5 Situs Baru Pengganti Subscene untuk Download Subtitle (Update)

cara-download-subtitle

Subtitle dalam Bahasa Indonesia tentu dibutuhkan oleh para pecinta film dalam negeri. Dengan sub indo, Anda bisa mengerti dan dapat menikmati film secara lebih baik.

Siapa sih yang tidak suka nonton film Bollywood, Hollywood ataupun drama Korea terbaru? Film keluaran luar negeri jumlahnya sangat banyak dan pastinya sangat seru untuk ditonton. Namun, tidak semua netizen bisa menonton film asing dengan mudah karena kendala bahasa.

Bagi sebagian mereka yang suka menggunakan subtitle saat menonton film barat (contoh: Bahasa Inggris) mungkin tidak menjadi masalah. Karena mereka sudah terbiasa dan dapat mengerti Bahasa Inggris dengan baik. Namun, tidak demikian dengan sebagian besar dari kita yang masih lebih nyaman dengan teks Bahasa Indonesia.

Jenis-jenis Subtitle

Dengan bantuan subtitle maka Anda dapat menikmati berbagai jenis film dari luar negeri ini dengan lebih nyaman. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara download subtitle Indonesia baik untuk drakor ataupun genre film lainnya yang ingin Anda tonton.

Sebelum Anda mengetahui situs apa saja yang menyediakan subtitle dalam Bahasa Indonesia, Anda harus mengetahui jenis-jenis subtitle yang tersedia saat ini. Setidaknya terdapat tiga jenis subtitle, yaitu:

a. Softsub

Jenis subtitle ini biasanya tersedia terpisah dari film aslinya. Jadi, Anda cukup drag and drop file subtitle yang ada agar film dapat menampilkan subtitle Bahasa indo-nya. Selain itu, jenis subs ini cukup banyak tersedia di Internet sehingga mudah untuk ditemukan.

Subtitle ini termasuk kategori close subtitle.

b. Hardsub

Subs jenis ini cukup berbeda dari softsub, karena subtitlenya sudah ikut dalam video aslinya. Jadi, Anda tinggal download filmnya langsung dan subs-nya sudah tersedia. Namun, subtitle jenis ini tidak dapat diubah-ubah.

c. Parended Subtitle

Subtitle jenis ini juga termasuk ke dalam kategori close subtitle, dimana file subs terpisah dari film aslinya. Namun, jenis file subs ini bisa diatur dengan mudah seperti dihilangkan, ditampilkan, dan bahkan diedit.

Situs Download Subtitle Indonesia

Setelah mengetahui jenis-jenis subtitle, maka sekarang Anda dapat memilih situs yang menyediakan subtitle Indonesia beserta langkah-langkah untuk download file nya.

✅TRENDING :  Cara Nonton Liga Champions Live Streaming

1. Subscene

subscene-subtitle

Pilihan situs download subtitle Indonesia yang pertama adalah Subscene. Website ini menyediakan beragam subtitle untuk hampir semua jenis film mulai dari Bollywood, Hollywood hingga drama Korea terbaru.

File subs dari website ini biasa memiliki ekstensi srt, sehingga bisa digunakan baik untuk perangkat smartphone, PC ataupun laptop.

Cara Download

  • Klik link Subscene di atas, bisa diakses melalui PC atau smartphone.
  • Kemudian, Anda ketik judul film yang subtitle-nya ingin didownload lalu tekan tombol “Search”.
  • Setelah hasil pencarian muncul, maka Anda cukup scroll untuk mencari file subtitle yang diinginkan. Biasanya terdapat perbedaan dari warna subtitle dan ukuran file. Jadi, pilihlah file yang paling sesuai.
  • Jika sudah menentukan pilihan, maka langkah selanjutnya adalah tekan tombol “download” yang berwarna hijau. Kemudian tunggu beberapa saat dan subtitlenya akan didownload secara otomatis.

2. Subdl

subdl-subtitle

Pilihan situs penyedia subtitle lainnya adalah Subdl. Website ini cukup sederhana sehingga Anda tidak akan kesulitan ketika menggunakannya. Selain itu, database subs yang ada cukup beragam sehingga bisa dipilih dengan mudah.

Cara Download

  • Bukalah situs diatas melalui browser handphone atau laptop
  • Kemudian, search judul film yang diinginkan
  • Setelah hasil pencarian keluar, Anda cukup mencari file subs yang diinginkan. Terdapat berbagai jenis subs dengan kualitas film yang berbeda. Pastikan untuk menghindari versi CAM karena film dengan kualitas cam tidak layak tonton. Jika memungkinkan, pilihlah sub-indo berkualitas Blu-ray.
  • Kemudian Anda cukup klik salah satu subs tersebut dan file-nya akan terdownload secara otomatis.

3. IDFL

download-subtitle-idfl

Website IDFL juga bisa menjadi salah satu pilihan terbaik ketika Anda ingin mencari subtitle Indonesia. Situs ini menyediakan pilihan subs yang lebih banyak dan tidak hanya fokus pada beberapa genre film, tetapi juga drama dari berbagai belahan dunia. Oleh karena itu, situs ini wajib untuk Anda kunjungi.

✅TRENDING :  4 Situs Baru Pengganti Samehadaku (Update Link)

Cara Download

  • Buka browser Anda dan klik link situs di atas.
  • Scroll sedikit ke bawah dan Anda akan melihat tiga menu subtitle yang terdiri dari kategori Subtitle Lounge, Subtitle Movie dan Subtitle Series. Pilihlah sesuai dengan kategori film yang Anda butuhkan.
  • Cari judul film dari list yang tersedia atau bisa memakai fitur “Search” di bagian kanan atas untuk memudahkan pencarian.
  • Kemudian, scroll lagi hingga Anda menemukan link download subtitle dan film yang sesuai.

Terkadang, situs ini memberikan link dari situs lain seperti subdl dan subscene. Namun, IDFL tetap layak dikunjungi karena biasanya subs yang dipilihkan sudah sesuai dengan frame rate film tersebut jadi Anda cukup download, memasukkan subtitle dan mulai menonton.

Namun, memakai situs IDFL akan membuat Anda sedikit bingung karena tampilannya agak berbeda dari Subdl dan Subscene. Karena ini merupakan forum komunitas sehingga tampilannya tidak serapih dua website sebelumnya.

4. YIFY

Protect this file

YIFY memungkinkan Anda untuk mencari subtitle menggunakan fitur pencarian lanjutan, dengan pilihan berdasarkan kata kunci, tahun, bahasa dan banyak lagi. Jika Anda kesulitan, terdapat forum dimana Anda dapat mengajukan pertanyaan.

Situs ini sangat mudah digunakan untuk mengunduh subtitle. Tidak seperti beberapa situs lainnya, YIFY Subtitles menawarkan file yang aman dan bebas virus, serta menawarkan unduhan dalam berbagai jenis bahasa.

Di halaman depan terdapat daftar film populer dan yang baru dirilis, lengkap dengan kategori yang memisahkan film berdasarkan bahasanya masing-masing.

Cara Download

  • Buka browser Anda dan klik link situs di atas.
  • Pilih film dari daftar yang tersedia, atau ketik di kolom pencarian
  • Setelah menemukan film yang Anda cari, scroll sedikit ke bawah dan Anda akan melihat pilihan subtitle yang tersedia berdasarkan abjad (mulai dari Arabic, English, Farsi, etc)
  • Silahkan scroll hingga menemukan pilihan “Bahasa Indonesia” dan download file yang sesuai.

5. OpenSubtitles

download-opensubtitles

Di situs ini Anda dapat menemukan subtitle untuk film dalam banyak bahasa. Cukup ketikkan nama film di kolom pencarian dan pilih file yang Anda butuhkan.

✅TRENDING :  Nonton Film Online Terbaru (2021)

Jika Anda tidak mengingat judul filmnya maka cukup mengetikkan kata kunci, dan situs ini akan menampilkan daftar semua subtitle film yang berisi kata kunci tersebut di bagian judulnya.

Databasenya cukup lengkap dan terdiri dari banyak film dan acara TV populer dari seluruh dunia. Kontributor utama situs web ini adalah penggunanya, dan subtitle tersedia dalam banyak bahasa.

Selain itu Anda juga bisa “request” subtitle yang tidak ada di OpenSubtitles.

Cara Download

  • Buka browser dan klik link situs di atas.
  • Ketik judul film langsung di kotak pencarian
  • Pilih dan klik dari judul film yang ditampilkan
  • Scroll ke bawah dan akan terdapat beberapa pilihan link untuk download file subtitle

Cara Menggabungkan Subtitle Dengan Film

Jika sudah mendownload subtitle yang diinginkan, sekarang waktunya untuk memasukkan subtitle tersebut ke film yang ingin ditonton. Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka folder tempat mendownload file subtitle tadi > lalu ekstrak jika masih dalam format ZIP/WINRAR

2. Buka file film dan klik Play > saat film sudah mulai segera Pause > lalu klik kanan dan pilih Subtitle > Add Subtitle File.

3. Jika Anda ingin memasukkan subtitle untuk film yang di streaming secara online cukup klik Setting/gambar Gerigi di bagian bawah Video Player > lalu pilih Subtitle > Add Other Subtitle

4. Pilih file Subtitle yang tadi sudah di download (dalam format .SRT)

5. Klik Play dan film yang Anda tonton kini memiliki subtitle Indonesia