Netflix Naikkan Tarif Berlangganan Untuk Pelanggannya

California-Persaingan yang semakin ketat dalam industri video-on-demand telah memaksa platform streaming Netflix untuk meningkatkan biaya berlangganan khusus untuk pelanggan di Inggris dan Irlandia.

Menurut The Guardian, penyesuaian tarif berlangganan sengaja dilakukan Netflix untuk mengantisipasi kerugian finansial. Setelah berinvestasi lebih banyak dalam produksi konten, serial ini beralih ke film baru.

Seorang juru bicara Netflix mengatakan bahwa pada tahun 2022, perusahaan akan menawarkan konten yang lebih baru atau diperbarui.

Dengan cara ini, Netflix dapat menarik lebih banyak pelanggan baru dan popularitasnya dapat melampaui platform streaming pesaing seperti Disney Plus.

Harga terbaru kami mencerminkan investasi yang telah kami buat dalam layanan dan katalog kami dan memungkinkan kami untuk terus membuat serial, dokumenter, dan film favorit kami serta berinvestasi dalam industri bakat dan kreatif. Kami menawarkan berbagai paket sehingga anggota dapat memilih tarif yang tepat untuk mereka, ” kata perwakilan Netflix.

Meningkatnya jumlah pelanggan Netflix, terutama di masa pandemi Covid-19, membuat perusahaan berambisi untuk memberikan layanan dan konten terbaik di tahun-tahunnya.

Seperti yang terlihat dari analisis Ampere, pelanggan Netflix yang berbasis di Inggris hingga saat ini telah melampaui 14 juta, sementara Netflix Irlandia telah berhasil mencuri 600.000 pelanggan.

Nantinya, harga paket berlangganan Netflix populer di Inggris akan naik 2 poundsterling dari harga sebelumnya. Diperkirakan 10,99 pound atau sekitar 207 ribu rupee (asumsikan kursnya adalah 18.739 rupee).

Sedangkan untuk biaya berlangganan paket reguler, pelanggan dikenakan biaya 6,99 kilogram atau sekitar 130 ribu rupiah. Sedangkan paket premium naik menjadi 15,99 kilogram atau sekitar 298 ribu rupiah.

Tidak jauh berbeda dengan Inggris, perhatikan bahwa harga berlangganan di Irlandia sekitar 1 euro atau sekitar 15 ribu rupee. Untuk pengguna di Irlandia, paket dasar berharga 1 euro atau sekitar 15.000 rupee (dengan unit 15.723 euro)

Paket pelanggan standar seharga 14,99 euro atau Rp 235 ribu, sedangkan paket premium seharga 20,99 euro atau Rp 329 ribu.

Kebijakan yang berlaku sejak Rabu (10/3/2022) ini, tidak hanya untuk nasabah baru, tetapi juga nasabah lama. Pelanggan lama akan menerima pemberitahuan nanti melalui email sebelum jatuh tempo pembayaran.

========================