NordVPN Review (Kelebihan & Kekurangan)

Please log in or register to like posts.
nord vpn

NordVPN adalah penyedia layanan Virtual Private Network (VPN) asal Panama dengan tingkat keamanan dan privasi terbaik. Selain mudah digunakan dan juga cepat, NordVPN memiliki kebijakan yang ketat terkait Zero-log Policy.

NordVPN tidak pernah menyimpan log atau histori aktivitas penggunanya. Hal ini juga didukung oleh lokasi perusahaan mereka yang berada di Panama, sebuah negara yang tidak memiliki Undang-undang penyimpanan data dan aturan pengawasan internet. Ini berarti privasi pengguna NordVPN benar-benar dijaga secara ketat.

Platform NordVPN juga cukup user-friendly. Jika kamu men-download versi Android atau iOS nya, mungkin kamu akan langsung familiar dengan berbagai fitur dan cara menggunakannya. Versi PC dan laptopnya juga sangat mudah digunakan.

Kecepatan Yang Stabil

Penggunaan VPN umumnya mengurangi kualitas kecepatan internet kamu hingga 50%. Hal ini dikarenakan kamu harus terhubung ke server VPN terlebih dahulu dan setelah itu baru dapat menjelajah internet.

Selain lokasi server, faktor kualitas internet kamu (fibre optic atau broadband) juga akan sangat mempengaruhi kecepatan koneksi saat menggunakan VPN.

Namun dari pantauan tim VPN.or.id, NordVPN mampu memberikan koneksi yang terbilang cepat dan stabil.

Reduksi kecepatannya hampir tidak terasa dan jarang sekali terjadi disconnect. Bahkan di saat jam sibuk (peak), NordVPN tetap menunjukkan performa kecepatan yang baik.

Tingkat Keamanan Yang Tinggi

NordVPN menggabungkan protokol OpenVPN dan IPSec/IKEv2. Kombinasi ini memberikan keamanan tingkat tinggi tanpa harus mengorbankan kecepatan.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Antivirus Terbaik 2020

Untuk perangkat yang berbasis Mac atau iOS akan otomatis menggunakan protokol IPSec/IKEv2, sedangkan untuk perangkat berbasis Windows secara default menggunakan protokol OpenVPN. Namun kamu tetap dapat bebas memilih di antara kedua protokol tersebut.

Selama menjalankan tes, kami tidak menemukan adanya kebocoran IP address, DNS atau data lainnya.

Enkripsi yang digunakan oleh NordVPN adalah 256-bit AES, yang merupakan standar enkripsi tertinggi yang sulit sekali untuk diretas. Jenis enkripsi ini sering disebut dengan Military-grade encryptio” atau sama dengan standar keamanan yang digunakan oleh badan militer di beberapa negara maju untuk mengirimkan informasi yang sifatnya sangat rahasia.

Dengan kualitas enkripsi yang sangat baik maka kamu tidak perlu kuatir saat akan berbagai atau mengirimkan data-data penting seperti informasi perbankan, transaksi keuangan dan data kesehatan pribadi di internet.

Perlindungan Privasi Yang Baik

NordVPN diuntungkan oleh keberadaan perusahaan mereka yang berlokasi di Panama. Dimana pemerintah setempat sangat menghargai privasi dan tidak memiliki undang-undang yang bertentangan dengan privasi atau kebebasan penggunaan internet.

Oleh karena itu NordVPN tidak akan menyimpan aktifitas pengguna dan juga memastikan bahwa pengguna akan selalu anonim saat menjelajah internet.

Kebijakan Zero-log Policy merupakan salah satu hal yang dianggap serius oleh NordVPN. Sehingga tidak akan ada histori kamu yang disimpan seperti waktu penggunaan, lokasi IP, atau daftar situs yang dikunjungi.

Pilihan Lokasi Server Yang Sangat Banyak

NordVPN memiliki lebih dari 5.000 server di 62 negara dan mungkin akan terus bertambah.

Hal ini memberikan banyak pilihan lokasi server bagi pengguna. Bayangkan jika kamu merasa tidak puas dengan salah satu lokasi server, maka kamu bisa memilih ribuan lokasi lainnya.

Baca Juga:  Private Internet Access Review (Kelebihan & Kekurangan)

Lokasi server NordVPN sebagian besar berada di Amerika Serikat dan Eripa. Namun cukup banyak juga pilihan lokasi server di wilayah Asia.

Memiliki Fitur-fitur Unggulan

Kill Switch

Fitur Kill Switch membuat semua komunikasi internet terhenti ketika kecepatan koneksi turun. Hal ini mencegah kamu tiba-tiba disconnect dan membuat koneksi kamu menjadi tidak terlindungi.

CyberSec

nordvpn cybersec

Fitus ini melindungi kamu dari malware dan website yang mencurigakan. Sekaligus memblokir semua iklan dan pop-up termasuk iklan di Youtube. Enak banget ya!

Double VPN

nordvpn double vpn
nordvpn.com

NordVPN memiliki fitur DoubleVPN yang dapat kamu aktifkan ketika membutuhkan jaminan keamanan yang lebih.

Dengan DoubleVPN maka koneksi kamu akan dienkripsi sebanyak dua kali.

Pertama koneksi kamu akan melewati server pertama dimana semua data akan dienkripsi. Lalu setelah itu melewati server kedua dimana semua data yang sudah terenkripsi akan dienkripsi kembali. Dengan cara ini maka koneksi kamu akan dijamin sangat aman dan tidak akan bisa diretas.

Namun dengan melewati dua server maka tingkat kecepatan kamu akan berkurang, itulah mengapa kamu sebaiknya menggunakan fitur ini hanya di saat tertentu saja, yang memang membutuhkan jaminan keamanan yang lebih.

Kelemahan & Kekurangan

NordVPN juga tidak sempurna walaupun keunggulannya jauh lebih banyak dari kelemahannya.

Hingga saat ini NordVPN sedikit lambat jika diakses dari beberapa negara tertentu dan itupun sifatnya random atau tidak menentu.

Nord VPN

8.5

Kecepatan

8.5/10

Keamanan

8.2/10

Server

8.1/10

Customer Support

9.0/10

Pros

  • Kebijakan Zero-Log Policy yang ketat
  • Jumlah server lebih dari 5.000 di puluhan negara
  • Enkripsi AES-256 + 4096-bit RSA key
  • Koneksi cepat dan stabil
  • Bisa digunakan untuk Netflix

Cons

  • Sedikit lambat di beberapa negara tertentu
Baca Juga:  CyberGhost Review (Kelebihan & Kekurangan)