebesar 700 GB per bulannya. Maka kecepatan koneksi Anda akan diturunkan sebanyak 25% menjadi 22,5 Mbps.


FUP Indihome 40 Mbps

Paket FUP (per bulan)Kecepatan Menjadi
40 Mbps900 GB30 Mbps

Tabel di atas artinya, jika pemakaian kuota Anda sudah mencapai batas Fair Usage Policy (FUP) yaitu sebesar 900 GB. Maka kecepatan koneksi Anda akan diturunkan sebanyak 25% menjadi 30 Mbps.


FUP Indihome 50 Mbps

Paket FUP (per bulan)Kecepatan Menjadi
50 Mbps1.200 GB37,5 Mbps

Tabel di atas artinya, jika pemakaian kuota Anda sudah mencapai batas Fair Usage Policy (FUP) yaitu sebesar 1.200 GB. Maka kecepatan koneksi Anda akan diturunkan sebanyak 25% menjadi 37,5 Mbps.

Baca Juga:  Cara Membuka Situs Yang Diblokir Tanpa Aplikasi

FUP Indihome 100Mbps

Paket FUP (per bulan)Kecepatan Menjadi
100 Mbps2.000 GB75 Mbps

Tabel di atas artinya, jika pemakaian kuota Anda sudah mencapai batas Fair Usage Policy (FUP) yaitu sebesar 2.000 GB. Maka kecepatan koneksi Anda akan diturunkan sebanyak 25% menjadi 75 Mbps.

Mengatasi FUP Indihome Dengan VPN

Cara terbaik untuk mengatasi FUP dari Internet Service Provider seperti Indihome adalah dengan menggunakan layanan VPN.

VPN atau Virtual Private Network akan mengenkripsi lalu lintas internet Anda, menyembunyikannya dari ISP, sehingga Indihome tidak akan dapat memeriksa berapa jumlah kuota yang telah Anda gunakan.

Karena tidak bisa memantau jumlah pemakaian internet Anda, maka koneksi Anda tidak akan dikenakan FUP atau pengurangan bandwitdh meskipun Anda telah streaming atau downloading sebanyak-banyaknya.

Keuntungan Menggunakan VPN

  • Mengatasi FUP dan menghindari pelambatan koneksi internet
  • Memungkinkan Anda untuk melakukan streaming dan downloading tanpa batas
  • Dapat mengakses berbagai situs yang diblokir
  • Jauh lebih aman karena koneksi Anda akan dienkripsi dengan standar AES-256 bit
  • Aktifitas Anda tidak bisa dilacak atau dilihat oleh siapapun, termasuk ISP
  • Bisa streaming Netflix beda negara seperti Netflix US dan Netflix UK

Cara Menggunakan VPN

  • Pilih salah satu layanan VPN dari rekomendasi di bawah ini
  • Unduh aplikasi atau software VPN ke perangkat Anda (smartphone, laptop, dll)
  • Login ke aplikasi atau software VPN
  • Pilih lokasi server (Singapura, Amerika Serikat, dll) dan klik “Connect”
  • Selesai. Koneksi internet anda kini tanpa batas dan bebas FUP.

VPN Terbaik untuk Mengatasi FUP

Tim kami telah melakukan pengujian selama 2 bulan penuh dengan menggunakan Paket Indihome 50 Mbps untuk melihat kualitas masing-masing VPN dalam mengatasi FUP.

Baca Juga:  Mikrotik Hostspot: Pengertian dan Cara Setting

Dari hasil pengujian, kami merekomendasikan 3 VPN terbaik di bawah ini, yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah FUP sekaligus mengamankan koneksi internet Anda.

1. CyberGhost

Dengan menggunakan CyberGhost di semua perangkat yang tersambung ke wifi Indihome maka Anda akan terhindar dari upaya pembatasan bandwidth oleh Indihome. Cyberghost VPN melakukannya dengan 2 cara, yaitu:

  1. Pertama, CyberGhost akan mengamankan semua lalu lintas internet Anda yang menggunakan koneksi Indihome, baik itu smartphone, laptop atau PC dengan sistem tunnel yang telah dienkripsi. Sehingga semua aktifitas online Anda tidak dapat dilacak atau diretas oleh siapapun.
  2. Kedua, CyberGhost akan mengganti alamat IP asli Anda dengan IP dari lokasi lain. Hal ini membuat Indihome tidak dapat melacak lokasi Anda dan kesulitan untuk memantau jumlah pemakaian kuota internet Anda.

Tidak semua VPN bisa mengatasi FUP, karena pihak Indihome bisa mengetahui jika Anda sedang menggunakan VPN atau tidak. Meskipun menggunakan VPN itu tidak dilarang, tetap saja bisa menimbulkan kecurigaan.

Namun hebatnya, CyberGhost memiliki fitur Anonymous Browsing yang bisa menyamarkan koneksi Anda sehingga pihak Indihome tidak akan pernah tahu bahwa Anda sedang menggunakan VPN.

2. Private Internet Access

Private Internet Access akan menyembunyikan semua yang Anda lakukan secara online dengan mengenkripsi koneksi nternet Anda.

PIA adalah opsi yang bagus karena layanan ini sukses mengalihkan aktivitas online Anda dari pantauan Indihome, sekaligus memiliki protokol keamanan yang kuat.

Aktivitas online Anda akan menjadi anonim dan lebih aman. Dan tidak bisa dioungkiri juga, dalam beberapa uji coba menggunakan layanan streaming, PIA dapat meningkatkan kecepatan koneksi internet kami hingga 10% lebih cepat.

3. ExpressVPN

ExpressVPN dianggap sebagai salah satu VPN terbaik untuk memblokir pembatasan FUP. Penyedia layanan VPN ini memiliki banyak pelanggan loyal karena tingkat keamanannya yang luar biasa serta fitur enkripsi yang baik.

Baca Juga:  Youtube Downloader Terbaik dan Gratis (2020)

VPN ini memiliki kecepatan di atas rata-rata sehingga bisa menjaga kestabilan koneksi internet Anda ketika sedang streaming film-film favorit.

ExpressVPN memiliki jaringan server yang luas dan terbukti mampu menghindari pembatasan FUP dengan baik. Kami bisa dengan bebas melakukan streaming di berbagai situs dengan kecepatan maksimal selama 1 bulan penuh. Dan tetap bebas dari kuota FUP.

Mengatasi FUP Indihome dengan Mikrotik

Ada cara lainnya untuk mengatasi problem FUP Indihome yaitu dengan menggunakan MikroTik.

Namun cara ini jauh lebih rumit dan bersifat teknis. Jadi kami tetap menyarankan untuk menggunakan VPN di atas yang jauh lebih mudah untuk menghindari Fair Usage Policy (FUP).

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Hubungkan jaringan koneksi internet anda dengan menggunakan sofware MikroTik
  2. Silahkan atur “queue” dengan cara menaikkan limit port yang sering dipakai oleh pengguna
  3. Langkah berikutnya adalah dengan menurunkan ke port yang jarang dipakai
  4. Sistem operasi MikroTik dirancang sebagai router jaringan. Fungsinya untuk menangani berbagai fitur untuk jaringan IP dan jaringan nirkabel. Oleh karena itu silahkan lakukan manajemen bandwitdh via MikroTik dengan menggunakan script di bawah ini:

/queue simple add max-limit=1M/10M name=Global target=192.168.2.0/24 / for dsi from 2 to 10 do={/queue simple add name="PC-Client-$dsi" target="192.168.2.$dsi" max-limit=384000/512000 parent=Global}