Jajaran Aplikasi Video Converence Untuk Diskusi Online

Tak dapat dipungkiri jika belakangan ini, lebih tepatnya ketika masa pandemi cukup mempengaruhi sejumlah aspek. Hingga kebutuhan akan pertemuan pun mengalami kendala dan akhirnya beralih ke virtual. Tentunya dengan memanfaatkan keberadaan dari aplikasi video converence untuk mempermudah.

Sejumlah aplikasi tersebut bisa dipakai untuk menunjang kebutuhan rapat maupun belajar dengan cara online. Mengingat ketika pandemi pemerintah memberlakukan aturan untuk menjaga jarak. Langsung saja untuk daftar aplikasi video diskusi secara online adalah seperti berikut:

1. Google Meet

Keberadaan dari Google tak bisa dipungkiri bahwa cukup penting dalam dunia teknologi. Hal ini lantaran Google adalah satu diantara beberapa perusahaan raksasa dalam bidang teknologi di tingkat dunia. Untuk itulah beberapa aplikasi memang hadir di bawah naungan dari perusahaan ini.

Tak terkecuali aplikasi video converence bernama Google Meet. Nantinya pengguna mempunyai kesempatan untuk melakukan diskusi secara online slama bentuk video dengan memakai aplikasi ini. Bahkan peserta yang bisa ikut dalam diskusi tersebut mencapai 250 orang dalam sekali waktu.

Aplikasi yang dinaungi oleh Google ini memiliki fitur menarik yang bisa membuat pengguna melakukan pembagian layar pada saat diskusi. Tentunya hal ini mempermudah pengguna ketika melangsungkan kegiatan presentasi dengan banyak peserta.

2. Slack

Tidak sedikit orang yang mengenal aplikasi satu ini sebagai aplikasi perpesanan dengan basis grup. Selain untuk perpesanan ternyata aplikasi ini juga memiliki beberapa fungsi lain. Contohnya seperti untuk menjalankan komunikasi antar sonik serta konferensi dalam bentuk video.

Ketika melakukan konferensi video tersebut jumlah peserta bisa mencapai 15 orang. Nantinya fitur yang ditawarkan oleh pihak pengembang dapat diintegrasikan dengan sejumlah aplikasi lain yang juga dinaungi oleh Google.

Misalnya seperti aplikasi Dropbox, kemudian ada juga aplikasi Google Drive, dan lainnya. Tentunya hal semacam ini bisa membuat pengguna semakin gampang dalam melakukan penyimpanan suatu data.

3. Disco Webex

Bisa dibilang bahwa aplikasi satu ini kurang populer di wilayah negara Indonesia, hingga tak heran jika sejumlah orang tidak tahu. Meskipun demikian ternyata Disco Webex ini cukup terkenal di kalangan perusahaan di dunia.

Mengenai kapasitas peserta yang bisa ikut bergabung diskusi dengan aplikasi ini sampai 100 orang. Hal ini nantinya bakal tergantung dengan jenis paket yang dipilih oleh pengguna untuk berlangganan. Beberapa fitur menarik siap menyapa pengguna, seperti screen sharing dan lainnya.

4. Zoom Meeting

Tak dapat dipungkiri jika aplikasi video converence bernama Zoom Meeting ini cukup populer bahkan dalam tingkat dunia. Meskipun beberapa waktu lalu sempat muncul isu terkait aplikasi ini yang bersifat negatif. Isu tersebut berkaitan dengan privasi yang dimiliki oleh pengguna.

Nantinya sejumlah fitur pelengkap yang ditawarkan bisa dimanfaatkan oleh pengguna guna mempermudah dalam pengelolaan diskusi online. Disini pengguna juga saat melakukan pembagian layar kepada seluruh peserta.

5. Skype

Jenis aplikasi merupakan hasil buatan dari Microsoft yang mampu dipergunakan untuk menjalankan panggilan dalam bentuk suara maupun video. Peserta yang bisa turut bergabung pada aplikasi ini mencapai 25 orang.

Selain bisa dipakai untuk menunjang kebutuhan panggilan suara maupun video. Nyatanya aplikasi ini bisa dipakai untuk beberapa kebutuhan lainnya seperti untuk media dalam melakukan percakapan dalam bentuk teks.

Demikian sekilas informasi mengenai daftar aplikasi video converence untuk diskusi online. Kebutuhan akan diskusi sendiri cukup penting, baik dalam dunia pekerjaan maupun dunia pendidikan. Dengan aplikasi tersebut pengguna bisa menemukan sejumlah fitur dan memakainya secara maksimal.

========================