Advertisements
Advertisements

Inilah Cara Membuat Google Drive Yang Sederhana

Advertisements

Sekarang hampir semua orang tahu cara membuat Google Drive. Terutama bagi mereka yang bekerja di bidang teknologi informasi, kreativitas dan banyak lagi lainnya. Namun, masih ada sejumlah orang yang tidak tahu bagaimana melakukan ini. Dan orang itu bisa jadi Anda.

Oleh karena itu, walaupun Google Drive merupakan pengetahuan umum bagi yang mengetahuinya, pada artikel kali ini kami akan memberikan penjelasan tentang cara membuat Google Drive bagi yang belum mengetahuinya. Nah, jika Anda salah satu yang belum tahu, ikuti saja penjelasannya di bawah ini.

Sekilas tentang Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan online gratis yang dikembangkan oleh Google. Layanan penyimpanan diluncurkan pada April 2012 dan menjadi publik pada 28 Mei 2012. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan file secara online, menyinkronkannya antar perangkat, dan membaginya dengan pengguna lain. Apalagi layanan ini bisa menyimpan data hingga 15 GB secara gratis.

Google Drive memiliki banyak fitur yang memudahkan untuk bekerja dengan file. Anda dapat berbagi, mengomentari dokumen, berbagi tautan dengan orang lain, dan bahkan mengedit dokumen bersama secara bersamaan.

Antarmuka Google Drive sebenarnya mirip dengan Gmail dan Google Foto. Pengguna dapat membuat folder dan memindahkan dokumen ke dalamnya, atau mengatur file dengan menyeretnya dari satu folder ke folder lain. File juga dapat diedit langsung dari Google Drive atau dengan memuatnya terlebih dahulu sebelum mengedit kontennya.

Ada dua cara untuk menggunakan Google Drive: dengan membuat akun atau dengan menautkan akun yang ada ke sana. Jika Anda belum memiliki akun, klik tombol “Buat akun ” untuk memulai.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas cara membuat akun Google Drive. Selain itu, Anda juga akan diberikan informasi tentang cara mudah mengunggah file ke Drive. So, ikuti terus pembahasannya sampai selesai ya.

Cara Membuat Google Drive dengan Mudah

Untuk mulai menggunakan Google Drive, cara paling efisien adalah membuat akun dengan GMail. Setelah itu, Anda bisa menggunakan Google Drive dengan nyaman. Sedangkan? Ikuti saja petunjuk di bawah ini.

1. Buka browser dan ketik account.google.com/signin atau klik link ini.

2. Setelah masuk ke halaman, masuk ke akun GMail Anda.

3. Jika belum punya, Anda harus membuat akun GMail terlebih dahulu dengan mengklik “Buat akun” atau “Daftar”.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Akun Google

4. Jika Anda masuk ke kotak surat Anda, cari gambar enam titik yang membentuk persegi panjang di sisi kanan layar.

5. Jika sudah ketemu, klik logo tersebut.

6. Saat diklik, akan muncul menu drop-down yang berisi berbagai aplikasi dari Google yang dapat Anda gunakan.

7. Klik logo segitiga bertuliskan Drive.

8. Setelah selesai, Anda akan dibawa ke menu mulai Google Drive.

9. Untuk mulai menggunakannya, klik “+ New” atau “+ New” di pojok kiri atas.

10. Akan muncul menu drop-down yang menyajikan berbagai file yang bisa Anda gunakan di sini secara gratis.

11. Namun jika ingin menyimpan data atau file di Google Drive, Anda bisa mengklik “Upload file” atau “Upload file” di menu drop-down tadi.

12. Kemudian pilih file yang akan diupload dan klik “OK” setelah selesai memilih.

13. File download akan berada di Google Drive setelah proses download selesai.

Ini tentang betapa mudahnya membuat Google Drive. Yang terpenting, Anda harus memiliki akun GMail sebelum dapat menggunakannya. Oh ya, untuk berbagi dengan orang lain, Anda perlu melihat file di Google Drive tentang opsi berbagi atau membagikannya. Dengan cara ini orang lain dapat dengan mudah mengakses file tersebut.

Sudah Bisakah Anda menggunakan Google Drive?