Advertisements
Advertisements

P2P Offline Call, Aplikasi Video Call Tanpa Kuota yang Bisa Dimanfaatkan

Advertisements

Berkomunikasi jarak jauh dengan layanan video call memang sangat menarik untuk dilakukan karena bisa melihat wajah pihak lain secara langsung. Biasanya, proses ini akan membutuhkan kuota internet. Lalu bagaimana jika tidak ada kuota? Maka penggunaan aplikasi video call tanpa kuota bisa dijadikan pilihan.

Untuk medianya sendiri, dibutuhkan sebuah aplikasi bernama P2P Offline Call. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, maka proses melakukan video call tanpa jaringan internet akan sangat memungkinkan. Untuk lebih jelasnya, simak uraian penjelasan di bawah ini:

Sekilas Tentang P2P Offline Call

Bagi yang ingin melakukan panggilan video secara offline, maka penggunaan aplikasi video call tanpa kuota sangat disarankan. Nama aplikasi yang bisa dipakai untuk proses ini adalah P2P Offline Call. Aplikasi ini dikembangkan oleh Amos Yau dan dirilis pada 28 Agustus 2016.

Sejak perilisannya sampai sekarang, aplikasi ini sudah diunduh dengan nominal 100 ribu unduhan. Hal ini bisa dijadikan bukti bahwa sudah banyak pengguna yang merasakan kemudahan dari aplikasinya. Ukuran aplikasinya juga sangat ringan, yaitu sekitar 3,9 MB saja.

Untuk memanfaatkan aplikasi yang satu ini, maka pengguna yang akan melakukan panggilan video harus sama-sama memiliki aplikasinya. Jika dua belah pihak sudah sama-sama memiliki aplikasinya, maka proses panggilan video bisa segera dilakukan.

Selain itu, dua pihak yang akan melakukan panggilan video juga harus ada dalam satu lingkup jaringan yang sama. Saat akan dipakai, mode hotspot portabel salah satu Hp harus hidup, dan mode penggunaan WiFi HP satunya juga harus hidup.

Pastikan untuk mematikan data internet pada kedua HP-nya. Jika hotspot dan WiFi tidak hidup, maka pulsa yang akan hilang. Jadi kesannya akan memakai hotspot atau WiFi, namun sebenarnya tidak karena mode tersebut dihidupkan hanya untuk menghubungkan aplikasi dari dua HP.

Uniknya, aplikasi yang satu ini tidak memerlukan golongan proses pendaftaran dalam penyelesaiannya. Hanya dengan mengunduh dan memasang aplikasinya, maka proses video call bisa langsung dilakukan dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pihak.

Cara Melakukan Video Call dengan P2P Offline Call

Setelah mengetahui informasi tentang aplikasi video call tanpa kuota bernama P2P Offline Call diatas, maka harus tahu juga bagaimana cara penggunaannya. Untuk memulai proses panggilan video, maka ada serangkaian proses atau langkah yang harus diikuti.

Setidaknya ada enam langkah utama yang harus diperhatikan. Nantinya, akan ada proses yang membutuhkan jaringan internet. Namun untuk selanjutnya, proses bisa dilakukan tanpa bantuan internet. Berikut urutan langkah yang bisa diikuti:

  • Langkah paling dasar yang bisa diterapkan adalah mengunduh aplikasi P2P Offline Call. Untuk mendapatkannya, maka buka saja tempat pengunduhan aplikasi resmi.
  • Setelah proses pengunduhan selesai, maka tunggu sistem di perangkat memasang aplikasinya. Sampai pada tahap ini, maka jaringan internet masih dibutuhkan. Sedangkan untuk proses selanjutnya, bisa diikuti tanpa internet.
  • Langsung saja buka aplikasi tersebut yang sudah terpasang di perangkat.
  • Kemudian, berikan izin aplikasi untuk mengakses gambar, merekam suara, dan yang lainnya.
  • Apabila sudah diberi izin, maka aplikasi ini akan melakukan scanning dan akan mencari perangkat terdekat yang bisa dihubungkan,
  • Saat perangkat lain yang ingin dihubungi sudah terdeteksi, maka akan ada tombol dengan tulisan “VIDEO CALL”. Pencet saja tombol tersebut untuk memulai proses panggilan videonya.

Serangkaian proses ini harus dipahami dan diikuti dengan baik. Apabila syarat dan langkahnya tidak disesuaikan, maka prosesnya tidak akan bisa membuahkan hasil dan proses panggilan video tidak akan bisa dilakukan. Oleh sebab itu, informasi ini juga sangat penting untuk dipahami.

Daftar penjelasan tentang aplikasi video call tanpa kuota bernama P2P Offline Call ini tentunya bisa langsung dipahami. Penjelasan singkat tentang aplikasinya sudah diberikan, bahkan cara penggunaannya juga sudah ada. Dengan demikian, proses pemahamannya akan semakin mudah.

Keyword:
p2p video call